Analisis Strategi Pengembangan Usaha UKM Mebel” (Studi Kasus Usaha Mebel Tegal Wangi Gatot Subroto)
Abstract
Usaha mikro, kecil dan menengah (UKM) memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Karena selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja yang berperan dalam distribusi hasil pembangunan. Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terbukti lebih tangguh dalam menghadapi krisis. Tetapi ada juga kelemahan UKM dalam mengakses informasi yang secara langsung berkaitan dengan kondisi yang diduga faktor internal dibayangi oleh UKM-UKM yang sebenarnya memiliki pangsa pasar yang cukup besar di dunia Internasional. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki seni dan desain Mebel sendiri, tidak terkecuali Kota Medan memiliki ciri khas Mebel. Masalah yang dihadapi oleh UKM Mebel Tegal Wangi adalah keberadaan yang kurang dikenal oleh masyarakat karena kendala pemasaran yang terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi perusahaan dalam mengembangkan alternatif Mebel Tegal Wangi menggunakan Analisis SWOT. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif dengan dukungan data Kualitatif, teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan serta data nyata dari bidang internal dan eksternal. Dari hasil yang diperoleh dengan menggunakan Analisis SWOT ada 8 alternatif strategi: (1) Mempertahankan kualitas produk (2) Mengembangkan usaha dengan melayani penjualan sampai keluar daerah (3) Bekerjasama dengan Home Credit (4) Meningkatkan promosi melalui internet (5) Menawarkan produk ke organisasi atau kelompok kerja (6) Meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan (7) Meningkatkan/menyediakan variasi produk yang kreatif dan menarik (8) Menambah saluran distribusi.
Kata Kunci : Pengembangan Bisnis, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT
Downloads
References
Arikunto. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Alma,(2014. Manajemen Pemasaran dan Jasa. Bandung: penerbit Alfabeta.
Agus, Hermawan, 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga.
Buchari, Alma. 2012. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.
Bodgan, & Taylor. Moloeng. 2007. Pengantar Metode Kualitatif. Surabaya :Usaha Nasional.
Benyamin, Molan. 2012. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Bambang, Hariadi. 2005. Strategi Manajemen. Jakarta: Bayumedia Publising.
Basu, Swastha, 2010. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: Penerbit BPFE.
David, R Fred. 2012. Strategic Management Concepts & Cases. Person Academic:14th edition.
Djaslim, Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran : Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi dan Tanya Jawab, Bandung : CV. Linda Karya.
Data, Badan Pusat Stastistik. 2008. Penggolongan Pendapatan Penduduk. BPS. Jakarta.
Dwi, Rachmina dan Praningrum. 2011. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan . Jakarta : Erlangga.
Djam’an Satori.2007. Metode Penelitian kualitatif. Bandung. SekolahPascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
David, Fred R. 2007. Manajemen Strategis Salemba 4, Jakarta.
Dessler, Gary, 2011. Manajemen SDM. Penerbit Indeks, Jakarta.
Esterberg. Sugiyono. 2007. Qualitative Methods in Social Research. Bandung.Cv. Alfabeta.
Etzel, 2013. Saluran Distribusi. Rineka. Cipta, Jakarta.
Grewal, dan levy. 2014. Marketing, Fourth Edition, The McGraw-Hill, New York.
Gogoi, Bidyat Jyoti. 2013. Managing Brand Equity. Copitalizing on the value or a
brand name. Ney York.
Hendro. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta. Erlangga.
Hidayat, R. Rusiadi, dan M. Isa Indrawan. 2014 Teknik Proyeksi Bisnis. USU Press.
Hidayat, R., & Subiantoro, N. Rusiadi. 2013 Metode Penelitian. USU Press.
Kotler, & Mursid, M, Drs. 2014. Management Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
Kasmir, dan Jakfar. 2008.Studi Kelayakan Bisnis. Edisi 2. Jakarta. Prenada Media Droup.
Kotler, dan Amstrong. 2015. Marketing An Introduction, Twelfth Edition, Person Education Limited, England.
Kotler, Keller dan Benyamin Molan, 2012. Marketing Manajement Edisi 14, Global Edition, Pearson Prentice. Hall.
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1.Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller, 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta. Erlangga.
Muchtar, 2010. Strategi Memenangkan Persaingan Usaha Dengan Menyusun Bisnis Plan. Kompas Gramedia. Jakarta.
Mursid, M. 2014. Manajemen Pemasaran. Bumi Askara. Jakarta.
Maryati,2010. Strategi Pembelajaran Inkuiri Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/file/Pendidikan/maryatissimsi/7 strategipembelajaran-inkuiripdf.pdf
Moloeng. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosda. Karya.
Mintzberg, Henry, 2007. Manajement Strategis: Toward a General Theory, oxford University Inc. New York.
Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D ALFABETA
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, Freddy. 2008. The Power of Brands, Jakarta : Penerbit Gramedia.
Rusiadi, 2013. Metode Penelitian Manajemen. Cetakan Pertama Medan: USU Press.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta. CV.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta. Pt Gramedia.
Sugiyono. 2011. Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung. Alfabeta.
Tjiptono, 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.
Yunan, Sudjana, 2009. Metode Stastistika, Tarsito, Bandung.
Zeithaml, dan Bitner dalam Ratih. 2010. Bauran Pemasaran . Bandung: ALFABETHA.
Jurnal :
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Aspan, H. (2017). “Good Corporate Governance Principles in the Management of Limited Liability Company. International Journal of Law Reconstruction, Volume 1 No. 1, pp. 87-100.
Aspan, H. (2017). “Peranan Polri Dalam Penegakan Hukum Ditinjau Dari Sudut Pandang Sosiologi Hukum”. Prosiding Seminar Nasional Menata Legislasi Demi Pembangunan Hukum Nasional, ISBN 9786027480360, pp. 71-82.
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A Business Model Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North Sumatra, Indonesia. Bus. Manag. Strateg, 7(2), 102-120.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T., ... & Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And Swot Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In North Sumatera. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(9).