METODE PENANAMAN NILAI MORAL DAN AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI PAUD UMMUL HABIBAH DESA KELAMBIR V KEBUN

Rika Widya; Munisa;

  • Rika Widya

Abstract

Dalam pelaksanaan penanaman nilai moral dan agama pada anak usia dini banyak metode yang dapat digunakan oleh guru atau pendidik. Metode yang digunakan oleh masing-masing sekolah tidak sama, artinya ada penonjolan atau pengutamaan penggunaan metode-metode tertentu di sekolah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan guru dalam melaksanakan metode tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode penanaman nilai moral dan agama pada anak usia dini di PAUD Ummul Habibah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di PAUD Ummul Habibah. Jumlah subyek dalam penelitian ini berjumlah satu orang yang merupakan guru di PAUD Ummul Habibah dan yang menjadi informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengamatan (observasi), metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis model interaktif yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan satu dengan lainnya, yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa metode dalam penanaman nilai moral dan agama pada anak usia dini antara lain metode bercerita, pembiasaan, keteladanan dan bernyanyi. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap beberapa metode tersebut diperoleh hasil bahwa metode bercerita hanya 8%, metode pembiasaan 40%, metode keteladanan 47% dan bernyanyi 5%. Hasil tersebut membuktikan bahwa anak usia dini akan lebih mudah menginternalisasi nilai moral dan agama melalui metode keteladanan yang kemudian akan menjadi pembiasaan bagi anak tersebut dalam berperilaku.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-19