ABSTRAK FITRI ANDRIANI HASIBUAN Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Budaya Indonesia Berbasis Android Sulitnya mendapatkan pengetahuan tentang budaya Indonesia membuat beberapa guru disekitar belum banyak mengetahui dan masih menerapkan pembelajaran dengan

  • FITRI ANDRIANI HASIBUAN Universitas Pembangunan Pancabudi

Abstract

ABSTRAK FITRI ANDRIANI HASIBUAN Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Budaya Indonesia Berbasis Android Sulitnya mendapatkan pengetahuan tentang budaya Indonesia membuat beberapa guru disekitar belum banyak mengetahui dan masih menerapkan pembelajaran dengan menggunakan buku yang masih kurang terdata dan terlalu monoton. Namun mempelajari budaya Indonesia tidak bisa hanya dengan membaca buku, karena terdapat pembahasan yang memerlukan penjelasan mengenai teknik yang digunakan dalam pembelajaran dan pengenalan budaya indonesia tersebut, seperti dilakukan interaksi. Penelitian ini ditujukan untuk siswa sekolah dasar, guna memberikan pembelajaran dan pengenalan budaya Indonesia berbasis android serta menerapkan pembelajaran yang interaktif untuk para siswa sekolah dasar agar proses belajar dan mengajar dapat berjalan dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode Tutorial. Aplikasi pengenalan budaya Indonesia ini dibuat menggunakan aplikasi Android Studio dengan bantuan multimedia seperti text, gambar, animasi, suara, dan video. Kata Kunci : Aplikasi, Pembelajaran, Budaya Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Andi, J. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global
Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah
Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8.
elib.unikom.ac.id/download.php?id=300375
Lengkong, H. N., Sinsuw, A. A. E., & Lumenta, A. S. M. (2015). Perancangan
Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS
Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Maps. E-Journal Teknik
Elektro Dan Komputer, 4(2), 18–25.
Martha, Z. D., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-book berbasis Mobile
learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 109–114.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran.
FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333.
https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Romindo. (2017). Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web Pada SMA
Padamu Negeri Medan. Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, Volume 2
N, 6. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Suhariyaningsih. (2016). Perancangan Pembelajaran Wudu Dan Tayamum
Dengan Menerapkan Metode Computer. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer),
3(4), 32–35.
Surasmi, W. A. (2016). Pemanfaatan Multimedia untuk Mendukung Kualitas
Pembelajaran. Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, November, 593-
607-Halaman 597. wuwuh@ut.ac.id
Afiat Umar, N., Suryan, A., & Nindito Prasetyo, H. (n.d.). APLIKASI
PEMBELAJARAN DAN PENGENALAN BUDAYA INDONESIA BERBASIS
MULTIMEDIA (Studi Kasus : Kelas III SD ISLAM ATHIRAH) LEARNING
APPLICATION BASED MULTIMEDIA INTRODUCTION TO INDONESIA
CULTURE (CASE STUDY : 3 rd GRADE SD ISLAM ATHIRAH).
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran
Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada
Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational
Technology, 6(2), 22–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336
Prayogi, R., & Danial, E. (2016). Pergeseran Nilai-Nilai Budaya Pada Suku Bonai
Sebagai Civic Culture Di Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan
Hulu Provinsi Riau. Humanika, 23(1), 61.
https://doi.org/10.14710/humanika.23.1.61-79
Wahana Komputer. 2013. Android Programming With Eclipse.Yogyakarta: C.V
ANDI OFFSET.
Herlinah, Musliadi. 2019. Pemrograman Aplikasi Android Dengan Android
Studio, Photoshop, dan Audition. Jakarta: Kompas Gramedia.
Driyani, D., & Informatika, P. S. (2018). PERANCANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID
MENGGUNAKAN METODE REKAYASA. 3(1), 35–43.
Badawi, A. (2018). Evaluasi Pengaruh Modifikasi Three Pass Protocol Terhadap
Transmisi Kunci Enkripsi.
Batubara, Supina. "Analisis perbandingan metode fuzzy mamdani dan fuzzy
sugeno untuk penentuan kualitas cor beton instan." IT Journal Research and
Development 2.1 (2017): 1-11.
Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap Dengan Teknik
Pengolahan Data SPSS. Penerbit Andi (Anggota Ikapi). Percetakan Andi
Ofsset. Yogyakarta.
Erika, Winda, Heni Rachmawati, and Ibnu Surya. "Enkripsi Teks Surat Elektronik
(E-Mail) Berbasis Algoritma Rivest Shamir Adleman (RSA)." Jurnal Aksara
Komputer Terapan 1.2 (2012).
Fitriani, W., Rahim, R., Oktaviana, B., & Siahaan, A. P. U. (2017). Vernam
Encypted Text in End of File Hiding Steganography Technique. Int. J.
Recent Trends Eng. Res, 3(7), 214-219.
Hardinata, R. S. (2019). Audit Tata Kelola Teknologi Informasi menggunakan
Cobit 5 (Studi Kasus: Universitas Pembangunan Panca Budi Medan). Jurnal
Teknik dan Informatika, 6(1), 42-45.
Hariyanto, E., Lubis, S. A., & Sitorus, Z. (2017). Perancangan prototipe helm
pengukur kualitas udara. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi
dan Komputer), 1(1).
Hariyanto, E., & Rahim, R. (2016). Arnold’s cat map algorithm in digital image
encryption. International Journal of Science and Research (IJSR), 5(10),
1363-1365.
Harumy, T. H. F., & Sulistianingsih, I. (2016). Sistem penunjang keputusan
penentuan jabatan manager menggunakan metode mfep pada cv. Sapo durin.
In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia (pp. 6-7).
Iqbal, M., Siahaan, A. P. U., Purba, N. E., & Purwanto, D. (2017). Prim's
Algorithm for Optimizing Fiber Optic Trajectory Planning. Int. J. Sci. Res.
Sci. Technol, 3(6), 504-509.
Marlina, L., Muslim, M., Siahaan, A. U., & Utama, P. (2016). Data Mining
Classification Comparison (Naïve Bayes and C4. 5 Algorithms). Int. J. Eng.
Trends Technol, 38(7), 380-383.
Muttaqin, Muhammad. "ANALISA PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI EOFFICE PADA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI
MEDAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE UTAUT." Jurnal Teknik
dan Informatika 5.1 (2018): 40-43.
Ramadhan, Z., Zarlis, M., Efendi, S., & Siahaan, A. P. U. (2018). Perbandingan
Algoritma Prim dengan Algoritma Floyd-Warshall dalam Menentukan Rute
Terpendek (Shortest Path Problem). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer),
5(2), 135-139.
Rahim, R., Aryza, S., Wibowo, P., Harahap, A. K. Z., Suleman, A. R., Sihombing,
E. E., ... & Agustina, I. (2018). Prototype file transfer protocol application for
LAN and Wi-Fi communication. Int. J. Eng. Technol., 7(2.13), 345-347.
Wahyuni, Sri. "Implementasi Rapidminer Dalam Menganalisa Data Mahasiswa
Drop Out." Jurnal Abdi Ilmu 10.2 (2018): 1899-1902.
Published
2020-06-30