ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMILIH JASA TRANSPORTASI KERETA API DENGAN ANGKUTAN UMUM

Pratiwi Eka Sari;

  • Pratiwi Eka Sari

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan Untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan konsumen dalam memilih jasa transportasi Kereta Api. Untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan konsumen dalam memilih jasa transportasi angkutan umum. Untuk mengetahui apakah ada perbedaan kepuasan konsumen dalam memilih jasa transportasi kereta api dengan angkutan umum. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa transportasi kereta api dan angkutan umum. Sampel adalah konsumen yang menggunakan jasa transportasi kereta api dan angkutan umum di kota medan sebanyak 100 orang, penentuan sampel dengan Sampling non Probability. Dengan menggunakan teknik Accidental Sampling yang merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan questioner (angket) dan wawancara. Tehnik analisis yang digunakan adalah data kuantitatif, yakni menguji dan menganalisis data dengan perhitungan angka-angka dan kemudian menarik kesimpulan dari pengujian tersebut, dengan menggunakan metode uji komperatif. Tingkat kepuasan konsumen kareta api yang bernilai 2849 menunjukkan tingkat kepuasan konsumen kereta api lebih mendekati tinggi dan tingkat kepuasan konsumen bus yang bernilai 2610 juga menunjukkan kepuasan konsumen bus yang lebih mendekati sedang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa berdasarkan hasil jawaban responden terdapat perbedaan tingkat kepuasan konsumen kereta api dengan kepuasan konsumen bus. Ada perbedaan yang signifikan kepuasan berdasarkan harga dan pelayanan antara konsumen kereta api dengan konsumen bus, dilihat dari nilai t hitung 11,079 > ttabel 1.985.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-19