PENGARUH REVOLUSI INDUSTRI 4.0 TERHADAP PEMASARAN BUKU DI SUMATERA UTARA
Faudunasokhi Telaumbanua;
Abstract
Teknologi membantu mengembangkan sektor-sektor ekonomi, misalnya melalui pemanfaatan internet untuk jual beli online. Setidaknya hingga kini perkembangan industri ditandai dengan adanya revolusi tiap masa, yakni revolusi industri 1.0, 2.0, 3.0, hingga kini industri 4.0. Dalam tiap fase perubahan itu, sektor-sektor ekonomi bergerak dengan cara yang berbeda. Industri perbukuan di Indonesia pun berupaya mengikuti gelombang tersebut. Berbeda dari masa-masa sebelumnya, pada masa industri 4.0, para pelaku industri perbukuan melebarkan sayap ke dunia maya untuk memperluas penjualan. Hingga kini, kemunculan penerbit-penerbit digital atau online self publishing semakin berkembang.Di Sumatra Utara, keberadaan penerbit seringkali diasumsikan akan “gulung tikar”. Tiga penerbit yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Gerhana Publishing, Obelia Publisher, dan Pustaka Diksi. Pemanfaatan teknologi yang dilakukan oleh ketiga penerbit tersebut misalnya dengan membuka dan memaksimalkan penyebaran informasi tentang penerbit di sejumlah media sosial. Beberapa media yang digunakan adalah website, facebook, instagram, dan whatsapp. Dengan demikian, publik yang dijangkau lebih luas. Strategi pemasaran yang digunakan adalah dengan publikasi media daring, memanfaatkan relasi owner, media daring, relasi personal, dan sayembara buku sastra secara berkala. Dengan strategi tersebut masing-masing penerbit mengalami peningkatan jumlah pemasaran jasa dan buku-buku yang diterbitkan.