Analisa Harga Dan Faktor Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Erafone di P. Siantar
Abstract
Analisis penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah harga dan faktor keluarga secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT. Erafone di P. Siantar. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif secara kausal dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 konsumen. Pengambilan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT. Erafone di P. Siantar, dimana thitung 3,479 > ttabel 1,989 dan signifikan 0,001 < 0,05. Faktor keluarga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT. Erafone di P. Siantar, dimana thitung 8,951 > ttabel 1,989 dan signifikan 0,000 < 0,05. Harga dan faktor keluarga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT. Erafone di P. Siantar, dimana Fhitung 140,669 > Ftabel 3,11 dan signifikan 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : Harga, Faktor Keluarga dan Keputusan Pembelian
Downloads
References
Ahmad, R. (2019). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Mitra Niaga Sejati Jaya-Langkat. Jumant, 11(2), 137-146. Ananda, G. C. (2019). Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Terhadap Promosi Pegawai Pada Perguruan Panca Budi Medan. Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 102113.
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Aspan, H. (2017). “Good Corporate Governance Principles in the Management of Limited Liability Company. International Journal of Law Reconstruction, Volume 1 No. 1, pp. 87-100. Alma. B. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Harahap, R. (2018). Analisa Kepuasan Kerja Karyawan Di Cv. Rezeki Medan. Jumant, 8(2), 97-102.
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment (performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG Int. J. Econ. andManagement Stud, 3(6). Hamdani, (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.
Hurriyati, R. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta. Hidayat, R. Rusiadi, dan M. Isa Indrawan. 2014.Teknik Proyeksi Bisnis.USU.Press
Hidayat, R., & Subiantoro, N. Rusiadi.2013. Metode Penelitian.USU Press.
Igir, Friani Gloria. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang). https://media.neliti.com/media/publications/269332-pengaruh-kualitas- produk-dan-harga-terha-6f002f13.pdf
Indrawan, M. I., & SE, M. (2015). Pengaruh Promosi Jabatan dan Mutasi terhadap Prestasi Kerja Pegawai PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Ahmad Yani Medan. Jurnal ilmiah INTEGRITAS, 1(3).
Indrawan, M. I. (2019). Pengaruh Etika Kerja, Pengalaman Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Kecamatan Binjai Selatan. Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1851-1857
Kotler, Philip. 2013. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Buku Dua. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta. Salemba Empat.
Kristian, Denny. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Mahasiswa Kampus 1 Universitas Kristen Krida Wacana.
Kuncoro, Mudrajad, 2013. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi 3. Jakarta: Erlangga.
Laksana, Fajar. 2014. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lucas, D. B., & Britt, S. H. 2013. Measuring Advertising Effectiveness. New York: McGraw-Hill.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori Dan Praktik. Jakarta:Salemba Empat.
Manullang, M dan Pakpahan, M. 2014. Metodologi Penelitian. Proses Penelitian Praktis. Bandung: Citapustaka Media.
Mowen, J C. dan Michael Minor. (2012). Perilaku Konsumen. Edisi Kelima, Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Peter, J. Paul. 2014. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Pratama, S. (2019). Analisa Pengaruh Sumberdaya Manusia, Prasarana Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Studi Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jumant, 11(1), 235-250.
Pratama, S. (2019). Effect of Organizational Communication and Job Satisfaction on Employee Achievement at Central Bureau of Statistics (BPS) Binjai City.
Rizky, M. C., & Ardian, N. (2019). Enhance Employee Performance For Increase Work Motivation On Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Journal Homepage: Http://Ijmr. Net. In, 7(08).
Rahman, Arif, (2015). Strategi Dahsyat Marketing Mix For Small Business. Edisi Pertama, Penerbit Trans Media Pustaka. Jakarta.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Pendekatan Praktis, Disertai : Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Sari, Anisa Kurnia. (2013). Pengaruh Citra Merek Dan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/download/1513/ 1144
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, Ujang. (2012). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sunarto. 2014. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: UST Press.
Tjiptono, Fandy. 2016. Perspektif Manajemen & Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: ANDI.
Towoliu, Juli E.S. (2017). Pengaruh Faktor Pribadi Dan Faktor Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Waroeng Tepi Laut, Manado. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/15618/1515 3
Triyono, Sigit, (2016). Sukses Terpadu Bisnis Ritel Merchandise Sampai Shrinkage. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Wanda, Kanisius Waro. (2015). Pengaruh Harga Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Mini Market Lulu Mart Samarinda. https://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/wp- content/uploads/2015/10/Jurnal%20kanis%20(10-20-15-05-30-52).pdf
Wakhyuni, E. (2018, October). An Empirical Investigation ofthe Effect of Workload and SOPs on Employees Work Morale. In International Conference of ASEAN Prespective and Policy (ICAP) (Vol. 1, No. 1, pp. 251-257).
Wakhyuni, E. (2019). Analisis Kemampuan, Komunikasi Dan Konflik Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt. Mitha Sarana Niaga. Jumant, 11(1), 271-278.
Yanti, E. D., & Sanny, A. (2018). The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.