PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA KHALIFAH HARUN AR-RASYID
Abstract
Tulisan ini mencoba membahas upaya Khalifah Harun ar-Rasyid dalam pengembangan intelektualitas dan pendidikan Islam serta implikasi pemikiran Khalifah Harun Ar-Rasyid terhadap perkembangan pendidikan Islam melalui pendekatan sejarah. Diantara upaya yang dilakukan oleh Khalifah Harun ar-Rasyid antara lain gerakan penerjemahan, mendirikan lembaga pendidikan Islam seperti Baitul-Hikmah yang kemudian diberi nama Khizanatul Hikmah, Kuttab/Maktab, toko buku, majelis sastra/salon, perpustakaan, masjid, rumah dinas. ulama, madrasah, pendidikan di keraton, dan ribath melalui pendekatan akulturasi peradaban Islam dan peradaban lain, khususnya Persia dan Yunani. Khalifah Harun Ar-Rasyid menciptakan sistem pendidikan Islam klasik dengan menerapkan konsep multikultural, nilai-nilai yang dikembangkan adalah semangat toleransi, keterbukaan, kesetaraan, kebebasan, keadilan, keragaman, dan demokrasi dengan beberapa komponen pendidikan yaitu: pendidik profesional dan karakter, metode pembelajaran seperti metode Qira'ah, lisan, ceramah, hafalan, diskusi, dan tulisan, materi pendidikan wajib dan pilihan, serta pembagian waktu mulai pagi hingga Ashar.