Analisis Harga, Promosi, dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Millenium Pharmacon Indonesia Medan

  • RIVAN HADISETYA Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Promosi, Harga, Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Millenium Pharmacon International-Medan. Data yang digunakan yaitu data primer. Variabel yang ditelitI terdiri dari Promosi, Harga, dan Pelayanan sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner dan wawancara. Analisis yang digunakan yaitu analisis assosiatif, sifat penelitian ini adalah kuantitatif, analisis regresi linier berganda dan analisis koefisien determinasi dengan menggunakan bantuan program SPSS 17. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh apotek yang menjadi pelanggan tetap PT. Millenium Pharmacon International Cabang Medan yang berjumlah sebanyak 300 apotek. Pengaambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin dengan demikian jumlah sampel pada penelitian ini adalah 75 Apotek di wilayah penjualan PT. Millenium Pharmacon International Cabang Medan. Hasil yang di dapat dari penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Promosi, Harga dan Pelayanan secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, dimana Uji F menghasilkan Fhitung 39.670 sedangkan Ftabel 2,50 (n-k-1 dengan kesalahan 0,05) maka F hitung 39.670 > Ftabel 2.50. sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya Promosi, Harga, Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Promosi secara parsial berpengaruh namun tidak signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, dimana t hitung 1,742 > t tabel 1,66 dan signifikan 0,086 > 0,05. Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, dimana t hitung 3.,540 < t tabel 1,66 dan signifikan 0,001 < 0,05. Pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, dimana t hitung 2,402 > t tabel 1,66 dan signifikan 0,019 < 0,05. Koefisien determinasi yang dalam penelitian ini sebesar 61,1% Kepuasan Pelanggan dapat diperoleh dan dijelaskan oleh Promosi, Harga dan Pelayanan sedangkan sisanya 100% - 61,1% = 38,9% di jelaskan oleh faktor-faktor lain dari di luar variabel yang penulis teliti.

Kata Kunci: Promosi, Harga, Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA



Buku :

Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: ALFABETA

Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps Penerbit. Hidayat, R. Rusiadi, dan M. Isa Indrawan. 2014.Teknik Proyeksi Bisnis.USU.Press

Hidayat, R., & Subiantoro, N. Rusiadi.2013. Metode Penelitian.USU Press.

Kotler, Philip dan Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, dan Keller. 2012. Manejemen Pemasaran Edisi 13 Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Malau, Harman. 2018. Manajemen Pemasaran “Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisionla sampai Era Modernisasi Global”. Bandung: ALFABETA.

Mowen, J.C, dan Minor, M. 2002. Perilaku Konsumen Jilid 2 Edisi kelima. Bandung: Erlangga.

Mowen, J.C, dan Minor, M.. 2002. Perilaku Konsumen Jilid 1 Edisi kelima. Bandung: Erlangga.

Nasution, Nel Arianty, Christiana, dan Jasin. 2016. Manajemen Pemasaran. Medan: Perdana Publishing.

Pakpahan, Manuntun. 2016. Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global. Medan: CV. Rural Development Service.
Priansa, Donni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.
Priansa, Donni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: ALFABETA.

Rusiadi, et al. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi Dan Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus Dan Aplikasi Spss, Eviews, Amos Dan Lisrel. Cetakan Pertama. Medan: Usu Press.





98
11 000



Sangadji, dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Situmorang, Syafrizal Helmi. 2017. Riset Pemasaran. Medan: USU Press.
Situmorang, Syafrizal Helmi. 2019. Analisis Data Edisi Keempat. Medan: USU Press.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sumarwan, Ujang. 2018. Perilaku Konsumen Edisi Kedua. Bogor: Khalia Indonesia.




Jurnal :



Aprianto. 2016. Pengaruh Promosi dan Pelayanna Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko BNJ Elektronik Kota Lubuk Linggau. SKRIPSI. Musi Rawas: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi Rawas. Volume 02, No. 01, Februari 2016. Jumat, 24 Januari 2020. Pukul 19.10 WIB.

Efendi, B. (2019). Efektivitas Kebijakan Makroprudensial Terhadap Stabilitas Sistem Keuangan Di Indonesia. JEpa, 4(2), 72-78. El Fikri, M. (2019). Memasarkan objek pariwisata kota medan melalui media sosial untuk menaikkan minat kunjungan dan menghapus paradigma negatif. JUMANT, 11(2), 69-79.

El Fikri, M. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Sidempuan Medan. JUMANT, 9(1), 1-11.

Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.

Manurung (2017). Pengaruh Promos, Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Keputusan Pembelian Ulang di Alfamart dan Indomaret Waralaba Jalan Ratu Di Balau Tanjung Senang, Banda Lampung. SKRIPSI. Bandar Lampung: Universitas Lampung. https://www.onesearch.id/Record/IOS4198.27027. Jumat, 24 Januari 2020. Pukul 19.00 WIB Mesra, B. (2018). Factors That Influencing Households Income And Its Contribution On Family Income In Hamparan Perak Sub-District, Deli Serdang Regency, North. Int. J. Civ. Eng. Technol, 9(10), 461-469.

Mesra, B. (2019). Ibu rumah tangga dan kontribusinya dalam membantu perekonomian keluarga di kecamatan hamparan perak kabupaten deli serdang. Jumant, 11(1), 139-150. Novalina, A. (2018). Analisis Prediksi Pelemahan Ekonomi Indonesia Rezim Depresiasi Kurs. JEpa, 1(1), 1-11.
11 000 Novalina, A. (2018). Kemampuan BI 7-Day Repo Rate (BI7DRR) Dalam Menjaga Stabilitas Ekonomi Indonesia (Pendekatan Transmisi Moneter Jangka Panjang). Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1874-1885.

Saputra, Hidayat, dan Listyorini. 2015. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel Ahass 0002 Astra Motor Siliwangi Semarang). SKRIPSI. Semarang: Universitas Diponegoro.https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/14550 /14075. Jumat, 24 Januari 2020. Pukul 19.20 WIB.

Priyono. 2014. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Mlelalui Keputusan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Objek Wisata Museum Sangiran Kabupaten Sragen. Rossanty, Y., & PUTRA NASUTION, M. D. T. (2018). INFORMATION SEARCH AND INTENTIONS TO PURCHASE: THE ROLE OF COUNTRY OF ORIGIN IMAGE, PRODUCT KNOWLEDGE, AND PRODUCT INVOLVEMENT. Journal of Theoretical & Applied Information Technology, 96(10). Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.

Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T., ... & Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And Swot Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In North Sumatera. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(9). Rossanty, Y., Hasibuan, D., Napitupulu, J., Nasution, M. D. T. P., & Rahim, R. (2018). Composite performance index as decision support method for multi case problem. Int. J. Eng. Technol, 7(2.29), 33-36.

Rossanty, Y., Nasution, M. D. T. P., & Ario, F. (2018). Consumer Behaviour In Era Millennial. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI. SKRIPSI. Kota Semarang: Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/6077/1/7751.pdf. Jumat, 24 Januari 2020. Pukul 19.30 Wib.

Listiawati, Afriani, Solehan. 2017. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di PT. Indomaret Suralaya, Merak-Banten. SKRIPSI. Banten: Universitas Bina Bangsa Indonesia. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRAT/article/view/4256. Jumat, 24 Januari 2020. Pukul 19.45 WIB. Widodo, S. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle). JEpa, 4(1), 84-90. Widodo, S. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kebersihan Kota Binjai. JUMANT, 11(1), 279295.
Published
2021-05-07