Analisis Pengaruh Efektivitas Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi (Program Studi Manajemen Fakultas Sosial Sains)

  • Miftah Faridhoti Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan analisis pengaruh efektivitas yang terdapat pada sistem informasi akademik yang merupakan akses utama dalam semua kegiatan perkuliahan terhadap loyalitas mahasiswa melalui kepuasan mahasiswa sebagai variabel intervening pada program studi manajemen fakultas sosial sains Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hubungan antara efektivitas terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening. Analisis dengan variabel mediasi ini digunakan untuk mengetahui berpengaruh atau tidaknya variabel mediasi tersebut. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling melalui accidental sampling (kebetulan). Data di kumpulkan dengan cara membagikan kuesioner kepada para mahasiswa program studi manajemen fakultas sosial sains Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu : (1) uji kualitas data, (2) uji asumsi klasik, (3) uji kesesuaian (test goodness of fit), (4) uji mediasi. Berdasarkan hasil penelitian, efektivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, efektivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, dan efektivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan.





Kata kunci : Efektivitas, Loyalitas, Kepuasan, Intervening

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110. Asih, S. (2018). PENGARUH KONTRIBUSI PAJAK DAERAH, PENDAPATAN ASLI DAERAH, RETRIBUSI DAERAH DAN BAGI HASIL PAJAK TERHADAP BELANJA DAERAH DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PEMERINTAH KABUPATEN DAN KOTA. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 177-191 Aspan, H., I. M. Sipayung, A. P. Muharrami, and H. M. Ritonga. (2017). “The Effect of Halal Label, Halal Awarness, Product Price, and Brand Image to the Purchasing Decision on Cosmetic Products (Case Study on Consumers of Sari Ayu Martha Tilaar in Binjai City)”. International Journal of Global Sustainability, ISSN 1937-7924, Vol. 1, No. 1, pp. 55-66. Aspan, H., F. Milanie, and M. Khaddafi. (2015). “SWOT Analysis of the Regional Development Strategy City Field Services for Clean Water Needs”. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol. 5, No. 12, pp. 385-397. Aspan, H. (2017). Aspek Hukum Dalam Bisnis: Tinjauan Atas Masalah Perlindungan Hukum Pemegang Saham Minoritas dan Masalah Penggabungan Perusahaan (Merger). ISBN 9786022692362, Halaman Moeka, Jakarta. Aspan, H., F. Milanie, A.K. Sari. (2016). “The Effect of Public Participation, Transparency, and Accountability on the Efficiency of the Distribution of the School Operational Support Funds (BOS) in Tebing Tinggi City (Case Study of Taman Siswa College)”. Prosiding International Conference on Education for Economics, Business, and Finance (ICEEBF) 2016 Universitas Negeri Malang, ISSN (Print) 2540-8372 ISSN (Online) 2540-7481, pp. 248-259. Aspan, H., M. Khaddafi, I. Lestari. (2016). “The Effect of Local Taxes, Local Levies, General Allocation Funds (DAU), and Special Allocation Funds (DAK) to the Government Capital Expenditures of Banda Aceh City”. Prosiding International Conference on Economics, Education Business and Accounting (ICEEBA) 2016 Universitas Negeri Semarang, pp. 513-526. Aspan, H. (2013). Ekonomi dan Bisnis Internasional: Kajian Kebijakan Perdagangan Luar Negeri Indonesia Dalam Menghadapi Pemberlakuan AFTA, ISBN 9786028892087, Pustaka Bangsa Press, Jakarta. Aspan, H. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia: Cara Jitu Memilih Perusahaan, ISBN 9786028892088, Pustaka Bangsa Press, Jakarta. Pramono, C. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR HARGA OBLIGASI PERUSAHAAN KEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78. Fadly, Y. (2015). Kondisi dan Kritik Sosial pada Masa Rezim Orde Baru dalam Puisi-Puisi WS Rendra. Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A Business Model Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North Sumatra, Indonesia. Bus. Manag. Strateg, 7(2), 102-120.

Indrawan, M. I., & SE, M. (2015). Pengaruh Promosi Jabatan dan Mutasi terhadap Prestasi Kerja Pegawai PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Ahmad Yani Medan. Jurnal ilmiah INTEGRITAS, 1(3).
Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam penguasaan keterampilan berbicara (speaking) bahasa Inggris. JUMANT, 9(1), 41-52. Nasution, A. P. (2019). IMPLEMENTASI E–BUDGETING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN TRANPARANSI DAN AKUNTABILITAS PEMERINTAH DAERAH KOTA BINJAI. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 9(2), 1-13. Nasution, D. A. D. (2018). Analisis pengaruh pengelolaan keuangan daerah, akuntabilitas dan transparansi terhadap kinerja rintah. Jurnal Studi Akuntansi & Keuangan, 2(3), 149-162. Malikhah, I. (2019). PENGARUH MUTU PELAYANAN, PEMAHAMAN SISTEM OPERASIONAL PROSEDUR DAN SARANA PENDUKUNG TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI. JUMANT, 11(1), 67-80. Rahayu, S. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Kerja Karyawan di PT. Langkat Nusantara Kepong Kabupaten Langkat. JUMANT, 9(1), 115-132. Aryani, Dwi, dan Febrina Rosinta. "Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan." Bisnis & Birokrasi Journal 17, no. 2 (2011). Danella, Rikat. “Analisis Efektivitas Sistem Informasi Akademik Universitas Negeri Surabaya”. Jurnal Sistem Teknologi Informasi (2013). Iskandar, Lidya. “Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Website Universitas Atmajaya dan Hubungannya dengan Loyalitas Mahasiswa”. Jurnal Metode Webqual (2012). Manullang, M dan Manuntun Pakpahan (2014). Metodologi Penelitian. Proses Penelitian Praktis. Bandung: Citapustaka Media. Nurwati, Risa dan Tuti Khairani. “Efektivitas Pengelolaan Portal Akademik Di Universitas Riau (Studi Kasus Di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). JOM : Journal Of Management FISIP Vol 1 No. 2 Oktober (2014). Pakpahan, M (2016). Manajemen Pemasaran. Dalam Kompetisi Global. Medan: Cipta Rancana Media Pakpahan. Pramudyo, Anung. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Intervening (Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta). JBMA : Journal Bisnis Management Administration – Vol 1 No. 1, Agustus (2012). Puspitasari, Elfayang Rizky Ayu, dan Abdul ROHMAN. "analisis efektivitas, efisiensi, dan Kontribusi pajak dan retribusi Daerah terhadap pad
kabupaten Blora tahun 2009-2013." PhD diss., Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 2014. Rifqiansyah, Hasbi. "Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Penagihan Pajak Aktif Terhadap Pencairan Tunggakan Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara)." Jurnal Administrasi Bisnis 15, no. 1 (2014). Rinala, Nyoman, Made Yudana, dan Nyoman Natajaya. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali”. E-Jounal Program
Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan Vol. 4 (2013). Rusiadi, Nur Sabiantoro, dan Rahmad Hidayat (2014). Metode Penelitian. Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos, Lisrel. Medan : USU Press. Selang, Christian AD. "Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart bahu mall manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1, no. 3 (2013). Sudibya, D. C. N. A. (2014). Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening (Doctoral dissertation, Program Studi Akuntansi FEB-UKSW). Widyawati N. Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen Serta Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Konsumen di Hotel Zakiah Medan. EKUITAS: Jurnal Ekonomi dan Keuangan. 2018 Sep 13;12(1):74-96. Yola, Melfa, dan Duwi Budianto. "Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan harga produk pada supermarket dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA)." Jurnal Optimasi Sistem Industri 12.12 (2013): 301-309.
Published
2021-06-21