Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Jamaah Umrah terhadap Loyalitas Jamaah Di PT Multazam WisataAgung Medan

  • VINI ALVIONITA ISMI Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

PT. Multazam Wisata Agung Medan adalah salah satu jasa travel yang ada di kota Medan yang dimiliki oleh dr. Prof. H. Syafii Mukhoyyar Siregar, yang resmi yang telah diakui oleh Kementerian Agama. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah variabel kualitas pelayanan dan kepuasan jamaah umrah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas jamaah PT. Multazam Wisata Agung Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan jamaah umrah terhadap loyalitas jamaah di PT. Multazam Wisata Agung Medan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden sebanyak 92 orang dari jamaah tersebut. Model yang digunakan yaitu regresi linier berganda yang diolah dengan program SPSS versi 21.Kualitas Pelayanan berpengaruh positif tetapi secara statistik tidak signifikan terhadap Loyalitas Jamaah di PT. Multazam Wisata Agung Medan. Kepuasan jamaah umrah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas jamaah. Dan secara simultan ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Jamaah Umrah terhadap Loyalitas Jamaah. Dan hasil dari koefisien determinasi pada nilai Adjusted R Square adalah sebesar 0,440 (44%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 44% variasi variabel bebas: Kualitas Pelayanan (X1) dan Kepuasan Jamaah Umrah (X2) pada model memiliki kontribusi untuk variabel Loyalitas Jamaah PT. Multazam Wisata Agung Medan (Y) sedangkan sisanya 56% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Jamaah Umrah, dan Loyalitas Jamaah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA


Abu U. N. Panduan Lengkap Ibadah Haji dan Umrah, (Jakarta: Robbani Press, 2010).

Ahmad, K. Solusi Hukum Manasik Dalam Permasalahan Ibadah Haji Menurut Empat Mazhab, (Jakarta: Pustaka Cendekiamuda, 2016).

Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.

Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.

Daryanto, I. S. (2014).Konsumen dan Pelayanan Prima. Malang: Gaya Media.
Departemen A. Undang-Undang Republik indonesia no.13 Tahun 2008 Tentang Penyelanggaraan Ibadah Haji (Jakarta: Departemen Agama, 20010).

Departemen Agama RI Dirjen PHU, Tuntunan Praktis Manasik Haji dan Umrah, (Jakarta: Depag), 2011, h.90.

Dita, P. A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan.Dalam Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 37.No.1, Agustus 2016.

Eriyanto P. N. (2011). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Notebook Acer.Universitas Negeri Semarang.


Ghazali , I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit – Universitas Diponegoro.

. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanik, “Teori Kepuasan Konsumen dalam Perspektif Islam”, memoryhanik.blogspot.co.id/2016/11/teori-kepuasan-konsumen- dalam.html?m=1, (diakses 08 November 2016).

Helesia, K. (2017). “Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen Pada Minimarket Kertapati Jaya Indah Palembang”.Universitas UIN Raden Fatah.

Http://alkhiridamiroh.blogspot.com/2013/06/tafsir-al-qur’an-surat-luqman-ayat- 12-19.html?m=l. Kamis, 21 Maret 2019. Pukul 21.00

Https://muslim.or.id/27810-hadits-keutamaan-ibadah-haji-dan-umrah.html. Senin, 25 Maret2019. Pukul 15.25.



Hurriyati.(2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Husein U. (2014).Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan pada Penerbangan Low Cost Carrier.Dalam jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTransLog)-Vol.01 No.02, Juli 2014.

Hidayat, R., & Subiantoro, N. Rusiadi. (2013) Metode Penelitian. USU Press.

Kotler, P., dan Kevin L. K. (2012), Marketing Pemasaran -14/E, Harlow, Pearson Education.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3.Jakarta Selemba Empat.

Manullang, M dan Pakpahan, M. (2014). Metodologi Penelitian Proses Penelitian Praktis: Citapustaka Media. Bandung.

Muhammad Y. (2016). “Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV. Galigo Food di Kota Makassar”.Universitas UIN Alauddin Makassar.

Nurul, H. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Melalui Variabel Kepuasan pada Lembaga Amil Zakat. Dalam Jurnal Homepage. Perisai ,Vol.2 (1), April 2018.

Philip, K. dan Kevin L. K. Manajemen Pemasaran, Erlangga. PT Gelora Aksara Pratama, (2009). Hal.256.

Pratama, S. (2019). Analisa pengaruh sumberdaya manusia, prasarana dan lingkungan kerja terhadap kinerja studi pada pegawai universitas pembangunan panca budi medan. Jumant, 11(1), 235-250.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EL) Universitas Islam Indonesia Yogyakarta atas Kerja Sama dengan Bank Indonesia: Ekonomi Islam, (Jakarta: PT. Raja Grapindo, 2010).

Ririn, T. R., dan Mastuti, H. (2011). Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 1, Bogor: Ghalia Indonesia.
Rusiadi, dkk.(2014). Metode Penelitian. Medan: USU Press.

Rahayu, S. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Kerja Karyawan di PT. Langkat Nusantara Kepong Kabupaten Langkat. JUMANT, 9(1), 115-132.
Sugiyono.(2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Suwardi.(2011). Menuju Kepuasan Pelanggan melalui Penciptakaan Kualitas Pelayanan dalam Jurnal Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora Vol.


103
11 No 1.

Tengku, P. L. B. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota


Langsa.Dalam Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol.5, No.2, November 2016.

Tjiptono, F. (2010).Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Andi Offset, Yogyakarta.

. (2011). Service Quality and Satisfaction.Edisi 3. Andi Offset. Yogyakarta.

. (2012). Service Manajemen Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Published
2021-05-06