Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android Studi Kasus Raudhatul Athfal Qurratu ‘Aini

  • NURUL FADILAH Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

ABSTRAK NURUL FADILAH Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android Studi Kasus Raudhatul Athfal Qurratu ‘Aini 2020 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai masih sedikitnya media pembelajaran untuk anak usia dini yang berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif untuk anak usia dini berbasis android, dapat mempermudah guru dalam proses mengajar serta membantu peranan orang tua dalam memberikan pengetahuan kepada anaknya diluar jam sekolah dengan cara yang menyenangkan melalui aplikasi ini. Anak usia dini antara umur 3-6 tahun merupakan masa Golden Periode (Periode Keemasan) perkembangan otak mereka. Dalam usia ini, mereka berada pada pertumbuhan dan perkembangan yang pesat baik secara fisik maupun mental sehingga mereka lebih cepat merespon apa yang diberikan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara (interview) serta pengematan langsung (observasi) pada sekolah Raudhatul Athfal Qurratu ‘Aini. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran interaktif untuk anak usia dini berbasis android. Aplikasi ini dapat menarik minat belajar anak usia dini serta membantu para pengajar dan orang tua dalam memberikan pengetahuan kepada anak usia dini dengan cara yang menyenangkan. Kata Kunci : Android, Interaktif, Java, Media pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Adam, S. dan M. T. . (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi
Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal, 3 No 2(ISSN
2337-8794), 78–90.
Andi, J. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global
Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah
Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8.
elib.unikom.ac.id/download.php?id=300375
Anardani, S., & Kurniawati, I. D. (2018). Pengembangan Animasi Interaktif
Pembelajaran Galaksi Tata Surya Dengan Pemodelan Luther. Pilar
Teknologi.3.48-55.
Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran
Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, II(1), 116–121.
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin
dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1.
Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing Di
Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 07(02), 25–34.
https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6
Firmantoro, K., Nainggolan, E. R., Informatika, S. T., Informatika, S. M., Anak, P.,
Dini, U., & Belakang, L. (2016). Animasi Interaktif Pengenalan Hewan Untuk
Pendidikan Anak Usia Dini. TECHNO Nusa Mandiri, XIII(2), 103–110.
Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi
Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Simetris: Jurnal Teknik Mesin,
Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1), 225–230.
Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan
Stok Barang. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 2(9), 107–116.
Komarudin, R., Noor, R. R., Studi, P., Informasi, S., & Selatan, M. J. (2017). Analisis
Perancangan Media Pembelajaran Animasi Interaktif Mengenal Bahasa Jepang.
Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(1), 12–20.
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia
Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa.
DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68.
https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Lengkong, H. N., Sinsuw, A. A. E., & Lumenta, A. S. M. (2015). Perancangan
Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile Gis
Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Maps. E-Journal Teknik
Elektro Dan Komputer, 4(2), 18–25. https://doi.org/10.35793/jtek.4.2.2015.6817
Maiyana, E. (2018). Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan
Doa. Jurnal Sains Dan Informatika, 4(1), 54–65.
https://doi.org/10.22216/jsi.v4i1.3409
Puspa Putri, D. A. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk
Anak Usia Dini Berbasis Android. Technologia: Jurnal Ilmiah, 10(3), 156.
Rakhmah, S. N., & Adiningrat, F. (2018). Perancangan Animasi Interaktif Mengenal
Sembilan Wali Untuk Usia Sekolah Dasar. Jurnal Inkofar, 1(2), 13–19.
Sallaby, Utami, A. (2015). Aplikasi Widget Berbasis Java. Jurnal Media Infotama,
11(2), 171–180.
Urva, G., Siregar, H. F., Prof, J., Kisaran, M. Y., & Utara, S. (2015). Pemodelan
UML E- Marketing Minyak Goreng. 9, 92–101.
Wira, D., Putra, T., & Andriani, R. (2019). Unified Modelling Language ( UML )
dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD.
Jurnal TEKNOIF,7(1).
Yulianto, R., & Sujatmiko, B. (2018). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Mata
Pelajaran Pemrograman Java Melalui Ispring Terhadap Peningkatan
Kemampuan Kognitif Siswa. It-edu, 3(01), 93–100.
Badawi, A. (2018). Evaluasi Pengaruh Modifikasi Three Pass Protocol Terhadap
Transmisi Kunci Enkripsi.
Batubara, Supina. "Analisis perbandingan metode fuzzy mamdani dan fuzzy sugeno
untuk penentuan kualitas cor beton instan." IT Journal Research and
Development 2.1 (2017): 1-11.
Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap Dengan Teknik Pengolahan
Data SPSS. Penerbit Andi (Anggota Ikapi). Percetakan Andi Ofsset. Yogyakarta.
Erika, Winda, Heni Rachmawati, and Ibnu Surya. "Enkripsi Teks Surat Elektronik
(E-Mail) Berbasis Algoritma Rivest Shamir Adleman (RSA)." Jurnal Aksara
Komputer Terapan 1.2 (2012).
Fitriani, W., Rahim, R., Oktaviana, B., & Siahaan, A. P. U. (2017). Vernam Encypted
Text in End of File Hiding Steganography Technique. Int. J. Recent Trends Eng.
Res, 3(7), 214-219.
Hardinata, R. S. (2019). Audit Tata Kelola Teknologi Informasi menggunakan Cobit
5 (Studi Kasus: Universitas Pembangunan Panca Budi Medan). Jurnal Teknik
dan Informatika, 6(1), 42-45.
Hariyanto, E., Lubis, S. A., & Sitorus, Z. (2017). Perancangan prototipe helm
pengukur kualitas udara. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan
Komputer), 1(1).
Hariyanto, E., & Rahim, R. (2016). Arnold’s cat map algorithm in digital image
encryption. International Journal of Science and Research (IJSR), 5(10), 1363-
1365.
Harumy, T. H. F., & Sulistianingsih, I. (2016). Sistem penunjang keputusan
penentuan jabatan manager menggunakan metode mfep pada cv. Sapo durin. In
Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia (pp. 6-7).
Iqbal, M., Siahaan, A. P. U., Purba, N. E., & Purwanto, D. (2017). Prim's Algorithm
for Optimizing Fiber Optic Trajectory Planning. Int. J. Sci. Res. Sci. Technol,
3(6), 504-509.
Marlina, L., Muslim, M., Siahaan, A. U., & Utama, P. (2016). Data Mining
Classification Comparison (Naïve Bayes and C4. 5 Algorithms). Int. J. Eng.
Trends Technol, 38(7), 380-383.
Muttaqin, Muhammad. "ANALISA PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI EOFFICE PADA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN
DENGAN MENGGUNAKAN METODE UTAUT." Jurnal Teknik dan
Informatika 5.1 (2018): 40-43.
Ramadhan, Z., Zarlis, M., Efendi, S., & Siahaan, A. P. U. (2018). Perbandingan
Algoritma Prim dengan Algoritma Floyd-Warshall dalam Menentukan Rute
Terpendek (Shortest Path Problem). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 5(2),
135-139.
Rahim, R., Aryza, S., Wibowo, P., Harahap, A. K. Z., Suleman, A. R., Sihombing, E.
E., ... & Agustina, I. (2018). Prototype file transfer protocol application for LAN
and Wi-Fi communication. Int. J. Eng. Technol., 7(2.13), 345-347.
Wahyuni, Sri. "Implementasi Rapidminer Dalam Menganalisa Data Mahasiswa Drop
Out." Jurnal Abdi Ilmu 10.2 (2018): 1899-1902.
Published
2020-06-23