Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Perceived Value Sebagai Variabel Moderating Pada Koetaradja Coffee Binjai
Abstract
Koetaradja Coffee bergerak dalam bisnis manajemen kopi, nasi goreng dan mie aceh. Masalah yang dihadapi yaitu menurunnya penjualan pada tahun 2017 dan tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Koetaradja Coffee Binjai dan apakah perceived value mampu memoderasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Koetaradja Coffee Binjai. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket pada 96 responden. Model analisis dengan regresi berganda dan pengujian dengan MRA, diolah melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Koetaradja Coffee Binjai dan apakah perceived value mampu memoderasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Koetaradja Coffee Binjai. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Perceived Value Dan Kepuasan Konsumen
Downloads
References
BUKU :
Amir, Taufik M .2011. Dinamika Pemasaran. Jkt : PT Rajagrafindo Persada.
Bhakar, Sher Singh. (2015). Customer Satisfaction or Service Quality – Identifying
Mediating Variable and Evaluating Behavioral Intention Model in Hotel Industry:
An SEM Approach.
Kotler, Phillip dan Gary Armstrong. 2013. Dasar-dasar Manjemen Pemasaran Edisi
Sembilan Jilid 1. Jakarta : Indeks.
Laksana, Fajar, 2015. Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis, Edisi 1.
Yogyakarta : Graha Ilmu.
Lupiyoadi, Rambat. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba.
Osman, Zahir. (2013). Mediating Effect of Customer Satisfaction on Service Quality
and Customer Loyalty Relationship in Malaysian Rural Tourism.
Pemayun, Tjokorda Gede Indra Dharmawangsa. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan
Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Veranda Café.
Peter, J. Paul. (2011). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi
Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Purwadi, B. 2015. Riset Pemasaran Implementasi Dalam Bauran Pemasaran. Penerbit
PT. Grafindo, Jakarta.
Ratminto dan Atik Winarsih. 2015. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar
Siry, Maharany Jana. (2015). Pengaruh Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan
Pada Jasa Tata Rias Pengantin Tunjung Seto Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai
Variabel Mediasi.
Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lufti, 2014. Analisis Data untuk Riset
Manajemen dan Bisnis. Medan: Usu Press.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan. 2015. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemaasaran.
Bogor:Penerbit Ghalia Indonesia.
Sunarto. (2015). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: UST Press.
Supranto. 2016. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa
Pasar Cetakan Ketiga. Jakarta : Rineka Cipta.Tjiptono, Fandy. 2014. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi
Ullah, Saif. (2012). Customer Satisfaction, Perceived Service Quality and
Mediating Role of Perceived Value.
Utami, Christina Whidya. 2014. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi
Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.
JURNAL :
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the
Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration
Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap
Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada
Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan
Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose
Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review,
Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on
Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi
Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-
65.
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam
Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2),
133-149.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... &
Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance
Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics:
Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional
Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas
Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal
label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management
Research, 12(2).
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di
Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International
Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri
Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap
Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2),
87-96.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and
Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan
Panca Budi.