Analisis Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Jakarta Islamic Index Di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Variabel leverage diukur dengan menggunakan debt to equity rasio (DER), profitabilitas diukur dengan menggunakan return on assets (ROA), ukuran perusahaan diukur dengan ln = total asset dan nilai perusahaan diukur dengan Tobins’Q. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sedangkan model penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Dalam penelitian ini digunakan data sekunder dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang menjadi anggota di Jakarta Islamic Index yang terdaftar di BEI Periode 2013-2017 yang berjumlah 30 perusahaan. Jumlah perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel ada 15 perusahaan dan dilakukan pengujian data dengan menggunakan SPSS versi 16.0. Maka dapat diketahui hasil bahwa leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dan leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci : Leverage (DER), Profitabilitas (ROA), dan Ukuran Perusahaan Nilai Perusahaan.
Downloads
References
Alfredo Mahendra.(2011). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan
(kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating) Pada Perusahaan
Manufaktur Di BEI. Universitas Udayana.
Analisa, Yangs. (2011). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas
Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan
Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008).
Arthur J. Keown. (2010). Basic Financial Manajement, Diterjemahkan oleh
Chaerul D. Djakman, 2010, Edisi 10, Buku 2, Jakarta: Salemba Empat.
Astriani, Eno Fuji. (2014). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage,
Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Invesment Opportunity Set Terhadap
Nilai Perusahaan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek
Indonesia Tahun 2009-2011. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Padang.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119132.
Dewi, Ayu Sri Mahatma Dan Ary Wirajaya. (2013). Pengaruh Struktur Modal,
Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal
Akuntansi Universitas Udayana 4.2(2013):358-372.
Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.
Edisi Keempat. Semarang; Badan Penerbit Universitas Diponerogo.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.
Semarang; Badan Penerbit Universitas Diponerogo.
Hardyanti, Nia. (2012). Analisa pengaruh Insider Ownership, Leverage,
Profitabilitas, Firm Size dan Dividen Payout Ratio terhadap Nilai Perusahaan.
Skripsi. UNDIP
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam
Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2),
133-149.
Herawaty,Vinolla. (2008). “Peran Praktek Corporate Governance sebagai
Moderating Variabel dari Pengaruh Earning Manajement terhadap Vol.10,
No.2, pp.97-108.
2
Kasmir. (2011). Analisis Laporan Keuangan : Jakarta : PT. Raja Grafido Persada.
Kusumajaya. (2011). Jurnal Akuntansi : Pengaruh Struktur Modal &
Pertumbuhan Perusahaan terhadap Profitabilitas & Nilai Perusahaan Pada
Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia.
Manulang, Marihot., & Pakpahan, Manuntun (2014). Metodologi Penelitian,
Bandung : Ciptapustaka Media Jakarta:Salemba Medika.
Prasetyorini, B. F., (2013), Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning
Ratio dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Ilmu Manejemen,
1(1), 183-196.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T., ... & Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And Swot Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In North Sumatera. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(9).
Rossanty, Y., & Putra Nasution, M. D. T. (2018). Information search and intentions to purchase: the role of country of origin image, product knowledge, and product involvement. Journal of Theoretical & Applied Information Technology, 96(10).
Rossanty, Y., Hasibuan, D., Napitupulu, J., Nasution, M. D. T. P., & Rahim, R. (2018). Composite performance index as decision support method for multi case problem. Int. J. Eng. Technol, 7(2.29), 33-36.
Sartono, Agus, (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Edisi 4,
BPFE:Yoguakarta.
Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponerogo. Semarang
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Bisnis Alfabeta, CV: Bandung.
Weston, Fred J., and Copeland,Thomas. (2010). Manajemen Keuangan. Edisi
kesepuluh. Jakarta. Binarupa Aksara.
Wibowo, R., & Aisjah, Siti., (2014), Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan
Manajerial, Kebijakan Dividen dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan,
Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya.
3 Zuraedah, Isnaeni Ken. (2010). Pengaruh Kinerja Terhadap Nilai Perusahaan
dengan pengungkapan CSR sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi.
Jakarta:FE UPN Veteran.
https://tipsserbaserbi.blogspot.co.id/2016/03/macam-macam-rasio-keuangan-dan-
rumusnya.html?m=1 diaskes pada 05 April 2018 pukul 19.00 WIB
www.idx.co.id diaskes pada 25 Januari 2018 pukul 20.00 WIB