PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN SUARA HEWAN DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID BERBASIS ANDROID

  • RIKY SUHERDIANTO Universitas Pembangunan Pancabudi

Abstract

ABSTRAK RIKY SUHERDIANTO PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN SUARA HEWAN DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID BERBASIS ANDROID 2019 Perkembangan teknologi pada saat ini telah maju dengan sangat pesat, terutama pada bidang smartphone android. Smartphone android dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran interaktif. Belajar adalah salah satu kewajiban dari seorang manusia, belajar dapat memberikan pengetahuan baru yang bermanfaat. Terkadang belajar menjadi hal yang sangat membosankan untuk anak. Anak lebih memilih untuk bermain, dibandingkan dengan belajar. Pada umur 4 sampai 6 tahun, anak sudah seharusnya diajarkan untuk mengenal warna, huruf, angka, bentuk dan mengenal nama hewan suara hewan dan golonganya, untuk menarik minat anak dalam mempelajari pelajaran dasar tersebut, maka materi pelajaran ini dibuat ke dalam bentuk aplikasi berbasis android. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi berbasis android yang dapat memberikan pengetahuan dan hiburan juga membantu para orang tua mengenalkan jenis hewan pada anak dan sebagai alat bantu belajar untuk anak berumur 4 sampai 6 tahun. Pembuatan aplikasi pengenalan suara hewan dengan media gambar untuk anak usia dini berbasis android ini dibuat dengan menggunakan software Adobe Flash Professional CS 6 dan Adobe Audition CS 6 sebagai software pendukungnya. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka didapat kesimpulan bahwa aplikasi pengenalan suara hewan dengan media gambar untuk anak usia dini berbasis android ini telah berhasil dibuat yang terdiri dari 3 menu pada menu utama yaitu, belajar, bermain dan tentang. 5 menu dari menu belajar yaitu, peliharaan, hutan, ternak, terbang dan air. 2 menu dari menu bermain yaitu, mewarnai dan quiz. Diharapkan aplikasi pengenalan suara hewan dengan media gambar untuk anak usia dini berbasis android ini dapat membantu dan memberikan kemudahan untuk anak berumur 4 sampai 6 tahun dalam proses belajar mengenal hewan dan golongannya. Kata Kunci : Aplikasi, Android, Suara, Gambar, Hewan, Game, Anak Usia Dini, Adobe Flash Professional CS6.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka
Agus Saputra. (2018). Membangun Aplikasi Database Warga
Alpa Satyaputra, Eva Maulina Aritonga. (2016). Let’s Build Your Android Apps
With Android Studio,. 7-10
Arifiati Fitri Anggraini, Nena Erviana, Sofiya Anggraini, Didik Dwi Prasetetya.
(2016). Aplikasi Game Edukasi Petualangan Nusantara, vol. 8, no. 2085-
2347.
Dian Wahyu Putra, A. Prasita Nugroho. (2016). Game Edukasi Berbasis Android
Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Cycle, vol. 1, no. 1,
2502-5716.
Dora Irsa, H., Rita Wiryasaputra, Sri Primaini. (2015). Perancangan Game
Edukasi Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Linear Congruent Method
(LCD) Berbasis Android. Jurnal Informatika Global, vol. 6, no. 1, 2477–
3786.
Dhany, H. W., Izhari, F., Fahmi, H., Tulus, M., & Sutarman, M. (2017, October).
Encryption and decryption using password based encryption, MD5, and DES.
In International Conference on Public Policy, Social Computing and
Development 2017 (ICOPOSDev 2017) (pp. 278-283). Atlantis Press.
Erika, Winda, Heni Rachmawati, and Ibnu Surya. "Enkripsi Teks Surat Elektronik
(E-Mail) Berbasis Algoritma Rivest Shamir Adleman (RSA)." Jurnal Aksara
Komputer Terapan 1.2 (2012).
Fachri, B. (2018). Perancangan Sistem Informasi Iklan Produk Halal Mui Berbasis
Mobile Web Menggunakan Multimedia Interaktif. Jurasik (Jurnal Riset Sistem
Informasi dan Teknik Informatika), 3, 98-102.
Fuad, R. N., & Winata, H. N. (2017). Aplikasi keamanan file audio wav (waveform)
dengan terapan algoritma RSA. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika dan
Teknologi Jaringan, 1(2), 113-119.
Ginting, G., Fadlina, M., Siahaan, A. P. U., & Rahim, R. (2017). Technical
approach of TOPSIS in decision making. Int. J. Recent Trends Eng. Res, 3(8),
58-64.
Hafni, Layla, and Rismawati Rismawati. "Analisis faktor-faktor internal yang
mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di
BEI 2011-2015." Bilancia: Jurnal Ilmiah Akuntansi 1.3 (2017): 371-382.
Hamdi, Muhammad Nurul, Evi Nurjanah, and Latifah Safitri Handayani.
"Community development based onibnu khaldun thought, sebuah interpretasi
program pemberdayaan umkm di bank zakat el-zawa." EL MUHASABA:
Jurnal Akuntansi (e-journal) 5.2 (2014): 158-180.
Hariyanto, E., Lubis, S. A., & Sitorus, Z. (2017). Perancangan prototipe helm
pengukur kualitas udara. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi
dan Komputer), 1(1).
Hartanto, S. (2017). Implementasi fuzzy rule based system untuk klasifikasi buah
mangga. TECHSI-Jurnal Teknik Informatika, 9(2), 103-122.
Harumy, T. H. F., & Sulistianingsih, I. (2016). Sistem penunjang keputusan
penentuan jabatan manager menggunakan metode mfep pada cv. Sapo durin.
In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia (pp. 6-7).
Havena, M., & Marlina, L. (2018). The Technology of Corn Processing as an Effort
to Increase The Income of Kelambir V Village. Journal of Saintech Transfer,
1(1), 27-32.
https://kbbi.web.id/suara(diakses 10 Oktober 2018)
https://kbbi.web.id/binatang(diakses 10 Oktober 2018)
Ida Rosmaidah, Henny Destiana. (2017). Perancangan Animasi Interaktif Belajar
Mengenal Huruf Hijaiyah Pada TKQ Al-Khoriyah, vol. 3, no. 1,2442–2436.
Indra permana, A. M. I. N. U. D. D. I. N. "Sistem pakar mendeteksi hama dan
penyakit tanaman kelapa sawit pada pt. moeis kebun sipare-pare kabupaten
batubara." (2013).
Kurnia, D. (2017). Analisis QoS Pada Pembagian Bandwidth Dengan Metode Layer
7 Protocol, PCQ, HTB Dan Hotspot Di SMK Swasta Al-Washliyah Pasar
Senen. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 2(2),
102-111.
Kurniawan, H. (2018). Pengenalan Struktur Baru untuk Web Mining dan
Personalisasi Halaman Web. Jurnal Teknik dan Informatika, 5(2), 13-19.
Khairul, K., Haryati, S., & Yusman, Y. (2018). Aplikasi Kamus Bahasa Jawa
Indonesia dengan Algoritma Raita Berbasis Android. Jurnal Teknologi
Informasi dan Pendidikan, 11(1), 1-6.
Mudiyanto Setiawan, Arie S.M Lumenta, Virginia Tulenan. (2016). Aplikasi
Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Sekolah Dasar. Ejournal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 5, no. 4,2301-8402.
Opik Taufik, K., Mohamad Irfan, Ai Nurpianti. (2013). Pembuatan Aplikasi
Anbiyapedia Ensiklopedi Muslim Anak Berbasis Web, vol. 7, no. 3, 1979-
8911.
Sunarti. (2016). Rancang Bangun Sistem Peminjaman Pada Koperasi hortina
Direktorat Jendral Hortikultura Jakarta. Indonesian Journal on computer and
Informatika Technology, vol. 1, no. 1.
Seng Hansun, Marcel Bonar Kristanda, Michael Wijaya Saputra. (2018).
Pemrograman Android dengan Android Studio IDE.
Sumari Agus Prasetyo (2018). Komputer Dan Jaringan Dasar Program Keahlian
Teknik komputer Dan Informatika
Published
2019-06-05