Pengaruh Kemampuan Kerja Pegawai Dan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Tanjung Ibus Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat

  • Dewi Anasari Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Pelayanan publik dapat diartikan sebagai pemberian layanan (melayani) keperluan seseorang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. Hal ini memberikan pemahaman bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan pelayanan, hendaknya harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin agar masyarakat yang menerima pelayanan itu merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kemampuan kerja dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat baik secara parsial dan simultan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 orang yang merupakan warga desa Tanjung Ibus Kecamatan Secanggang. Model analisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan 2 variabel x yaitu kemampuan kerja dan kualitas pelayanan, sedangkan variabel y kepuasan masyarakat. Metode penelitian menggunakan deskriptif statistik. Jenis data pada penelitian ini yaitu data sekunder. Temuan penelitian ini yaitu Nilai thitung variabel kemampuan kerja (X1) adalah 4,126 > ttabel 2,006, dan nilai Sig. < 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan kerja (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat (Y) yaitu sebesar 0,383. Nilai thitung variabel pelayanan publik (X2) adalah 4,246 > ttabel 2,006, dan nilai Sig. < 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa pelayanan publik (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat (Y) yaitu sebesar 0,509. Nilai Fhitung 58,356 > nilai Ftabel 2,78. Artinya secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan kerja dan pelayanan publik erhadap variabel dependen kepuasan masyarakat (Y). Kata Kunci : Kemampuan kerja pegawai, kualitas pelayanan publik, kepuasan masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
BUKU :
Fathul Aminuddin Aziz. (2012). Manajemen dalam Persektif Islam, (Cilacap: Pustaka ElBayan
Handi Irawan. (2012). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Elex Media
Komputindo.
Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Jogiyanto. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE.
Kasmir. (2014). Manajemen Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers
Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3).
Jakarta: Salemba Empat
Marwan, (2014). Pengelolaan Karyawan. Yogyakarta: BPFE.
Nasution, Nur. (2015). Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nina Rahmayanty. (2013). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: PT Graha Ilmu.
Pasolong, Harbani. (2010). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Rahmayanty, ina. (2013). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ratminto, dan Atik Septi Winarsih. 2016. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Robbins, Stephen P. (2012). Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi edisi kelima.
Jakarta:Erlangga.
Sigit Soehardi. (2013). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: BPFE UST.
Sinambela, Lijan Poltak. (2011). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Soehardi, Sigit. (2013). Esensi Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Lukman Offset.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :
Alfabeta.2
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2011). Service, Quality & satisfaction.
Yogyakarta. Andi.
Tjiptono, Fandy. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima,
Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2014). Service Management Mewujudkan Layanan Prima,
Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Winardi. (2011). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta..
Winardi. (2012). Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: Raja
Persada.
JURNAL :
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the
Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration
Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap
Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada
Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan
Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose
Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review,
Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty
in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Dhion Gama Putra, Ratih Nur Pratiwi, Trisnawati. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil Kota Blitar). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 12, Hal. 2118-2122.
Dwiyanto,Agus. (2014). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Fahmi Rezha, Siti Rochmah dan Siswidiyanto. (2018). Analisis Pengaruh
Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi tentang Pelayanan
Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Depok). Jurnal
Administrasi Publik (JAP), Vol 1, No.5, Hal. 981-9903
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi
Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-
65.
Fernandes, C. et al. (2013). “Understanding Student Satisfaction and Loyalty in the UAE
HE Sector”. InternationalJournal of Educational Management. Vol. 27. (6), 613-630.
Haitze J. de VriesMichiel F. Reneman Johan W. Groothoff. Jan H. B. Geertzen
Sandra Brouwer. 2013. Self-reported Work Ability and Work Performance in
Workers with Chronic Nonspecific Musculoskeletal Pain
Ilmarinen, Juhani. 2009.Work ability a comprehensive concept for occupational health
research and prevention candinavian Journal of Work, Environment & Health Vol.
35, No. 1 (January 2009), pp. 1-5
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam
Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2),
133-149.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... &
Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance
Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics:
Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Linda Nur Susila, (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Kantor Kelurahan
Terhadap Kepuasan Masyarakat Kelurahan Jagalan Kecamatan Jebres Kota
Surakarta, dalam Jurnal Rural and Development, Volume 1, No. 1, , Surakarta,
h. 63-64.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional
Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas
Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal
label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management
Research, 12(2).
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di
Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Rachmat Gustiana. (2017). Pengaruh Kemampuan Kerja Pegawai Dan Kualitas
Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Menerima
Pelayanan Publik Pada Kecamatan Karawaci Kota Tangerang. Jurnal Mozaik, Vol.
IX Edisi 1. E-ISSN: 2614-8390 P-ISSN: 1858-1269.
Raharjo, Slamet; Patricia Dhiana Paramita; M. Mukeri Warso. 2016. Pengaruh
Kemampuan Kerja, Pengalaman Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja
Karyawan Dengan Kompetensi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Journal Of
Management. 2 (2).4
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International
Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri
Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas
Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and
Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan
Panca Budi.
Published
2021-05-10