Analisis Pengaruh Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Fino 125 di PT. Alfa Scorpii Binjai”
Abstract
PT. Alfa Scorpii Binjai atau disebut Alfa Scorpii dalam pedoman standar adalah perusahaan yang berkembang di dunia bisnis otomotif selama lebih dari 20 tahun sebagai dealer utama sepeda motor merek Yamaha. Jangkauan penjualan dan servisnya berpusat di daerah Sumatera Utara, NAD, Riau daratan dan kepulauan Riau .Alasan peneliti mengambil objek sepeda motor Fino 125 karena kurangnya peminat produk sepeda motor tersebut dimasyarakat dan harga jual lebih rendah dibanding kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui lebih jelas bagaimana pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian sepeda motor Fino 125 di PT. Alfa Scorpii Binjai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 75 orang responden pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pembagian kuesioner. Data yang diperoleh lalu dianalisis dengan menggunakan data statistik, yaitu dengan menggunakan analisis regresi berganda yang pengolahannya yang dilakukan dengan program SPSS versi 23. Hasil dari analisis regresi linear berganda adalah Y = 0.852 + -0.129 X1 +0.168 X2 + 0.530 X3 + 0.379 X4 + e Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial variabel Produk, Harga tidak berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Sedangkan Promosi dan Lokasi berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Fino 125 di PT. Alfa ScorpiiBinjai. Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi, Lokasi, KeputusanPembelian
Downloads
References
BUKU
Abdullah & Tantri. (2016) Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi, Penerbit :
Andi
Engel, et al (2016) Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. Penerbit : Andi
Kotler & Amstrong, Abdurrahman (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung:
Pustaka Setia
Kotler & Keller, Pakpahan. M. (2016) Manajemen Pemasaran Dalam Global,
Penerbit : Rural Develoment
Kotler & Susanto (2016) Manajemen Pemasaran Teori & Implentasi, Penerbit : Andi
Kotler, Pakpahan. M. (2016). Manajemen Pemasaran Dalam Kompetensi Global,
Penerbit : Rural Develoment Service
Manullang dan Pakpahan, (2014). Metologi Penelitian Proses Penelitian Praktis,
Penerbit : Cita Pustaka Media
Rusiadi, Surbiantoro, N. Hidayat, R. (2014). Metode penelitian (konsep, kasus dam
aplikasi SPSS, Eviews, Amos, dan Lisrel) penerbit : Usu Press
Setiadi, Sopiah dan Sangadji, M. E (2013). Prilaku Konsumen Pendekatan Praktis
disertai Himpunan Jurnal Penelitian (Edisi 1).Yogyakarta : Andy
Sopiah dan Sangadji, M. E (2013). Prilaku Konsumen Pendekatan Praktis disertai
Himpunan Jurnal Penelitian (Edisi 1).Yogyakarta : Andy
JURNAL :
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent
the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic
Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59
Achidah,Warso & Hasiolan (2016). Pengaruh Promosi, Harga Dan Desain Terhadap
Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio Gt (Study Empiris Pada Produk
Yamaha Mio Gt Di Waleri – Kendal). journal of management, volume ,2 no. 2
Affifudin & Sitohang, (2016). Pengaruh Lokasi, Promosi dan Harga Terhadap
Kepuasan Konsumen Di Wisata Bahari Lamongan.Jurnal Ilmu dan Riset
Manajemen, Vol.5 No.12Agustin, S, (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Konsumen Kebab KingGabi, Jurnal Ilmu dan Riset
Pemasaran, Vol. 5 No. 1
Alma, Affifudin & Sitohang, (2016). Pengaruh Lokasi, Promosi dan Harga Terhadap
Kepuasan Konsumen Di Wisata Bahari Lamongan.Jurnal Ilmu dan Riset
Manajemen, Vol.5 No.12
Amrullah, R. A.& Agustin, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek
Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat, Jurnal Ilmu dan Riset Pemasaran,
Vol 5 No. 7
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap
Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada
Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-
206.
Anwar, I. & Satrio, B. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Peralatan Masak di Showroom Maxim House Wares
Grand City Mall Surabaya, Jurnal Ilmu dan Riset Pemasaran, Vol. 4, No. 12
Ardiansyah R. (2012). Pengaruh Harga, Produk dan Promosi Terhadap Volumen
Penjualan Oleh Perusahaan Honda. Jurnal Ilmu & Riset Pemasaran, Vol.1 No.
12
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan
Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119-
132.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose
Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review,
Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Assauri, Ulus Algrina. A, (2013) Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Keputusan
Pembelian Mobil Dahihatsu Pada PT. Astra Internasional Manado.Jurnal EMBA,
Vol. 1 No. 4.
Babin, Daud. D, (2013). Promosi dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap
Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pembiyaan Pada PT. Bess Finance
Manado. Jurnal EMBA, Vol. 1 No. 4
Daud. D (2013). Promosi dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan
Konsumen Menggunakan Jasa Pembiyaan Pada PT. Bess Finance Manado.
Jurnal EMBA, Vol. 1 No. 4
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on
Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi
Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1),
55-65.Kodu, S. (2013). Harga Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan
Pembelian Mobil Avanza. Jurnal EMBA, Vol. 1 No.3
Hermawan H. (2015) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian
Roti Ceria Di Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol.1 No.2
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam
Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2),
133-149.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... &
Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and
Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In
Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP
Publishing.
Kusuma.,W. R. & Suwitho (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas dan
Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan.Jurnal ilmu dan Riset Pemasaran,
Vol.4. No 12
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional
Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas
Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Muanas, A. & Suhermin (2014). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap
Keputusan Pembelian Buana Indo Mobil Trada. Jurnal & Riset Manajemen Vol,
3 No. 12.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of
halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail
Management Research, 12(2).
Listyawaty, H. I (2017). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Kualitas Produk
dan Promosi Terhadap Keputusan Beli Konsumen di Pamella Empat
Yogyakarta. Jurnal JBMA, Vol. 4 No. 2
Lovelock et al, Wowor. R. V, (2013). Bauran Pemasaran Jasa, Pengaruhnya Terhadap
kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Toyota Avanza Veloz PT. Hasjrat Abadi
Manado.Jurnal Emba Vol.1 No.4
Lupiyoadi, Anwar I & Satrio B (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk
Terhadap Keputusan Pembelian Peralatan Masak di Showroom Maxim House
Wares Grand City Mall Surabaya, Jurnal Ilmu dan Riset Pemasaran, Vol. 4,
No. 12
Muanas, A. & Suhermin (2014). Pengaruh Produk,Harga dan Promosi Terhadap
Keputusan Pembelian Buana Indo Mobil Trada. Jurnal & Riset Manajemen
Vol, 3 No. 12.
Ofela, H. & Agustin, S. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kebab KingGabi, Jurnal Ilmu dan
Riset Pemasaran, Vol. 5 No. 1Payne, Wowor. R. V, (2013). Bauran Pemasaran Jasa, Pengaruhnya Terhadap
kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Toyota Avanza Veloz PT. Hasjrat Abadi
Manado.Jurnal Emba Vol.1 No.4
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan
Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Rangkuti, Listyawaty, H. I (2017). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Kualitas
Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Beli Konsumen di Pamella Empat
Yogyakarta. Jurnal JBMA, Vol. 4No. 2
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International
Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri
Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.
Selang D. A.C (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya
Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA Vol. 1
No. 3
Setiawan, W. & Sugiharto S. (2014). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan
Pembelian Toyota Avanza Tipe G Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran,
Vol. 2. No .1
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap
Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli
Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.
Susanto A. (2013). Pengaruh Promosi, Harga dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan
Pembelian Pada Batik Tulis Karang Melati Demak. Skripsi, Universitas Negeri
Semarang
Stanton, Hermawan (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap
Keputusan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen dalam Pembelian Roti Ceria
Di Jember, jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, Vol. 1 No.2
Wibowo & Soedjono (2014). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Lokasi Terhadap
Keputusan Pembelian Di “ Stupid Baker” Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset
Pemasaran Vol. 3, No.12
Widiastuti. N.(2017). Pengaruh Promosi, Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli
Konsumen Roxy Mandoga. Skripsi, Universitas Halu Oleo Kendari
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment,
and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas
Pembangunan Panca Budi.
Yuliana & Suprihadi (2016). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek dan Lokasi
Terhadap Keputusan Pembelian Dunkin Donuts Basuki Rahmat Surabaya.Jurnal
Ilmu dan Riset Pemasaran. Vol. 5 No.6