https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/issue/feed Jurnal Ilmiah Al-Hadi 2024-12-03T02:41:56+07:00 Bahtiar Siregar bahtiarsiregar@dosen.pancabudi.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Ilmiah Al-Hadi</strong>&nbsp;is a scientific publication that efforts to facilitate academic articles and scholarly writings of a number studies in empirical research in the field of Islamic Studies.&nbsp;Jurnal Ilmiah Al-Hadi is open to academics, students, researchers, and practitioners who are interested in contributing their thoughts, especially in the field of Islamic Education and Humanities perspective.</p> <p style="text-align: justify;">The main focus of&nbsp;Jurnal Ilmiah Al-hadi is on the exploration of dynamics propagation in Islamic proselytizing, studies of social science, and the development of contemporary media in theoretical realm as well as practical one, especially the scope of local, national, and global.</p> <p style="text-align: justify;">Sub themes and scope in the scientific publications of Jurnal Ilmiah Al-Hadi&nbsp;include:</p> <p style="text-align: justify;">1. Islamic Education</p> <p style="text-align: justify;">2. Islamic Studies in Social Sciences perspective</p> <p style="text-align: justify;">3. Humanities studies</p> <p style="text-align: justify;">e-ISSN&nbsp;<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1606837279">2774-3373</a></p> <p style="text-align: justify;">p-ISSN&nbsp;<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1448931819">2477-524X</a></p> https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4829 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS III SD NANDA AL-MANAF KAB. DELI SERDANG 2024-12-02T10:23:54+07:00 Ahir Husein Dongoran huseindongoran@gmail.com Fuji Rahmadi P fujirahmadi@dosen.pancabudi.ac.id <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI Siswa Kelas III SD Nanda Al-Manaf Kab. Deli Serdang. Faktor pendukung dan penghambat peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI Siswa Kelas III SD Nanda Al-Manaf Kab. Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Lokasi penelitian ini adalah di SD Nanda Al-Manaf. Untuk mendapatkan sumber data yang akurat peneliti langsung terjun ke lokasi penelitian untuk melakukan pengamatan observasi, kemudian melakukan wawancara kepada beberapa pihak untuk menemukan informasi yang akurat serta melakukan dokumentasi terkait pengamatan dan kegiatan yang terjadi di lapangan. Menganalisis data reduksi data melalui display data (penyajian data) setelah data direduksi maka langkah selanjutnya mendisplay data Penarikan Kesimpulan Meskipun pada reduksi data kesimpulan. Hasil penelitian Metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Faktor pendukung pembelajaran demonstrasi di sekolah antara lain tersedianya sarana dan prasarana yang cukup, kerja sama yang baik antara pihak sekolah dan orang tua siswa, minat belajar siswa yang tinggi, lingkungan belajar yang nyaman, konsistensi dalam belajar, dan keterlibatan dalam proses belajar . Beberapa faktor penghambat peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI antara lain: kurangnya motivasi siswa, kesiapan guru yang kurang, keterbatasan sarana dan prasarana, serta dukungan kepala sekolah yang tidak memadai.</p> 2024-12-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Ahir Husein Dongoran; Fuji Rahmadi P https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4831 KONSEP DASAR PENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA DINI 2024-12-02T10:21:49+07:00 Bahtiar Siregar bahtiarsiregar45@gmail.com <p>Pendidikan akan selalu menjadi sesuatu yang penting bagi setiap orang. Ia adalah tanda kemajuan atau kemunduran suatu bangsa. Sejarah telah mencatat bahwa peradaban yang maju adalah peradaban yang memperhatikan aspek pendidikan masyarakatnya. Jatuh bangunnya peradaban besar juga berawal dari kurangnya dukungan dan dorongan terhadap dunia pendidikan. Pendidikan karakter belum sepenuhnya dijadikan acuan untuk mengatasi permasalahan pendidikan di negeri ini. Karena hanya menitikberatkan pada nilai dan norma kemanusiaan. Hanya mencetak manusia yang tahu yang baik (knowing the good), mencintai yang baik (loving the good), dan berbuat baik (doing the good) kepada sesama makhluk, namun minim akan kesatuan kesalehan dan ketuhanan. Dengan demikian, pendidikan moral dapat dikatakan juga sebagai pendidikan Islam (ta'dib). Telaah lebih dalam terhadap konsep-konsep akhlak yang telah dirumuskan oleh para tokoh pendidikan Islam terdahulu seperti Ibnu Miskawaih dan Al-Ghazali di atas, menunjukkan bahwa tujuan akhir pendidikan akhlak adalah terbentuknya peserta didik yang berakhlak mulia, yang tidak lain adalah penjelmaan sifat-sifat luhur Tuhan dalam kehidupan manusia sesuai dengan fitrahnya.</p> 2024-12-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Bahtiar Siregar https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4832 KEMITRAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA PANCA BUDI MEDAN 2024-12-02T10:49:23+07:00 Hernawan Syahputra hernawansyahputra@dosen.pancabudi.ac.id <p>Sekolah SMA Panca Budi bisa menjalin kemitraan, antara lain dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dunia usaha, dunia industri, lembaga pemerintah, organisasi profesi, organisasi pemuda, dan organisasi wanita. Secara konseptual dan teoritis kemitraan akan mendorong sekolah menjadi lebih berkualitas dan efektif. Namun secara faktual selalu saja sekolah akan menghadapi orang-orang yang mempunyai tipe dan sifat mau menang dan mau untung sendiri. Orang seperti ini biasanya tidak memiliki tanggung jawab yang memadai, karena yang dipikirkannya adalah keuntungan pribadinya. Kemitraan merupakan salah satu bagian dari kerja sama yang dijalin oleh SMA Panca Budi dengan mitranya. Kerja sama tersebut menjadi salah satu aspek penting dalam mengembangkan jejaring antar sekolah serta meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di sekolah. Kemitran yang ada di SMA Panca Budi tidak akan terjalin dengan baik tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak. Strategi pelaksanaan yang dilakukan oleh SMA Panca Budi diantaranya adalah dengan menjaga komunikasi dengan mitra, selalu mengupdate kerjasama dan memiliki modal kepercayaan. Strategi pelaksanaan yang dikembangkan di SMA Panca Budi mengacu pada konsep dan prinsip kemitraan yang diungkapkan oleh Tony Lendrum (2003), yang intinya adalah kemitraan tidak akan terjalin tanpa adanya suatu prinsip yang kuat. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah pelaksanaan kemitraan di SMA Panca Budi Medan telah sesuai dengan indikator keberhasilan strategis, serta untuk melihat apakah kemitraan di SMA Panca Budi Medan ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembiayaan sekolah di SMA Panca Budi Medan.</p> 2024-12-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Hernawan Syahputra https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4833 EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PERADABAN ISLAM (SPI) KELAS X MAS TARBIYAH ISLAMIYAH HAMPARAN PERAK 2024-12-02T11:09:36+07:00 Rustam Ependi rustamefendi@gmail.com Suci Ananda Retno suciretno24@gmail.com <p>Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena kondisi di lapangan, budaya informal. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik analisis yaitu reduksi, display dan verifikasi. Penelitian ini mendeskripsikan secara luas dan mendalam keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Kelas X MAS Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pokok komposisi fungsi. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif dimana siswa terlibat aktif dalam mendiskusikan suatu topik yang dibentuk dalam kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang dengan memperhatikan heterogenitas, bekerja sama dan setiap anggota bertanggung jawab terhadap materi yang dipelajarinya. Mendapatkannya dari kelompok asal dan berperan aktif dalam menyampaikan materi kepada anggota kelompok lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat memberikan semangat belajar pada siswa, dapat meningkatkan kreativitas guru dan siswa. Diskusi kelompok membuat siswa lebih efektif dalam mempelajari dan mendiskusikan materi yang akan dibahas. Siswa juga menjadi lebih aktif dalam mencari literatur diskusi yang akan dibahas dalam diskusi kelompok. Diskusi kelompok ini juga memungkinkan siswa menyalurkan pemikirannya terhadap materi yang akan dibahas. Diharapkan kepada guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran, karena melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dikategorikan efektif dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.</p> 2024-12-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Rustam Ependi; Suci Ananda Retno https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4834 APLIKASI MODEL SEDANG BELAJAR SCRAMBLE BERDASARKAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MAHASISWA DI BIDANG STUDI FIQH DI MTS. R. SHOLIHIN 2024-12-03T02:41:56+07:00 Rizki Ardiyansyah rizkiardiansyah1239@gmail.com Reza Rizki rezzarizky29@gmail.com Ridhayani Lestari ridhayani2002@gmail.com Rizkiya Rahma rizkiyarahmah@gmail.com Tumiran - tumiran@dosen.pancabudi.ac.id <p>Model pembelajaran scramble berbasis digital untuk meningkatkan hasil belajar murid Bidang studi pengetahuan fiqih di dalam Gunung R. Sholihin penting sehingga murid semakin banyak Roh di dalam Belajar. Menyukai pada judul "model sedang belajar berebut berbasis digital untuk meningkatkan hasil Studi mahasiswa di lapangan mempelajari pengetahuan fiqih di Mts.R.Sholihin”. Kajian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat anak terhadap pembelajaran berbasis digital. Lebih lanjut dalam pembahasan ini peneliti menggunakan mendekati deskriptif kualitatif, di antara lainnya melalui pengamatan langsung di dalam sekolah , Mengerjakan wawancara dengan informan Dan melalui dokumentasi sebagai data pendukung yang dapat digunakan oleh peneliti. Di dalam memahami Yang saat ini dibahas oleh para peneliti, integrasi adalah sesuatu Yang menghubungkan, menghubungkan, bersatu sesuatu dengan obyek tertentu. Karena pada dasarnya setiap orang sangat menyukai pelajaran Belajar sambil bermain . Mata pelajaran Yang terapan di dalam madrasa Ini Yang akan Menjadi ilmu pengetahuan bagi siswa MTS R. Sholihin. Pendidikan mempunyai tujuan Untuk membangkitkan minat anak dalam belajar pada penelitian ini. Sasaran yang dimaksudkan adalah Madrasah Tsanawiyah. Tujuan pendidikan di dalam Madrasah adalah Untuk meningkatkan kecerdasan, berpengetahuan luas, berkepribadian baik, bermoral mulia, maupun mampu kehidupan mandiri dan melanjutkan pendidikan.</p> 2024-12-03T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Rizki Ardiyansyah; Reza Rizki, Ridhayani Lestari, Rizkiya Rahma; Tumiran -