Analisi Celebrity Endorser ( AL Ghazali) dan Brand Love Terhadap Loyalitas Pelanggan All New Honda Beat ESP (Survei Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Sosial Sains Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)

  • Ade Riky Kesuma Putra Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari celebrity endorser dan brand love terhadap loyalitas pelanggan All New Honda Beat eSP. Data penelitian diambil dari 151 mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Sosial Sains Universitas Pembangunan Panca Budi Medan yang menggunakan sepeda motor merek Honda Beat eSP sebagai sampel. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS. Pengujian data yang dilakukan menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser dan brand love memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan All New Honda Beat eSP pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Sosial Sains Universitas Pembangunan Panca Budi Medan baik secara parsial maupun secara serempak. Brand love memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap loyalitas pelanggan All New Honda Beat eSP dibandingkan dengan celebrity endorser. Celebrity endorser dan brand love juga memiliki hubungan yang sangat erat terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu, 85,5% loyalitas pelanggan All New Honda Beat eSP pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Sosial Sains Universitas Pembangunan Panca Budi Medan dapat dijelaskan dengan celebrity endorser dan brand love sedangkan 14,5% sisanya dapat dijelaskan dengan faktor lain. Kata Kunci : Celebrity Endorser, Brand Love, Loyalitas Pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Ana, Budi. (2014). Dampak Loyalitas terhadap Kinerja Karyawan. Semarang; Universitas
Diponegoro.
Carroll, B & Ahuvia, A. (2016). Some Antecedents and Outcomes of Brand Love. Marketing
Letters
Fachris, Fadhil. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek, dan Citra Merek terhadap lLoyalitas
Konsumen Produk Handphoe Samsung Di Kecamatan Sunggal. Medan; Universitas
Sumatera Utara
Ferdinand, Augusty. (2009). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk
skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi
kelima). Semarang; Universitas Diponegoro.
Hasan, Ali. (2015). Marketing. Yogyakarta. Medpress.
Hurriyati, Ratih. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung; Alfabeta
John Michael, dan Tom Lee. (2015). Modern Advertising. New Jersey: Prentice – Hall, inc.
Kotler, Philip. (2012). Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan
Kontrol, Edisi 15, Jilid 2. New Jersey : Prentice – Hall, inc.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong,. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jakarta;
Erlangga
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2015). Marketing Management 13th Edition. New
Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
Manullang, Marihot. Pakpahan, Manuntun. (2014). Metode Penelitian: Proses Penelitian
Praktis. Bandung; Cipta Pustaka Media.
Priansa, Donni Junni. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung;
Alfabeta.
Royan, Frans M. (2014). Marketing Selebrities. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Rubin, J. A. (2015). Introduction to Art of Marketing. New York: Taylor & Francis Group
Rusiadi,. Nur Subiantoro,. dan Rahmad Hidayat,. (2016). Metode Penelitian, Manajemen
Akuntasi dan Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews,
Amos, Lisrel. Medan: USU Press.
Shimp, A. Terence. (2012). Periklanan Promosi. Jilid VI. Jakarta: Erlangga.Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung; Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta.
Pustaka Baru Press.
Sutisna. (2013). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta; Erlangga.
Suyanto, M. (2017). Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Yogyakarta; Andi.
Swastha, Basu.(2012). Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta
: BPFE.
Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran: Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset
Usmara, Usri. (2015). Pemikiran Kreatif Pemasaran. Yogyakarta; Amara Books.
Vanessa Gaffar. (2017). CRM dan MPR Hotel. Alfabeta: Bandung.
JURNAL :
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the
Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration
Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas
Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai
Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan
Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo
Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2
No. 2, pp. 322-334.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty
in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi
Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-65.
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam
Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-
149.
Hwang, Jiyoung & Kandampully, Jay. (2012). The Role of Emotional Aspect in Younger
Consumer-Brand Relationships, Journal of Product & Brand. Management.Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... &
Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance
Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics:
Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Ismail, A.R and Spinelli, G. (2012), “Effects of Brand Love, Personality and. Image on Word
of Mouth”, Journal of Fashion
Lastovicka, J. L., & Sirianni, N. J. (2011). Truly, Madly, Deeply: Consumers In The Throes
Of Material Possession Love. Journal of Consumer Research, 38(2), 323-342. DOI:
10.1086/658338
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur
Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan
Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal
label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research,
12(2).
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa
Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal
of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur
Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas
Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.
Sternberg, R.J. (2016). A Triangular Love Theory of Love. Psychological review. Vol 93 no.
2. 119-135. American Psychology Asociation, Inc.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and
Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan
Panca Budi.
Published
2021-05-10