Analisis Kualitas Produk Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Surya Madistrindo Medan
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Apakah kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian ulang. Apakah kepuasan konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian ulang. Apakah kualitas produk dan kepuasan konsumen secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian ulang. Apakah kualitas produk berpengaruh terhadap pembelian ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada PT. Surya Madistrindo Medan Produk GG Mild. Teknik analisis data yang digunakan adalah asosiatif kausal dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 responden. Pengambilan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian ulang. Kepuasan konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian ulang. Kualitas produk dan kepuasan konsumen secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian ulang. Kualitas produk berpengaruh terhadap pembelian ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada PT. Surya Madistrindo Medan Produk GG Mild.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen dan Pembelian Ulang
Downloads
References
Buku:
Angipora, Marius P. 2014. Dasar-Dasar Pemasaran Edisi Kedua Cetakan Kedua. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Irawan, Handi. 2013. Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip. (2013). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Buku Dua. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta. Salemba Empat.
Lupioyadi, Rambat. 2015. Manajeman Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.
Peter, J. Paul dan C. Olson, Jerry. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta : Salemba Empat.
Setiadi, Nugroho. (2015). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bandung : Kencana.
Simamora, Bilson. (2015). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Cetakan Pertama. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung. Alfabeta.
Sunardi, Anita Primastiwi. (2014). Pengantar Bisnis. Jakarta: Caps.
Sunarto. 2014. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: UST Press.
Sunyoto, Danang. (2013). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Caps.
Tjiptono, Fandy (2015). Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Andi.
Utami, Christina Whidya. (2014). Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.
Jurnal:
Ahmad, R. (2019). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Mitra Niaga Sejati Jaya-Langkat. Jumant, 11(2), 137-146.
Ananda, G. C. (2019). Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Terhadap Promosi Pegawai Pada Perguruan Panca Budi Medan. Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 102-113.
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189206.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Aspan, H. (2017). “Good Corporate Governance Principles in the Management of Limited Liability Company. International Journal of Law Reconstruction, Volume 1 No. 1, pp. 87-100.
Harahap, R. (2018). Analisa Kepuasan Kerja Karyawan Di Cv. Rezeki Medan. Jumant, 8(2), 97-102.
Baedowi, Mohammad Maftuh. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kesesuaian Harga Dan Intensitas Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Merek Rokok Djarum Super (Studi kasus pada konsumen rokok Djarum Super di kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management Volume 1, Nomor 1, Tahun 2012, Halaman 254-261 http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom
Dewi, Apriliandini Fitriani. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Marlboro (Studi Kasus Pada Perempuan Perokok di Kecamatan Tembalang Semarang). Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science Tahun 2015, Hal http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/
Harahap, R. (2018). Analisa Kepuasan Kerja Karyawan Di Cv. Rezeki Medan. Jumant, 8(2), 97-102.
Hariyanti, Annisa Dwi. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Perlengkapan Kunci Di PT. Kenari Djaja Prima Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia Volume X, No. 1, Mei 2011, halaman 47 - 87
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment (performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG Int. J. Econ. andManagement Stud, 3(6).
Hayati, Yetty Husnul. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Bebek Dan Ayam Goreng Pak Ndut Solo. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi Volume 1 No. 1 Tahun 2015, Hal. 49-56
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Hidayat, R. Rusiadi, dan M. Isa Indrawan. 2014.Teknik Proyeksi Bisnis.USU.Press
Hidayat, R., & Subiantoro, N. Rusiadi.2013. Metode Penelitian.USU Press.
Kristiana, Dian. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Rumah Makan “Lesehan 88” Madiun. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Madiun.
Indrawan, M. I., & SE, M. (2015). Pengaruh Promosi Jabatan dan Mutasi terhadap Prestasi Kerja Pegawai PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Ahmad Yani Medan. Jurnal ilmiah INTEGRITAS, 1(3).
Indrawan, M. I. (2019). Pengaruh Etika Kerja, Pengalaman Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Kecamatan Binjai Selatan. Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1851-1857.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Pratama, S. (2019). Analisa Pengaruh Sumberdaya Manusia, Prasarana Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Studi Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jumant, 11(1), 235-250.
Pratama, S. (2019). Effect of Organizational Communication and Job Satisfaction on Employee Achievement at Central Bureau of Statistics (BPS) Binjai City.
Rizky, M. C., & Ardian, N. (2019). Enhance Employee Performance For Increase Work Motivation On Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Journal Homepage: Http://Ijmr. Net. In, 7(08).
Setiawan, A. & Pratama, S.(2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Efektif Dan Pengambilan Keputusan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cv. Bintang Anugerah Sejahtera. Jumant, 11(1), 19-34.
Wakhyuni, E. (2018, October). An Empirical Investigation ofthe Effect of Workload and SOPs on Employees Work Morale. In International Conference of ASEAN Prespective and Policy (ICAP) (Vol. 1, No. 1, pp. 251-257).
Wakhyuni, E. (2019). Analisis Kemampuan, Komunikasi Dan Konflik Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt. Mitha Sarana Niaga. Jumant, 11(1), 271-278.
Yanti, E. D., & Sanny, A. (2018). The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.