FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FREKUENSI BELI KONSUMEN PADA PASAR SWALAYAN MAJU BERSAMA MARENDAL MEDAN

Geby Citra Ananda;

  • Geby Citra Ananda

Abstract

Perilaku konsumen merupakan suatu tindakan yang diambil konsumen dalam melaksanakan keputusan untuk membeli barang atau jasa. Dalam mempengaruhi keputusan beli akan dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern. Maka dari itu Pasar Swalayan Maju Bersama Marendal medan harus dapat mengambil tindakan yang tepat dalam memotivasi konsumen untuk memenuhi produk yang dihasilkan dan dapat menciptakan kepuasan bagi konsumen. Banyaknya pasar  swalayan yang ada sekarang ini menyebabkan timbulnya persaingan yang ketat antara pasar swalayan yang satu dengan yang lainnya . Dalam hal ini, pemasaran mempunyai peranan penting untuk menggugah dan menarik konsumen. Persaingan yang semakin ketat terutama antara usaha yang sejenis menyebabkan perusahan harus menentukan strategi pemasaran dengan tepat. faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi beli konsumen diantaranya adalah faktor harga, pelayanan, kelengkapan barang dan kenyamanan. Hasil pengujian secara simultan/serempak (uji F) menunjukkan bahwa variabel-variabel bebas (faktor harga, pelayanan, kelengkapan barang dan kenyamanan) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap frekuensi beli konsumen. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel-variabel bebas (harga, pelayanan, kelengkapan barang dan kenyamanan) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap frekuensi beli konsumen dan pengaruhnya adalah positif sehingga apabila faktor harga, pelayanan, kelengkapan barang dan kenyamanan semakin baik maka frekuensi beli konsumen juga akan meningkat. Maka diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi kepada pihak pengelola  pasar swalayan agar memperhatikan faktor faktor tersebut sehingga frekuensi beli konsumen dapat ditingkatkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-17