APLIKASI PENGENALAN ANGGOTA TUBUH MANUSIA DENGAN AUDITORI UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

  • INTAN ADHELIA SARI Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini telah maju dengan sangat pesat,
terutama pada media mobile. Media mobile dapat dimanfaatkan sebagai media
pembelajaran interaktif. Belajar adalah salah satu kewajiban dari seorang manusia,
belajar dapat memberikan pengetahuan baru yang bermanfaat. Terkadang belajar
menjadi hal yang sangat membosankan untuk anak. Anak lebih memilih untuk
bermain, dibandingkan dengan belajar. Pada anak sekolah dasar seharusnya sudah
diajarkan materi pembelajaran mengenai anggota tubuh manusia, untuk menarik
minat anak dalam mempelajari pelajaran tersebut, maka materi pelajaran ini dibuat ke
dalam bentuk aplikasi berbasis android. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat
aplikasi berbasis android yang dapat memberikan pengetahuan dan hiburan, sebagai
alat bantu belajar untuk anak sekolah dasar. Pembuatan aplikasi pengenalan anggota
tubuh manusia dengan auditori berbasis android ini huruf dibuat dengan
menggunakan software Adobe Flash Professional CS 6 dan Adobe Audition CS 6
sebagai software pendukungnya. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka
didapat disimpulkan bahwa aplikasi pengenalan anggota tubuh manusia dengan
auditori berbasis android ini telah berhasil dibuat yang terdiri dari 3 menu pada menu
utama yaitu, belajar, bermain dan tentang. 4 menu dari menu belajar yaitu, anggota
tubuh, alat gerak tubuh, organ tubuh dan panca indra tubuh. 2 menu dari menu
bermain yaitu, puzzle dan quiz. Diharapkan aplikasi pengenalan anggota tubuh
manusia dengan auditori berbasis android ini dapat membantu dan memberikan
kemudahan untuk anak sekolah dasar dalam proses belajar.
Kata Kunci : Aplikasi, Android, Anggota Tubuh, Manusia, Auditori, Adobe
Flash Professional CS6.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu Mekayanti D.P, Indrayanti,NLK, Kormia Dewi NK. 2015. Optimalisasi
Kelenturan (Flexibelity), Keseimbangan (Balance), dan Kekuatan (Strenght)
Tubuh Manusia Secara Instan Dengan Menggunakan “Secret Method”. Jurnal
virgin, 1 (1). 40-49
Ade Hendini. 2016. Pemodelan UML Sistem Monitoring Penjualan Dan Stok
Barang (Studi Kasus : Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa
Informatika. IV (2). 107- 116
Agus Irawan, Maya Selvia Laurin, Suherman. 2015. Perancangan Animasi
Pembelajaran Perawatan Mesin Kendaraan. Jurnal PRISISKO, 2 (1). 1-9
Azza Abidatin Bettaliyah. 2015. Aplikasi Identifikasi Judul Skripsi Menggunakan
Sistem Pakar Berbasis Android. Jurnal Teknika 7 (2). 721-729
Dwita Deslianti, Imam Muttaqin. 2016. Aplikasi Kumpulan Hadist Nabi
Muhammad SAW Berbasis Android Menggunakan Marge Sort. Jurnal
Pseudecode, III (1). 26-34
Dwi Ngatmono, Berliana Kusuma Riasti. 2015. Membangun Sistem Operasi Mandiri
Berbasis Open Source Dengan Metode Remaster. Indonesian Journal On
Networking and Security. 4 (3). 39-47
Fachri, barany, agus perdana windarto, and ikhsan parinduri. "penerapan
backpropagation dan analisis sensitivitas pada prediksi indikator terpenting
perusahaan listrik." jepin (jurnal edukasi dan penelitian informatika) 5.2 (2019):
202-208.
Fachri, b., windarto, a. P., & parinduri, i. (2019). Penerapan backpropagation dan
analisis sensitivitas pada prediksi indikator terpenting perusahaan listrik. Jepin
(jurnal edukasi dan penelitian informatika), 5(2), 202-208.
Fachri, barany; windarto, agus perdana; parinduri, ikhsan. Penerapan backpropagation
dan analisis sensitivitas pada prediksi indikator terpenting perusahaan listrik. Jepin
(jurnal edukasi dan penelitian informatika), 2019, 5.2: 202-208.
Fitra, Nurhadi, Irawan. 2014. Perancangan Aplikasi Perangkat Ajar Pengenalan
Anggota Tubuh Manusia Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Media Processor. 89-
97Hamdi, nurul. "model penyiraman otomatis pada tanaman cabe rawit berbasis
programmable logic control." jurnal ilmiah core it: community research
information technology 7.2 (2019).
Haryanto. 2017. Sains Untuk SD/MI Kelas 1. Jakarta, Erlangga
Harni Kusniyati, Nicky Saputra PangondianSitanggang. 2006. Aplikasi Edukasi
Budaya Toba Samosir Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatik.9 (1). 9-18
Leno Sambodo, Bambang Eka Purnama, Indah Uly Wardati. 2015. Animasi 3
Dimensi Sosialisasi Tsunami Early Warning System Kabupaten Pacitan. Jurnal
Evolusi, 3 (2). 48-54
Leny Hartati. Pengaruh Gaya Belajar Dan Sikap Siswa Pada Pelajaran
Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal Formatika. 3 (3). 224-
235
Malabay. 2016. Pemanfaatan Flowchart untuk kebutuhan Deskripsi Proses Bisnis.
Jurnal Ilmu Komputer, 12 (1). 21-24
Permana, aminuddin indra. "kombinasi algoritma kriptografi one time pad dengan
generate random keys dan vigenere cipher dengan kunci em2b." (2019).
Prawido Utomo, Silvia Krisnadewi, Rahmad. 2016. Aplikasi Media Pembelajaran
dan Pengenalan Organ tubuh Manusia Berbasis Multimedia. Jurnal Sisfotek
Global. 91-96
Putra, randi rian. "sistem informasi web pariwisata hutan mangrove di kelurahan
belawan sicanang kecamatan medan belawan sebagai media promosi." jurnal
ilmiah core it: community research information technology 7.2 (2019).
Putra, randi rian, et al. "decision support system in selecting additional employees using
multi-factor evaluation process method." (2019).
Putra, randi rian. "implementasi metode backpropagation jaringan saraf tiruan dalam
memprediksi pola pengunjung terhadap transaksi." jurti (jurnal teknologi
informasi) 3.1 (2019): 16-20.
Saputra, muhammad juanda, and nurul hamdi. "rancang bangun aplikasi sejarah
kebudayaan aceh berbasis android studi kasus dinas kebudayaan dan pariwisata
aceh." journal of informatics and computer science 5.2 (2019): 147-157Sidik, a. P., efendi, s., & suherman, s. (2019, june). Improving one-time pad algorithm
on shamir’s three-pass protocol scheme by using rsa and elgamal algorithms. In
journal of physics: conference series (vol. 1235, no. 1, p. 012007). Iop publishing.
Sitepu, n. B., zarlis, m., efendi, s., & dhany, h. W. (2019, august). Analysis of decision
tree and smooth support vector machine methods on data mining. In journal of
physics: conference series (vol. 1255, no. 1, p. 012067). Iop publishing.
Sri Rezeki. 2018. Pemanfaatan Adobe Flash SC6 Berbasis Problem Based Learning
Pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers. Jurnal Pendidikan Tambusai,
2 (4). 856-864
Tasril, v., wijaya, r. F., & widya, r. (2019). Aplikasi pintar belajar bimbingan dan
konseling untuk siswa sma berbasis macromedia flash. Jurnal informasi komputer
logika, 1(3).
Published
2021-06-08