Pengaruh Sales Promotion dan Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion Produk Impor pada PT Interfood Sukses Jasindo Medan

  • Krisma Elisabeth Samosir Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui lebih jelas bagaimana
pengaruh sales promotion dan store atmosphere terhadap shopping emotion.
Adapun permasalahannya yang penulis angkat yaitu: Apakah sales promotion dan
store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan
terhadap shopping emotion produk impor pada PT Interfood Sukses Jasindo
Medan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksplanatori yaitu survey
research dan causal research dengan instrumen kuesioner. Sampel yang
digunakan 189 responden, yaitu merupakan pelanggan yang pernah membeli
produk impor PT Interfood Sukses Jasindo di Supermarket Berastagi Tiara
setidaknya dua kali dalam tiga bulan terakhir dengan menggunakan purposive
sampling. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan analisis regresi
berganda yang pengelolaannya dilakukan dengan program SPSS versi 18.0. Hasil
analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel sales promotion berpengaruh
positif terhadap shopping emotion dan store atmosphere tidak berpengaruh
terhadap shopping emotion. Berdasarkan hasil penelitian, maka hipotesis diterima
yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif antara faktor-faktor sales
promotion dan store atmosphere terhadap shopping emotion Produk Impor pada
PT Interfood Sukses Jasindo Medan.

Kata Kunci: Sales Promotion, Store Atmosphere, Shopping Emotion.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku
Manullang, Marihot dan Manuntun Pakpahan. 2014. Metodologi Penelitian. Bandung: Ciptapustaka Media. Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.
JURNAL
Aini, Quratur Nur, Suharyono dan Kadarisman Hidayat. 2016. Pengaruh Atmosfer Toko dan Promosi Penjualan terhadap Shopping Emotion dan Pembelian tidak Terencana (Survei terhadap Konsumen Giant Hypermarket Mall Olympic Garden). Jurnal. 37 (1): 164-170. Andika, R. (2018). PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN PENGAWASAN TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA PT ARTHA GITA SEJAHTERA MEDAN. JUMANT, 9(1), 95-103.
Aspan, H., I. M. Sipayung, A. P. Muharrami, and H. M. Ritonga. (2017). “The Effect of Halal Label, Halal Awarness, Product Price, and Brand Image to the Purchasing Decision on Cosmetic Products (Case Study on Consumers of Sari Ayu Martha Tilaar in Binjai City)”. International Journal of Global Sustainability, ISSN 1937-7924, Vol. 1, No. 1, pp. 55-66.
Aspan, H., F. Milanie, and M. Khaddafi. (2015). “SWOT Analysis of the Regional Development Strategy City Field Services for Clean Water Needs”. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol. 5, No. 12, pp. 385-397. Aspan, H. (2017). Aspek Hukum Dalam Bisnis: Tinjauan Atas Masalah Perlindungan Hukum Pemegang Saham Minoritas dan Masalah Penggabungan Perusahaan (Merger). ISBN 9786022692362, Halaman Moeka, Jakarta. Aspan, H., F. Milanie, A.K. Sari. (2016). “The Effect of Public Participation, Transparency, and Accountability on the Efficiency of the Distribution of the School Operational Support Funds (BOS) in Tebing Tinggi City (Case Study of Taman Siswa College)”. Prosiding International Conference on Education for Economics, Business, and Finance (ICEEBF) 2016 Universitas Negeri Malang, ISSN (Print) 2540-8372 ISSN (Online) 2540-7481, pp. 248-259. Aspan, H., M. Khaddafi, I. Lestari. (2016). “The Effect of Local Taxes, Local Levies, General Allocation Funds (DAU), and Special Allocation Funds (DAK) to the Government Capital Expenditures of Banda Aceh City”. Prosiding
International Conference on Economics, Education Business and Accounting (ICEEBA) 2016 Universitas Negeri Semarang, pp. 513-526. Aspan, H. (2013). Ekonomi dan Bisnis Internasional: Kajian Kebijakan Perdagangan Luar Negeri Indonesia Dalam Menghadapi Pemberlakuan AFTA, ISBN 9786028892087, Pustaka Bangsa Press, Jakarta. Aspan, H. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia: Cara Jitu Memilih Perusahaan, ISBN 9786028892088, Pustaka Bangsa Press, Jakarta.
Fauziyah, Febrina Annisa dan Indah Fatmawati. 2017. Pengaruh Lingkungan Toko terhadap Keadaan Emosional dan Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Pengujian Model Mehrabian-Russel. Jurnal. 10 (1) : 1-20. Fuad, Muhammad. (2009). Store Atmosphere dan Perilaku Pembelian Konsumen di Toko Buku Gramedia Malang. Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gajayana, Malang. Jauhari, Miftahul. 2016. Pengaruh Promosi, Diskon, merek, Store Atmosphere, dan Shopping Emotion terhadap Impulse Buying di kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal. Tidak diterbitkan: 1-10. Kurniawati, Devi dan Sri Restuti. 2014. Pengaruh Sales Promotion dan Store Atmosphere terhadap Shopping Emotion dan Impulse Buying pada Giant Pekan Baru. Jurnal. 6 (3) : 24-37. Kwan, Oky Gunawan. 2016. Pengaruh Sales Promotion dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion sebagai Variabel Intervening pada Planet Sports Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal. 10 (1) : 27-34.
Siregar, N. (2018). ANALISIS PRODUK DAN CITRA KOPERASI TERHADAP WIRAUSAHA KOPERASI DALAM MENINGKATKAN INDUSTRI RUMAH TANGGA PADA MASYARAKAT DESA LUBUK SABAN PANTAI CERMIN KABUPATEN DELI SERDANG. JUMANT, 9(1), 79-93.
Ningsih, Elisa Hariya. 2016. Pengaruh Daya Tarik Promosi dan Cita Rasa terhadap Minat Beli Grand Keude Kupie Uleekareng. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Panca budi: Medan. Puspitasari, Aisyah Dewi dan Tri Yuniati. 2016. Pengaruh Store Atmosphere dan Promotion terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli. Jurnal. 5 (1): 1-18. Putri, Yessica Tri Amanda dan Muhammad Edwar. 2014. Pengaruh Bonus Pack dan Price Discount terhadap Impulse Buying pada Konsumen Giant Hypermarket Diponegoro Surabaya. Jurnal. Tidak diterbitkan: 1-17. Rosyida, Syafitri dan Anikm Lestari Anjarwati. 2016. Pengaruh Store Atmosfer dan Promosi Penjualan terhadap pembelian Impulsif dengan Emosi Positif sebagai Vaeiabel Intervening. Jurnal. 16 (1): 105-127. Sasmita, Agy. 2016. Analisis Pengaruh Citra Merek dan Daya Tarik Promosi terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Harian Waspada Medan. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Panca Budi: Medan. Sholihah, Ummi Mardhotus, N. Rachma dan Afi Racmat Slamet. 2017. Pengaruh Shopping Life Style, Fashion Involvement, Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying di Malang Town Square, dan Mall Olympic Garden. Jurnal. Tidak diterbitkan: 178-193. Warahma, Rizki dan Mudiantono. 2017. Pengaruh Price Discount, Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian serta Shopping Emotion sebagai Variabel Intervening. Jurnal. 6 (4): 1-12. Winawati, Nur Fahmi dan Saino. 2014. Pengaruh Store Atmosphere dan Promosi Penjualan terhadap Impulse Buying dengan Shopping Emotion sebagai Variabel (Studi pada Konsumen Hypermart Ponorogo City Center). Jurnal. Tidak diterbitkan: 1-15.
Internet:
Berita Model. 2014. Tugas dan Tanggung Jawab Sales Promotion Girls (SPG). http://beritamodels.blogspot.co.id/2014/01/tugas-dan-tanggung-jawab- sales.html. Diakses Januari 2014.
Published
2021-06-21