PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL HARDWARE TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) DENGAN METODE COMPUTER ASSISTEND INTRUCTION (CAI) BERBASIS MULTI PLATFORM

  • REZA ZIWANDANA SITEPU Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

ABSTRAK REZA ZIWANDANA SITEPU PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL HARDWARE TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) DENGAN METODE COMPUTER ASSISTEND INTRUCTION (CAI) BERBASIS MULTI PLATFORM 2020 Dalam pembelajaran Sistem komputer terdapat begitu banyak jenis-jenis hardware dan software, untuk anak SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) pada semester awal terdapat pelajaran yang pertama kali yaitu pengenalan jenis-jenis hardware, maka diperlukan sebuah simulasi untuk memahami pembelajaran tersebut, dalam metode lama atau konvensional siswa harus membawa buku pelajaran dimana buku sangat mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik, dan tidak semua siswa suka membaca buku. Dengan dirancang nya media pembelajaran interaktif mengenal hardware berbasis multiplatform berbentuk apk dan aplikasi, untuk kerusakan dalam media ini sangatlah kecil terjadi sehingga siswa mudah dan lebih efisien dalam belajar, karna perancangan ini menggunakan teknologi, media pembelajaran menggunakan adobe flash cs6. Dengan metode Computer Assistend Instruction (CAI) bertujuan untuk meminalisir dalam penggunaan kertas dan kinerja guru, karena teknlogi berupa komputer dan smartphone berperan penting bagi dunia pendidikan. Tujuan aplikasi ini adalah memudahkan sistem pembelajaran siswa dalam belajar sendiri maupun perkelompok, sehingga mampu menambah wawasan. Siswa dapat belajar maupun mengerjakan soal latihan sendiri, penerapan untuk simulasi pembelajaran mengenal hardware diterapkan dalam bentuk aplikasi media pembelajaran berbasis multiplatform berupa materi, quiz dan latihan. Kata Kunci: Multiplatform, Media pembelajaran, Hardware

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Alrafiful R. Ismah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis
Multiplatform pada Materi Peluang Tingkat SMA Sederajat. Seminar
Nasional Pendidikan Matematika. Vol.01.
Andi, J. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted-Global
Positioning system (A-GPS) dengan Platform Androis. Jurnal Ilmiah
Komputer dan Informatika.Vol 1.2.
Anwar, M. Bunyamin. dan Sri. R. (2016). Pengembangan Aplikasi Kasir Pada
Sistem Informasi Rumah Makan Padang Ariung. Jurnal Algoritma
Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Vol 13.158.
Agmita, C.S. Hastha, S. dan Herri, S. (2019). Rekayasa Augmented Reality Planet
dalam Tata Surya Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa SMP Negri 57
Palembang. Jurnal Ilmiah Informatika Global. Vol 10.3.
Barany, F. dan Hendry. (2019). Perancangan Animasi Interaktif Belajar Berhitung
Berbasis Multimedia Pada TK-IT Al Washliyah Klambir Lima Hamparan
Perak. Jurnal Teknologi Informasi. Vol 3.66.
Barus, S., Sitorus, V. M., Napitupulu, D., Mesran, M., & Supiyandi, S. (2018).
Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan
Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS). Jurnal
Media Informatika Budidarma, 2(2).
Dwita, D. Imam, M. (2016). Aplikasi Kumpulan Hadits Nabi Muhammad SAW
Berbasis Android Menggunakan Algoritma Marge Sort. Jurnal
Pseudocode. Vol 3-1
Dede, W.T.P. Rahmi, A. (2019). Unified Modeling Language (UML) dalam
Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Retribusi SPPD.
Jurnal TEKNOIF. Vol.7.1
Evi Y.S. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Fisika Kurikulum 2013
untuk Kelas 3 SMP. Jurnal Sains, Informatika, dan Ekonomi. Vol 1.40.
Efini, M. (2018), Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi
Kumpulan Doa. Jurnal Sains dan Informatika. Vol 4.2
Fifi, N. Yulia, D. Siti, F. (2015). Pengaruh Media Adobe Illustrator
Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di
SMA Srijaya Negara. Jurnal Profit. Vol 2.1
Gunawan, L. Dan Tonni, L. (2016), Perancangan Aplikasi Pembelajaran
Kalkulus 1 dengan menggunakan metode computer assisted
instruction (CAI). Jurnal Riset Komputer. Vol 3.
Jalinus, N., Ambiyar (2016) Media dan Sumber Pembelajaran. Penerbit Kecana.
Vol 3.
Khairul, K., IlhamiArsyah, U., Wijaya, R. F., & Utomo, R. B. (2018, September).
IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA
PROMOSI PENJUALAN RUMAH. In Seminar Nasional Royal
(SENAR) (Vol. 1, No. 1, pp. 429-434).
Kurniawan, H. (2018). Pengenalan Struktur Baru untuk Web Mining dan
Personalisasi Halaman Web. Jurnal Teknik dan Informatika, 5(2), 13-19.
Nency, E.P. Sovandi, M. dan Toni, H. (2014) Aplikasi Berbasis Multimedia
untuk Pembelajaran Hardware Komputer. Jurnal Edik Informartika Vol
1.71.
Ontik, D.S. dan Nurma, L.P. (2019) Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif menggunakan Adobe Flash dan Materi Microsoft
Exel di SMAN 1 Tulungagung. Jurnal JOEICT. Vol 3.96.
Otang, K. Eddy, N. (2017). Penerapan Kurukulum 2013 dalam Meningkatkan
Keterampilan, Sikap, dan Pengetahuan.. Jurnal Primary Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau. Vol 6.391.
Prof. Dr. Nizwardi J, M.Ed dan Dr. Ambiyar, M.Pd. (2016). Media &
Sumber Pembelajaran. Kencana. Rawamangun, Jakarta.
Putra, Randi Rian, and Cendra Wadisman. "Implementasi Data Mining Pemilihan
Pelanggan Potensial Menggunakan Algoritma K Means." INTECOMS:
Journal of Information Technology and Computer Science 1.1 (2018): 72-
77.
Putra, Randi Rian. "Sistem Informasi Web Pariwisata Hutan Mangrove di
Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan Sebagai Media
Promosi." Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information
Technology 7.2 (2019).
Putra, Randi Rian, et al. "Decision Support System In Selecting Additional
Employees Using Multi-Factor Evaluation Process Method." (2019).
Rahim, R., Supiyandi, S., Siahaan, A. P. U., Listyorini, T., Utomo, A. P.,
Triyanto, W. A., ... & Khairunnisa, K. (2018, June). TOPSIS Method
Application for Decision Support System in Internal Control for Selecting
Best Employees. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1028, No.
1, p. 012052). IOP Publishing.
Sari, R. D., Supiyandi, A. P. U., Siahaan, M. M., & Ginting, R. B. (2017). A
Review of IP and MAC Address Filtering in Wireless Network Security.
Int. J. Sci. Res. Sci. Technol, 3(6), 470-473.
Siahaan, A. P. U., Aryza, S., Nasution, M. D. T. P., Napitupulu, D., Wijaya, R. F.,
& Arisandi, D. (2018). Effect of matrix size in affecting noise reduction
level of filtering.
Siahaan, MD Lesmana, Melva Sari Panjaitan, and Andysah Putera Utama
Siahaan. "MikroTik bandwidth management to gain the users prosperity
prevalent." Int. J. Eng. Trends Technol 42.5 (2016): 218-222.
Sidik, A. P. (2018). Algoritma RSA dan Elgamal sebagai Algoritma Tambahan
untuk Mengatasi Kelemahan Algoritma One Time Pad pada Skema Three
Pass Protocol.
Sidik, A. P., Efendi, S., & Suherman, S. (2019, June). Improving One-Time Pad
Algorithm on Shamir’s Three-Pass Protocol Scheme by Using RSA and
ElGamal Algorithms. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1235,
No. 1, p. 012007). IOP Publishing.
Sofiyatul, H. Sri, W. Hery, M.A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran
Interaktif dengan Aplikasi Adobe Flash CS6 untuk Meningkatkan
Motivasi Belajar pada Kompetensi Dasar Menganalisis Peran, Fungsi, dan
Manfaat Pajak (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 1 Jember
Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan
Ekonomi. Vol 11.118.
Subhan. Denny, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada
Mata Pelajaran Komuter dan Jaringan Dasar.. Jurnal Vokasional Teknik
Elektronika dan Teknologi. Vol 7.75.
Tasril, V. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penerimaan Beasiswa
Berprestasi Menggunakan Metode Elimination Et Choix Traduisant La
Realite. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer
Science, 1(1), 100-109.
Tasril, V., Wijaya, R. F., & Widya, R. (2019). APLIKASI PINTAR BELAJAR
BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK SISWA SMA BERBASIS
MACROMEDIA FLASH. Jurnal Informasi Komputer Logika, 1(3).
Titus K. dkk. (2015). Rancang Bangun Aplikasi E-Learning
Berbasis Multiflatporm untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan
Menggunakan Pedekatan Technology Acceptanced Model (TAM). Jurnal
Teknik Informatika dan Sistem Informasi Vol 1.3.
Watini. (2016). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Teori Bahasa
Automata Menggunakan Metode Computer Assistend Instruction (CAI)
Berbasis Multimedia. Jurnal Majalaj Ilmiah informasi dan Teknologi
Ilmiah. Vol 11.79.
Widada. Afnan, R. (2017). Perancangan Media Pembelajaran Fisika SMP
Berbasis Media Interaktif. Jurnal IT CIDA. Vol 3.56.
Wijaya, Rian Farta, et al. "Aplikasi Petani Pintar Dalam Monitoring Dan
Pembelajaran Budidaya Padi Berbasis Android." Rang Teknik Journal 2.1
(2019).
Zaid, R.M. Teguh, S. (2017). Media Pembelajaran Sistem Pernapasan pada
Manusia Berbasis Multimedia. Jurnal Teknik Informatika Politeknik
Sekayu. Vol 1.22.
Published
2020-06-21