PENGARUH DISKON HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA PT. HIMALAYA DRUG COMPANY
Emma Novirsari;
Abstract
Permasalah dalam penelitian ini yaitu 1) Tidak tercapainya target penjulan, 2) Potongan harga hanya bersifat musiman sehingga membuat para konsumen membeli khusus pada musim dan bulan tertentu, 3) Tenaga Kualitas Pelayanan belum memiliki pengetahuan yang cukup dalam menjelaskan produk. Kemudian tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh diskon dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Himalaya Drug Company. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Sedangkan populasi dalam penelitian yaitu konsumen PT. Himalaya Drug Company yang berjumlah 250 responden sedangkan teknik penentuan dengan accidental sampling. Sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 71 responden. Adapun sumber data dalam penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Dimana data primer dari observasi, wawancara dan kuesioner. Sedangkan data sekunder dapat dari data yang sudah didokumentasikan. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Hasil hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa potongan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dimana dapat dilihat nilai t hitung 5,036 > t tabel 2,011 serta variabel kualitas pelayanan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dimana dapat dilihat nilai t hitung 2,443 > t tabel 2,011. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,727 (72,7%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 72,7% variasi variabel terikat yaitu potongan harga dan kualitas pelayanan pada model dapat menjelaskan variabel keputusan pembelian pada PT. Himalaya Drug Company sedangkan sisanya sebesar 27,3 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.