MODEL DAN ANALISIS PRACTICAL-COMPUTER BASED LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN ANALISIS SISTEM TENAGA

  • Maharani Putri Staff Pengajar Fakultas Teknik Program Studi Elektro Universitas Pembangunan Pancabudi Medan

Abstract

Penguatan Daya Saing sumber daya manusia menjadi tanjung jawab perguruan tinggi sebagai penyelengara pendidikan fomal tinggi. Prodi Teknik Elektro UNPAB (Prodi TE UNPAB)  sebagai salah satu program studi yang mengelola bidang keahlian teknik tenaga listrik memiliki andil yang sangat penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM)  yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan insdutri., Prodi TE UNPAB telah merespon dengan menyusun kurikulum berbasis KKNI 2015. Kurikulum Prodi TE UNPAB 2015 berbasis KKNI diusun sebagai cara untuk menjawab tantangan daya saing global, dimana lulusan yang dihasilkan oleh Prodi TE UNPAB  diharapkan mampu bersaing secara global, terutama terkait dengan pemberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang menuntut partisipasi aktif lulusan dengan kompetensi dan kualitas daya saing sumber daya manusia. Persiapan pembentukan SDM  kompetitif tersebut dilakukan dengan berbagai strategi yang termuat dalam Tujuh (7) Standard Pendidikan Tinggi, satu bagian diantaranya adalah penyelenggaraan proses belajar mengajar pada  mata kuliah Analisis sistem tenaga listrik dengan materi analisis hubung singkat (Short Circuit Calculation . Mata kuliah ini merupakan mata kuliah inti yang menjadi landasan untuk kompetensi mata kuliah lainnya di semester lanjutan pada Prodi TE UNPAB. Pengembangan  model Computer Based Learning (CBL) dilakukan dalam pembelajaran analisis Gangguan  hubung singkat multi mesin yang meliputi: (a). Gangguan Hubung Singkat Satu fasa, (b) Gangguan Hubung Singkat Dua Fasa, (c) Gangguan Hubung Singkat Dua Fasa Ketanah , (d)  Gangguan Hubung Singkat Satu Fasa Ketanah. Pengembangan model pembelajaran CBL untuk mata kuliah Analisis Sistem Tenaga listrik ini memberi ruang kepada mahasiswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dalam menyelesaikan masalah yang kompleks (rumit), sehingga menghasilkan keleluasaan cara belajar mahasiswa aktif menyelesaikan masalah analisis hubung singkat serta membentuk partisipasi aktif mahasiswa dalam pembelajaran  (Student Center Learning)  dalam proses kegiatan perkuliahan analisis sistem tenaga listrik.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Padiyar, K.R., 1996, Power System Dynamis Stability and Control, pp. 191 – 268, John Wiley & Sons , Singapore.
[2] Moh. E El Hawary “Electrical Power System “ IEEE Press. 1983
[3] L. L. La, "Computer Assisted Learning In Power System Relaying," IEEE, vol. 38 no 3, pp. 217-222, August 1995.
[4]. M. M. Farhad Shahnia, "Improving the Learning Experience of Power System Protection Students using Computer-based Simulations and Practical Experiments " AUPEC, 28 September - 1 October 2014.
[5]. Joong Rin-shin” A Windows-Based Interactive and Grafic And Package for Educatión and Training Of Power System Analysis And Operation” IEEE Transaction on Power System Vol 14 No. 4 , 1999
[6] Stevenson, W.D., dan Idris,K.,1990, Analisis Sistem Tenaga Listrik, pp. 349-351, Erlangga, Jakarta.
[7]. H.F Wang “A Unified Model for the Analysis of FACTS devices in Damping Power Oscilations-PART I : Single Machnie Infinite Bus Powers Systems,” IEEE Transaction On Power Delivery, Vol 12 No. 2 pp 941-946, April 1997
[8] P.M. Anderson , A.A Fouad “ Power System Kontrol and stability” The Iowa State university Press, © 1977
[9] Aryza, S., Irwanto, M., Lubis, Z., Putera, A., & Siahaan, U. (2017). A Novelty Stability Of Electrical System Single Machine Based Runge Kutta Orde 4 Method. IOSR J. Electr. Electron. Eng. Ver. II, 12(4), 2278-1676.
[10] Aryza, S., Abdalla, A. N., Khalidin, Z., & Lubis, Z. (2011). Adaptive speed estimation of induction motor based on neural network inverse control. Procedia Engineering, 15, 4188-4193.
[11] Lubis, Z., & Aryza, S. (2017). Analisa Perancangan Penggunakan Mikrokontroler ATMega 8 Sebagai Pengendali dan Sensor Gerak untuk Pendeteksi Gerak Berbasis SMS. JET (Journal of Electrical Technology), 2(3), 66-71.
Published
2021-03-09