PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEGEMBANGAN KUALITAS PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH (Perspektif Dalam Kajian Nilai-nilai Religius)
Tumiran;
Abstract
Peningkatan Kinerja Guru dalam Pengembangan Kualitas Peserta Didik Melalui Budaya Organisasi Sekolah sangat penting dalam kajian nilai- nilai relegius. Karena variabel-variabel tersebut saling berkaitan dan berkontribusi sangat kuat dimana peningkatan kinerja guru yang memiliki nilai-nilai religius menunjang kualitas individu guru berdampak dalam peningkatan kualitas peserta didik secara langsung pada setiap proses pembelajaran baik pada rana afektif, kognitif, maupun psikomotorik. Pengembangan kualitas peserta didik dibarengi dengan kekuatan nilai-nilai relegius yang terbangun secara konfrehensif memiliki kualitas individunya yang didorong oleh kekuatan keprofesionalisme guru pada saat melaksanakan proses pembelajaran. Budaya organisasi sekolah lebih dominan membentuk sebuah karakteristik kepribadian peserta didik dengan nilai-nilai religius yang terkait dengan seluruh warga sekolah melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol-simbol, serta nilai-nilai keyakinan, asumsi, pemahaman yang dijadikan pedoman untuk pemecahan masalah baik internal maupun eksternal.