PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI AIR MINERAL MEREK CLEO (Studi Kasus Pada Kantin Branda Universitas Pembagunan Panca Budi Medan)

  • JULITA BR TARIGAN Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

ABSTRAK


Minat beli merupakan keinginan yang muncul dari dalam diri konsumen terhadap suatu produk sebagai dampak dari suatu proses pengamatan dan pembelajaran konsumen atau individu tersebut terhadap suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial kualitas produk,brand Image dan harga terhadap minat beli. Manfaat penelitian ini bagi penulis sebagai penambah pengetahuan tentang pengaruh kualitas produk, Brand Image dan harga terhadap minat beli, bagi perusahaan sebagai informasi dan panduan bagi perusahaan untuk meningkatkan minat beli melalui kualitas produk, Brand Image dan harga dikemudian hari, dan bagi pihak lain sebagai masukan dan referensi bagi peniliti selanjutnya. Hipotesis dalam peneltian ini yaitu ada pengaruh positif dan signifikan baik secara simultan dan parsial kualitas produk, Brand Image dan harga terhadap minat beli air mineral merek cleo. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif/asosiatif dan teknik penarikan sampel menggunakan non probability sampling sebanyak 92 responden yang diambil dari mahasiswa fakultas sosial sain prodi manajemen angkatan 2016 Universitas Pembagunan Panca Budi Medan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan model teknik analisis regresi linier berganda, dan diolah dengan bantuan program SPSS versi 17.00 melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji pengaruh simultan, uji pengaruh parsial, dan koefisien determinasi. Hasil analisiss kuantitatif menunjukkan bahwa variabel harga dan Brand Image berpengaruh singnifikan terhadap minat beli sedangkan variabel kualitas produk tidak berpengaruh singnifikan terhadap minat beli.


Kata Kunci : Kualitas Produk, Brand Image, Harga dan Minat Beli

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA Sumber Buku : Abdurracman. (2010). Pengantar Hukum Lingkungan Indonesia. Bandung Alumni Aedy, Hasan. (2011). Teori dan Aplikasi Ekonomi Pembangunan Perspektif Islam: Sebuah Studi Komperasi. Yogyakarta: Graha Ilmu. Arief Rakhman Kurniawan. (2013). Manager dan Supervisor. Buku Pintar Kotler dan Amstrong. (2009). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip; Amstrong, Garry. (2009). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 Erlangga, Jakarta. Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2012). Principles Of Marketing, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall published. Pride, William M. Dan O.C. Ferrel. (2010). Marketing. Fiftinth Edition, Canada: Sourth Western International Edition. Tjiptono, fandy. (2009). Strategi Pemasaran. Edisi tiga, Jakarta : Andi.Yogyakarta.

Sumber Jurnal :
Adirama, Aldi. (2012). “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pembelian Konsumen Motor Satria FU di Klaten “.Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, Vol.1, Edisi I. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Arnita, V. (2018). Pengaruh Orangtua Terhadap Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Menjadi Profesi Akuntan. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 4(2), 19-23. Asih, S. (2018). PENGARUH KONTRIBUSI PAJAK DAERAH, PENDAPATAN ASLI DAERAH, RETRIBUSI DAERAH DAN BAGI HASIL PAJAK TERHADAP BELANJA DAERAH DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PEMERINTAH KABUPATEN DAN KOTA. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 177191. Aspan, H., I. M. Sipayung, A. P. Muharrami, and H. M. Ritonga. (2017). “The Effect of Halal Label, Halal Awarness, Product Price, and Brand Image to the Purchasing Decision on Cosmetic Products (Case Study on Consumers of Sari Ayu Martha Tilaar in Binjai City)”. International Journal of Global Sustainability, ISSN 1937-7924, Vol. 1, No. 1, pp. 55-66. Aspan, H., F. Milanie, and M. Khaddafi. (2015). “SWOT Analysis of the Regional Development Strategy City Field Services for Clean Water Needs”.
International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol. 5, No. 12, pp. 385-397. Aspan, H. (2017). Aspek Hukum Dalam Bisnis: Tinjauan Atas Masalah Perlindungan Hukum Pemegang Saham Minoritas dan Masalah Penggabungan Perusahaan (Merger). ISBN 9786022692362, Halaman Moeka, Jakarta. Aspan, H., F. Milanie, A.K. Sari. (2016). “The Effect of Public Participation, Transparency, and Accountability on the Efficiency of the Distribution of the School Operational Support Funds (BOS) in Tebing Tinggi City (Case Study of Taman Siswa College)”. Prosiding International Conference on Education for Economics, Business, and Finance (ICEEBF) 2016 Universitas Negeri Malang, ISSN (Print) 2540-8372 ISSN (Online) 2540-7481, pp. 248-259. Chrisna, H. (2018). ANALISIS MANAJEMEN PERSEDIAAN DALAM MEMAKSIMALKAN PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN PADA PABRIK SEPATU FERRADINI MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2), 82-92. Dinawan, M Rhendria, (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan pembelian Studi Konsumen Yamaha Mio PT. Harpindo Jaya Semarang, Program Magister Manajemen Universitas Diponogoro, Semarang. Hidayat, Rahmat. (2009). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Nilai Pelanggan terhadap kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol.v tahun 2009. John C. Mowen dan Michael Minor. Raras (2014). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Toko Emas Karunia Di Cepu Jawa Tengah) Rahayu, S. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Kerja Karyawan di PT. Langkat Nusantara Kepong Kabupaten Langkat. JUMANT, 9(1), 115-132. Robain, W. (2012). Pengaruh pendapatan, bagi hasil, tanggungan keluarga dan religi terhadap pola konsumsi tenaga kependidikan di perguruan Islam al Ulum Terpadu Medan (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN Sumatera Utara). Saraswati, D. (2018). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Dana Perimbangan sebagai Pemoderasi di Kabupaten/Kota Sumatera Utara. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2), 54-68.
Kumala, Octaviantika Benazir (2012) . Pengaruh Word Of Mounth Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Tune Hotels Kuta-Bali. Skripsi. Universitas Indonesia. Peter dan Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat. Jakarta. Sari, Ratna Dwi Kartika (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Word Of Mouth Communication Terhadap Keputusan pembelian Pada CV. Mega Jaya Mebel Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponogoro. Wiratama, Aditya Yoga (2012). Analisis Pengaruh Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Nike Di Kota Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponogoro Semarang. Yunus, R. N. (2018). ANALISIS PENGARUH BAHASA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI JURUSAN AKUNTANSI. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 13-20.
Published
2021-06-21