PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. ASKRINDO CABANG MEDAN

  • RAHMAD DANI PASARIBU Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

PT. Askrindo Cabang Medan merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak dibidang perasuransian. Saat ini yang sedang terjadi di PT. Askrindo Cabang Medan adalah terjadi penurunan jumlah nasabah. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya jumlah karyawan yang melayani pertanyaan-pertanyaan konsumen sehingga nasabah tidak puas. Selain itu pihak manajemen belum mendapatkan cara jitu dalam meyakinkan benak nasabah terhadap kualitas produk Askrindo sehingga kepuasan nasabah belum terpenuhi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah kualitas pelayanan dan kualitas produk secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Askrindo Cabang Medan dan variabel manakah lebih dominan mempengaruhi kepuasan nasabah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara jelas bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah pada PT. Askrindo Cabang Medan dan untuk mengetahui variabel mana yang dominan mempengaruhi kepuasan nasabah pada PT. Askrindo Cabang Medan serta untuk membandingkan teori dengan keadaan di lapangan Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara terhadap responden, observasi dan menyebarkan kuesioner yaitu membagikan 22 item pernyataan kepada 95 responden kemudian diolah melalui bantuan program Statitical Product Service Solution (SPSS) Versi 15.00, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian pada tingkat kepercayaan 95 % dan test of level sig 5 % dengan hasil pengujian serempak didapat nilai Fhitung Fhitung 92,937 > 3,11 Ftabel dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti Hipotesis satu (H1) diterima yaitu kualitas pelayanan dan kualitas produk secara serempak (simultan) berpengaruh positif dan signifikant terhadap kepuasan nasabah pada PT. Askrindo Cabang Medan. Dari uji parsial pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah didapat nilai thitung 2,224 > 2,000 ttabel dengan signifikant 0,029 < 0,05. Dari uji parsial pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan nasabah didapat nilai thitung 5,373 > 2,000 ttabel dengan signifikant 0,000 < 0,05. Hal ini berarti kualitas pelayanan dan kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Askrindo Cabang Medan. Dari hasil uji pengaruh dominan didapat angka Standaridized Coefficient Beta kualitas pelayanan sebesar 0,248 sedangkan angka kualitas produk lebih besar mencapai 0,598. Oleh karena angka variabel kualitas produk lebih besar dari variabel kualitas pelayanan, maka disimpulkan kualitas produk dominan mempengaruhi kepuasan nasabah pada PT. Askrindo Cabang Medan. Hal ini berarti hipotesis dua (H2) yang penulis ajukan sebelumnya diterima.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan. Kualitas Produk Dan Kepuasan Nasabah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari.2003. Pemasaran Strategik Jasa Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Hidayat, R. Rusiadi, dan M. Isa Indrawan. (2014) Teknik Proyeksi Bisnis. USU Press.

Hidayat, R., & Subiantoro, N. Rusiadi. (2013) Metode Penelitian. USU Press.

Harahap, R. (2018). Pengaruh Kualitas produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Cepat saji Kfc Cabang Asia Mega Mas Medan. JUMANT, 7(1), 77-84.

Harahap, R. (2018). Analisa kepuasan kerja karyawan di cv. Rezeki medan. Jumant, 8(2), 97-102.

Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A Business Model Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North Sumatra, Indonesia. Bus. Manag. Strateg, 7(2), 102-120.

Kuncoro, M, 2005, Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi : Bagaimana Meneliti & Menulis Tesis. Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.

Rangkuti, Freddy., 2003, Measuring Customer Satisfaction, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Rahayu, 2011. Pengaruh Kualitas Produk dan Periklanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. XL Axiata Tbk. Medan. FE. Universitas Pembangunan Kotler, Philip.. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jilid 1. PT. Intan Sejati Klaten. Jakarta.

Setiawan, N. (2018). Peranan persaingan dalam meningkatkan kualitas pelayanan (resistensi terhadap transformasi organisasional). Jumant, 6(1), 57-63.

Saragih, M. G. (2019). Pengaruh e-service quality terhadap e-loyalty melalui esatisfaction (studi pada pelanggan toko online shopee di kota medan): pengaruh e-service quality terhadap e-loyalty melalui e-satisfaction (studi pada pelanggan toko online shopee di kota medan). Jurnal Mantik, 3(1), 190-195.

64
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.

Siregar, N. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Menggunakan Indihome Sebagai Penyedia Jasa Internet Di Kota Medan (Studi Kasus Kantor Plaza Telkomcabang Iskandar Muda No. 35 Medan Baru). JUMANT, 7(1), 65-76.

Siregar, N. (2018). Analisis produk dan citra koperasi terhadap wirausaha koperasi dalam meningkatkan industri rumah tangga pada masyarakat desa lubuk saban pantai cermin kabupaten deli serdang. Jumant, 9(1), 79-93.

Situmorang, Syafrizal Helmi. Doli Djafar, Iskandar Muda, Muslich Lutfi, Syahyunan, 2008. Analisis Data Penelitian (Menggunakan Program SPSS), Penerbit USU Press, Medan.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kedelapan. CV Alfabeta. Bandung.

Sulastiyono, Agus, 2006. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung ; Alfabeta

Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Cetakan Pertama. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Sutedja, Wira. 2007. Panduan Layanan Konsumen. Edisi Revisi, Grasindo. Jakarta.

Tjiptono, Fandy, 2004, Manajemen Jasa, Andy Offset, Yogyakarta.

Umar, Husein. 2005. Metodelogi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Usmara. 2003. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Amara Books. Yogjakarta

widodo, s. (2019). strategi pemasaran dalam meningkatkan siklus hidup produk (product life cycle). JEpa, 4(1), 84-90.

Widodo, S. (2019). pengaruh budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai pada dinas kebersihan kota binjai. jumant, 11(1), 279-295.
Published
2021-05-06