Perancangan Museum Sejarah Sultan Langkat Di Tanjung Pura dengan Tema Arsitektur Melayu
Abstract
Rasa bangga dan kepedulian melestarikan budaya kurang tertanam di generasi muda Indonesia saat ini. Minat mereka untuk mempelajarinya sangat kurang, mereka lebih tertarik belajar kebudayaan asing. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya informasi kekayaan budaya yang dimiliki secara visual padahal Indonesia memiliki banyak kebudayaan yang tersebar diseluruh nusantara salah satunya adalah budaya Melayu. Agar kebudayaan tersebut dapat dilestarikan dan terus dipelajari maka di rancanglah sebuah wadah yang dapat memberikan informasi terkait sejarah dan kebudayaan tersebut yakni Perancangan Museum Sejarah. Museum adalah tempat dan sarana pembelajaran yang berisi ribuan koleksi peninggal bersejarah. Metodologi yang digunakan adalah membuat perancangan museum sejarah dengan tema Arsitektur Melayu secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa desain dan perancangan museum sejajrah sultan Langkat. Luaran yang akan dihasilkan berupa konsep dan gambar desain dalam bentuk skalamatis.
Kata kunci: Sejarah Melayu, Museum Sejarah, Arsitektur Mel
Downloads
References
Fitriani, W., Rahim, R., Oktaviana, B., & Siahaan, A. P. U. (2017). Vernam Encypted Text in End of File Hiding Steganography Technique. Int. J. Recent Trends Eng. Res, 3(7), 214-219.
Hardinata, R. S. (2019). Audit Tata Kelola Teknologi Informasi menggunakan Cobit 5 (Studi Kasus: Universitas Pembangunan Panca Budi Medan). Jurnal Teknik dan Informatika, 6(1), 42-45.
Herdianto, H. (2018). Perancangan Smart Home dengan Konsep Internet of Things (IoT) Berbasis Smartphone. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 6(2).
Hendrawan, J., & Perwitasari, I. D. (2019). Aplikasi Pengenalan Pahlawan Nasional dan Pahlawan Revolusi Berbasis Android. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 3(1), 34-40
Khairul, K., Haryati, S., & Yusman, Y. (2018). Aplikasi Kamus Bahasa Jawa Indonesia dengan Algoritma Raita Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 11(1), 1-6.
Muttaqin, Muhammad. "Analisa Pemanfaatan Sistem Informasi E-Office Pada
Universitas Pembangunan Panca Budi Medan Dengan Menggunakan
Metode Utaut." Jurnal Teknik dan Informatika 5.1 (2018): 40-43.
Neufert, Ernest. (1996). Data Arsitek. Jakarta: Erlangga
Putra, Randi Rian. "implementasi metode backpropagation Jaringan saraf tiruan dalam memprediksi pola Pengunjung terhadap transaksi." JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) 3.1 (2019): 16-20.
Putri, N. A. (2018). Sistem Pakar untuk Mengidentifikasi Kepribadian Siswa
Menggunakan Metode Certainty Factor dalam Mendukung Pendekatan
Guru. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer
Science, 1(1), 78-90.
Ramadhani, S., Suherman, S., Melvasari, M., & Herdianto, H. (2018).
Perancangan Teks Berjalan Online Sebagai Media Informasi
Nelayan. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information
Technology, 6(2).
Riolan. (2016). Museum Sang Nila Utama Pekanbaru Menyimpan Banyak
Peradaban Budaya Melayu. ((https://www.wisatago.com/museum-negeri-
riau/) diakses pada 20 april 16.10)
Sulistianingsih, I., Suherman, S., & Pane, E. (2019). Aplikasi Peringatan Dini Cuaca Menggunakan Running Text Berbasis Android. IT Journal Research and Development, 3(2), 76-83.
Tasril, V., & Putri, R. E. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Biologi
Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia Berbasis Macromedia Flash.
Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 7(1).
Utomo, R. B. (2019). Aplikasi Pembelajaran Manasik Haji dan Umroh berbasis
Multimedia dengan Metode User Centered Design (UCD). J-SAKTI
(Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 3(1), 68-79.
Wahyuni, S., Lubis, A., Batubara, S., & Siregar, I. K. (2018, September).
Implementasi algoritma crc 32 dalam mengidentifikasi Keaslian file. In
Seminar Nasional Royal (SENAR) (Vol. 1, No. 1, pp. 1-6).
Wahid, Julaihi. & Alamsyah, Bhakti. (2013). Arsitektur & Sosial Budaya Sumatera
Utara. Yogyakarta: Graha Ilmu.