Sistem pengendalian internal penerimaan dan pegeluaran kas pada PT. PLN (Persero) pembangkitan sumatera bagian utara sektor pembagkitan labuhan angin sibolga

  • Intan Suweno

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah sistem pengendalian internal penerimaan dan pengeluaran kas pada PT. PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Utara Sektor Pembangkitan Labuhan Angin sudah sesuai atau belum dengan sistem pengendalian internal penerimaan kas yang berlaku secara umum. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Metode analisis deskriptif adalah metode yang digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan bagaimana sistem pengendalian internal penerimaan dan pengeluaran kas pada PT. PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Utara Sektor Pembangkitan Labuhan Angin. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal penerimaan dan pengeluaran kas pada PT. PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Utara Sektor Pembangkitan Labuhan Angin telah sesuai dengan sistem pengendalian internal penerimaan dan pengeluaran kas yang berlaku secara umum. Kata Kunci: Sistem Pengendalian Internal, Penerimaan Kas, Pengeluaran Kas

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, R. (2019). ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
TERHADAP KINERJA KARYAWAN PDAM TIRTA WAMPU
STABAT. Jurnal Manajemen Bisnis (JMB), 31(1), 15-21.
Ahmad, R. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN DISIPLIN
KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. MITRA NIAGA
SEJATI JAYA-LANGKAT. JUMANT, 11(2), 137-146.
Arens A.A.: Elder, R. J.; and Baesley M.S. 2009. Auditing. Jakarta: Erlangga
Bodnar George H. dan William S. Hopwood. 2008. Sistem Informasi Akuntansi.
Yogyakarta: Penerbit. Andi
El Fikri, M., Andika, R., Febrina, T., Pramono, C., & Pane, D. N. (2020). Strategy
to Enhance Purchase Decisions through Promotions and Shopping
Lifestyles to Supermarkets during the Coronavirus Pandemic: A Case
Study IJT Mart, Deli Serdang Regency, North Sumatera.
El Fikri, M., & Dewi Nurmasari Pane, R. A. (2020). Factors Affecting Readers’
Satisfaction in" Waspada" Newspapers: Insight from Indonesia. Indexing
and Abstracting.
Fadly, Y. (2019). PERFORMA MAHASISWA AKUNTANSI DALAM
IMPLEMENTASI ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSE (ESP)
DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI (UNPAB)
MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 190-201.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M.,
... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and
Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index.
In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268).
IOP Publishing.
James. A. Hall. 2014. Sistem Informasi Akuntansi Edisi Keempat. Jakarta:
Salemba Empat
Kieso E Donald.Jerry J. Weygandt. Terry D. Warfield. 2008. Akuntansi
Intermediate. Edisi Kedua Belas. Jakarta: Erlangga.
Manoppo Rannita Margaretha. 2015. Analisis Sistem Pengendalian Intern
Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PT. Sinar Galesong Manado.
Manado: Skripsi. Universitas Sam Ratulangi Manado
Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP. STIM YKPN
Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi Edisi Keempat. Jakarta: Salemba Empat.
Malikhah, I. (2019). PENGARUH MUTU PELAYANAN, PEMAHAMAN
SISTEM OPERASIONAL PROSEDUR DAN SARANA
PENDUKUNG TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI. JUMANT, 11(1),
67-80.
Nasution, A. P., & Malikhah, I. (2021). IDENTIFIKASI STRATEGI
KEBERHASILAN LAYANAN E-GOVERMENT DI KOTA
MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 11(2), 38-45.
Nainggolan Bernhart. 2014. Analisis Sistem Kas Masuk Pada PT. PLN (Persero)
Wilayah Sumatera Utara Cabang Pematang Siantar Ranting Tebing
Tinggi. Tebing Tinggi: Skripsi. STIE Bina Karya Tebing Tinggi
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile
Matching. International Journal of Business and Management
Invention, 6(1), 73079.
RITONGA, H. M., PANE, D. N., & RAHMAH, C. A. A. (2020). PENGARUH
KUALITAS PELAYANAN DAN EMOSIONAL TERHADAP
KEPUASAN PELANGGAN PADA HONDA IDK 2 MEDAN. JUMANT,
12(2), 30-44.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T., ...
& Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And
Swot Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In
North Sumatera. International Journal of Civil Engineering and
Technology, 9(9).
Rudianto. 2009. Pengantar Akuntansi Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan
Keuangan. Jakarta: Erlangga
Roomney Marshall. B. dan Paul John Steinbart. 2014. Sistem Informasi Akuntansi
Edisi 13. Jakarta: Salemba Empat
Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi Konsep & Teknik Penyusunan Laporan
Keuangan. Jakarta: Erlangga
Sabella Meidiana Azalia. 2015. Analisis Sistem Pengendalian Intern Atas
Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada Perusahaan Distribrutor.
Semarang: Skripsi. Universitas Dian Nuswantoro
Sibarani Pirma dan Sihar Simamora. 2014. Cara Cepat Memahami Sistem Informasi
Akuntansi Dengan Pendekatan Operasional Bisnis. Medan: Politeknik
Negeri Medan
Simamora Hendry. 2010. Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis.
Jakarta: Salemba Empat
Soemarso. 2009. Akuntansi Suatu Pengantar, Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat
Sumurung Mario Caesar Piet. 2015. Analisis Pengendalian Penerimaan Dan
Pengeluaran Kas Pada PT. Manado Media Grafika. Manado: Skripsi.
Universitas Sam Ratulangi Manado
Warren Reeve Fess. 2006. Pengantar Akuntansi, Edisi 21. Jakarta: Salemba
Empat
Published
2021-06-21