Analisis Pengaruh Efektivitas Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi (Program Studi Manajemen Fakultas Sosial Sains)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan analisis pengaruh efektivitas yang terdapat pada sistem informasi akademik yang merupakan akses utama dalam semua kegiatan perkuliahan terhadap loyalitas mahasiswa melalui kepuasan mahasiswa sebagai variabel intervening pada program studi manajemen fakultas sosial sains Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hubungan antara efektivitas terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening. Analisis dengan variabel mediasi ini digunakan untuk mengetahui berpengaruh atau tidaknya variabel mediasi tersebut. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling melalui accidental sampling (kebetulan). Data di kumpulkan dengan cara membagikan kuesioner kepada para mahasiswa program studi manajemen fakultas sosial sains Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu : (1) uji kualitas data, (2) uji asumsi klasik, (3) uji kesesuaian (test goodness of fit), (4) uji mediasi. Berdasarkan hasil penelitian, efektivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, efektivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, dan efektivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan.
Kata kunci : Efektivitas, Loyalitas, Kepuasan, Intervening
Downloads
References
Indrawan, M. I., & SE, M. (2015). Pengaruh Promosi Jabatan dan Mutasi terhadap Prestasi Kerja Pegawai PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Ahmad Yani Medan. Jurnal ilmiah INTEGRITAS, 1(3).
Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam penguasaan keterampilan berbicara (speaking) bahasa Inggris. JUMANT, 9(1), 41-52. Nasution, A. P. (2019). IMPLEMENTASI E–BUDGETING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN TRANPARANSI DAN AKUNTABILITAS PEMERINTAH DAERAH KOTA BINJAI. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 9(2), 1-13. Nasution, D. A. D. (2018). Analisis pengaruh pengelolaan keuangan daerah, akuntabilitas dan transparansi terhadap kinerja rintah. Jurnal Studi Akuntansi & Keuangan, 2(3), 149-162. Malikhah, I. (2019). PENGARUH MUTU PELAYANAN, PEMAHAMAN SISTEM OPERASIONAL PROSEDUR DAN SARANA PENDUKUNG TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI. JUMANT, 11(1), 67-80. Rahayu, S. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Kerja Karyawan di PT. Langkat Nusantara Kepong Kabupaten Langkat. JUMANT, 9(1), 115-132. Aryani, Dwi, dan Febrina Rosinta. "Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan." Bisnis & Birokrasi Journal 17, no. 2 (2011). Danella, Rikat. “Analisis Efektivitas Sistem Informasi Akademik Universitas Negeri Surabaya”. Jurnal Sistem Teknologi Informasi (2013). Iskandar, Lidya. “Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Website Universitas Atmajaya dan Hubungannya dengan Loyalitas Mahasiswa”. Jurnal Metode Webqual (2012). Manullang, M dan Manuntun Pakpahan (2014). Metodologi Penelitian. Proses Penelitian Praktis. Bandung: Citapustaka Media. Nurwati, Risa dan Tuti Khairani. “Efektivitas Pengelolaan Portal Akademik Di Universitas Riau (Studi Kasus Di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). JOM : Journal Of Management FISIP Vol 1 No. 2 Oktober (2014). Pakpahan, M (2016). Manajemen Pemasaran. Dalam Kompetisi Global. Medan: Cipta Rancana Media Pakpahan. Pramudyo, Anung. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Intervening (Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta). JBMA : Journal Bisnis Management Administration – Vol 1 No. 1, Agustus (2012). Puspitasari, Elfayang Rizky Ayu, dan Abdul ROHMAN. "analisis efektivitas, efisiensi, dan Kontribusi pajak dan retribusi Daerah terhadap pad
kabupaten Blora tahun 2009-2013." PhD diss., Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 2014. Rifqiansyah, Hasbi. "Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Penagihan Pajak Aktif Terhadap Pencairan Tunggakan Pajak (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara)." Jurnal Administrasi Bisnis 15, no. 1 (2014). Rinala, Nyoman, Made Yudana, dan Nyoman Natajaya. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali”. E-Jounal Program
Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan Vol. 4 (2013). Rusiadi, Nur Sabiantoro, dan Rahmad Hidayat (2014). Metode Penelitian. Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos, Lisrel. Medan : USU Press. Selang, Christian AD. "Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart bahu mall manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1, no. 3 (2013). Sudibya, D. C. N. A. (2014). Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening (Doctoral dissertation, Program Studi Akuntansi FEB-UKSW). Widyawati N. Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen Serta Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Konsumen di Hotel Zakiah Medan. EKUITAS: Jurnal Ekonomi dan Keuangan. 2018 Sep 13;12(1):74-96. Yola, Melfa, dan Duwi Budianto. "Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan harga produk pada supermarket dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA)." Jurnal Optimasi Sistem Industri 12.12 (2013): 301-309.