Penerapan ActionScript 3 Dalam Pembuatan Aplikasi Multiplatform Untuk Mengenal Persiapan Menghadapi Gempa Bumi
Abstract
Indonesia merupakan Negara kepulauan yang secara geografis terletak
pada pertemuan empat lempeng tektonik yaitu lempeng Indo Australia, Eurasia
dan Pasifik. Pada bagian selatan menyebabkan Indonesia terdapat sabuk vulkanik
yang berupa pegunungan vulkanik. Indonesia merupakan salah satu Negara yang
memiliki tingkat kegempaan tertinggi di dunia. Tujuan penelitian ini adalah
menerapkan ActionScript 3 dalam pembuatan aplikasi multiplatform untuk
mengenal persiapan menghadapi gempa bumi yang dapat menambah wawasan
penggunanya dalam menghadapi bencana gempa bumi, sebagai alat bantu belajar
untuk anak berusia 8 sampai 12 tahun. Pembuatan aplikasi ini dibuat dengan
menggunakan software Adobe Flash Professioanal CS 6, ActionScript 3 sebagai
bahasa pemrograman dan Adobe Audition CS 6 sebagai software pendukungnya.
Diharapkan dengan adanya aplikasi ini Pengguna mampu mengenal pembelajaran
gempa bumi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka di dapat
kesimpulan bahwa aplikasi multiplatform untuk mengenal persiapan menghadapi
gempa bumi ini telah berhasil dibuat yang terdiri dari 5 menu pada menu utama
yaitu, tentang gempa bumi, sebelum, selama, setelah gempa bumi dan kuis.
Kata Kunci : ActionScript 3, Adobe Flash Professional CS6, Aplikasi,
Multiplatform.
Downloads
References
Bergerak. Malang: UB Press. Diakses dari dari http://books.google.co.id/books.
Fachri, barany, agus perdana windarto, and ikhsan parinduri. "penerapan
backpropagation dan analisis sensitivitas pada prediksi indikator terpenting
perusahaan listrik." jepin (jurnal edukasi dan penelitian informatika) 5.2 (2019):
202-208.
Fachri, b., windarto, a. P., & parinduri, i. (2019). Penerapan backpropagation dan
analisis sensitivitas pada prediksi indikator terpenting perusahaan listrik. Jepin
(jurnal edukasi dan penelitian informatika), 5(2), 202-208.
Fachri, barany; windarto, agus perdana; parinduri, ikhsan. Penerapan backpropagation
dan analisis sensitivitas pada prediksi indikator terpenting perusahaan listrik. Jepin
(jurnal edukasi dan penelitian informatika), 2019, 5.2: 202-208.
Hamdi, nurul. "model penyiraman otomatis pada tanaman cabe rawit berbasis
programmable logic control." jurnal ilmiah core it: community research
information technology 7.2 (2019).
Herlinah, S.Kom, M.Si. Musliadi KH, S.Kom. (2019). Pemrograman Aplikasi Android
Studio, Photoshop dan Audition. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Diakses
dari dari http://books.google.co.id/books.
Ichwan K. (2015). Membuat Metode Pembelajaran Dengan Adobe Flash CS6.
Yogyakarta:CV Andi Offset. Diakses dari dari http://books.google.co.id/books.
Miftahul Huda, M.Kom. (2019). Teknologi Komputer: Pemanfaatan Teknologi
Komputer Untuk Mempermudah Penyelesaian Tugas dan Pekerjaan Yang
Dihadapi. Miftahul Huda, M.Kom. Diakses dari http://books.google.co.id/books.
Munif Chatib. (2009). Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences
Di Indonesia. Jakarta: Mizan DigitalPublishing. Diakses dari
http://books.google.co.id/books.
Neo Telemetri (2013, 12 Oktober). Action Script 3.0 Pada Adobe Flash Tulisan pada
http://blog.neotelemetri.com/index.php/2013/10/12/action-script-3-0 pada-adobeflash/Permana, aminuddin indra. "kombinasi algoritma kriptografi one time pad dengan
generate random keys dan vigenere cipher dengan kunci em2b." (2019).
Putra, randi rian. "sistem informasi web pariwisata hutan mangrove di kelurahan
belawan sicanang kecamatan medan belawan sebagai media promosi." jurnal
ilmiah core it: community research information technology 7.2 (2019).
Putra, randi rian, et al. "decision support system in selecting additional employees
using multi-factor evaluation process method." (2019).
Putra, randi rian. "implementasi metode backpropagation jaringan saraf tiruan dalam
memprediksi pola pengunjung terhadap transaksi." jurti (jurnal teknologi
informasi) 3.1 (2019): 16-20.
Saputra, muhammad juanda, and nurul hamdi. "rancang bangun aplikasi sejarah
kebudayaan aceh berbasis android studi kasus dinas kebudayaan dan pariwisata
aceh." journal of informatics and computer science 5.2 (2019): 147-157
Satia P. Zen, dkk. (2015). Sistem Informasi Sekolah. Jakarta: PT Pustaka Alvabet.
Diakses dari http://books.google.co.id/books.
Sidik, a. P., efendi, s., & suherman, s. (2019, june). Improving one-time pad algorithm
on shamir’s three-pass protocol scheme by using rsa and elgamal algorithms. In
journal of physics: conference series (vol. 1235, no. 1, p. 012007). Iop publishing.
Sitepu, n. B., zarlis, m., efendi, s., & dhany, h. W. (2019, august). Analysis of decision
tree and smooth support vector machine methods on data mining. In journal of
physics: conference series (vol. 1255, no. 1, p. 012067). Iop publishing.
Sri Handayaningsih. (2018). Bersahabat Dengan Bencana Alam. Jakarta Timur:
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Diakses dari
http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2019/03/ 28.-Bersahabatdengan-Bencana-Alam-Sri-Handayaningsih-ND.pdf.
Sunarjo, et al., (2012). Gempa Bumi Indonesia. Jakarta: Badan Meteorologi
Klimatologi dan Geofisika.
Tasril, v., wijaya, r. F., & widya, r. (2019). Aplikasi pintar belajar bimbingan dan
konseling untuk siswa sma berbasis macromedia flash. Jurnal informasi komputer
logika, 1(3).Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan.PT
Imtima. Diakses dari https://books.google.co.id/books.
Wahana Komputer. (2014). Membangun Aplikasi Mobile Cross Platform dengan
Phonegap. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Diakses dari
http://books.google.co.id/books..
Yayang Prananda. (2015, 02 Februari). Program Aplikasi Pada Komputer. Tulisan
pada Http://yayangprananda28.wordpress.com/2015/02/02/program-aplikasipada-komputer/amp/
https://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/download/2669/791/
(https://www.academia.edu/37716227/Bab_II_Landasan_Teori_2..1._Konsep_Da
sar_Sistem.