Analisis Display Produk Dan Sales Person Terhadap Impulse Buying Pada Gramedia Sun Plaza Medan
Abstract
Toko Gramedia Sun Plaza bergerak di bidang bisnis penjualan buku. Adapun masalah yang dihadapinya yaitu konsumen sering kesulitan mencari, mendapatkan buku keluaran terbaru yang diinginkan, sehigga mengurungkan niat untuk membeli, beberapa orang pegawai belum memahami pengetahuan produk (product knowledge) sehingga tidak mampu dengan baik berkomunikasi dan mempresentasikan buku sejenis yang tersedia, mengakibatkan konsumen tidak tertarik membeli buku yang lainnya dan konsumen yang datang ke toko buku tersebut berencana melakukan pembelian, tetapi tidak tertata dengan rapi di rak buku, walaupun ada judul buku terbaru lainnya tidak terjadi pembelian spontanitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh display produk dan sales person terhadap impulse buying pada Gramedia Sun Plaza Medan. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner pada 96 sampel responden. Teknik analisis data adalah kuantitatif, menggunakan formulasi SPSS versi 20.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa display produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada Gramedia Sun Plaza Medan. Sales person secara parsial berpengauh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada Gramedia Sun Plaza Medan. Display produk dan sales person secara simultan berpengauh signifikan terhadap impulse buying pada Gramedia Sun Plaza Medan. Koefisien determinasi yang di dalam penelitian ini sebesar 55,0% impulse buying dapat diperoleh dan dijelaskan oleh display produk dan sales person. Sedangkan sisanya 45% dijelaskan oleh faktor lain atau variabel diluar model, seperti harga, lokasi, dan lain-lain. Kata Kunci : Display Produk, Sales Person dan Impulse Buying
Downloads
References
Adisaputro, Gunawan. 2010. Manajemen Pemasaran, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi
Aksara.
Durianto. 2011. Marketing Mix Pemasaran. Cetakan kedua. Bandung: CV.
Mandar Maju.
Japarianto. 2011. Filosofi Strategi Marketing. Jakarta: Salemba Empat.
Kharis. 2011. Pengantar Teori Manajemen Pemasaran. Penerbit yudhistira.
Kotler. 2011. Konsep Ilmu Marketing. Bandung: Penerbit Cipta Pustaka.
Kotler dan Keller. 2011. Pemasaran Kontemporer. Bandung: Penerbit Cipta
Pustaka.
Machfoedz. 2013. Pengantar Ilmu Manajemen Pemasaran. Penerbit Yudhistira.
Mowen. 2013. Pengantar Ilmu Manajemen Pemasaran. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Manulang, Marihot. dan Pakpahan, Manuntun. 2014. Metodologi Penelitian.
Bandung: Cipta Pustaka Media.
Rangkuti. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Rangkuti. 2013. Pengantar Manajemen Pemasaran. Bandung: Penerbit
Banacipta.
Ria, Arifianti. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Ke-3. UNPAD. Bandung.
Rusiadi, et al. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi, dan ekonomi
Pembangunan. Medan : USU Press.
Samuel. 2013. Manajemen Pemasaran Konsep dan Strategi. Medan.
Sangadji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: penerbit Andi.
Setiawan. 2014. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Gramedia.
Sopiah dan Syhabuddin. 2011. Pengantar Ilmu Manajemen Pemasaran. Jakarta.
Kencana Prenada Media Group.
Sumirat dan Ardianto. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Ke-3. Yogyakarta.
STIE YKPN.
Suyanto. 2011. Pengantar Ilmu Manajemen Pesaran. Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.Sekaran, Dani. 2010. Penelitian Ilmiah Metode Penelitian. Jakarta: Penerbit
Erlangga.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Ilmiah. Bandung: Penerbit Banacipta.
Sopiah dan Sangadji. 2013. Manajemen Pemasaran, Edisi Revisi. Jakarta; Bumi
Aksara.
Verplanken dan Herabadi. 2014. Marketing Mix Pemasaran. Cetakan kedua.
Bandung: CV. Mandar Maju.
Wursanto. 2012. Manajemen Pemasaran. yogyakarta: Gramedia.
Zeith dan Bitner. 2013. Teori dan Konsep Perilaku Konsumen. Jakarta: Penerbit
Erlangga.
Jurnal :
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent
the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic
Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap
Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening
Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi
Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan
Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2),
119-132.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose
Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law
Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Azany (2014). Analisis Pengaruh Atmosfer Toko, Price Discount Dan Sales
Person Terhadap Impulse Buying Melalui Emotional Response (Studi
pada Konsumen Hypermarket Kota Semarang).
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on
Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Dian dan Ika (2012). Pengaruh Penempatan Produk Di Kasir Dan Sales
Promotion Terhadap Impulse Buying.Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi
Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi
Ilmu, 12(1), 55-65.
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam
Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate
Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ...
& Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and
Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In
Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP
Publishing.
Kartini (2014). Pengaruh Display Produk Dan Suasana Toko Terhadap
Keputusan Pembelian Impulsif Di Jember Roxy Square.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional
Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa
Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of
halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail
Management Research, 12(2).
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan
Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Rahmadana (2016). Pengaruh Display Produk Dan Suasana Toko Terhadap
Pembelian Impulsif Di Minimarket Eramart Cabang Lembuswana
Samarinda.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile
Matching. International Journal of Business and Management
Invention, 6(1), 73079.
Sari (2017). Pengaruh Price Discount, Sales Promotion, Dan In-Store
Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Pt Matahari
Departement Store Tbk Panakkukang.
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri
Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-
68.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap
Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli
Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment,
and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas
Pembangunan Panca Budi