Pengaruh Product Display, Label Halal dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kinder Joy Di Indomaret Ayahanda No.09
Abstract
ABSTRAK
Kinder joy merupakan kemasan yang berbentuk telur plastik dengan sebuah setrip untuk membukanya menjadi dua bagian.dimakan dengan sebuah sendok yang disertakan separuh bagian lainnya berisi sebuah mainan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh product display, label halal dan promotion. terhadap keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang datang berbelanja dengan jumlah tak-terhingga atau tidak terdektesi banyak konsumen yang berbelanja. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Data diperoleh dengan memberikan pernyataan dalam bentuk kuesioner langsungpada responden untuk memperoleh data yang valid. Model analisis data yang digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh Display Product, Label Halal dan Promotion terhadap keputusan pembelian adalah model ekonometrik dengan teknik analisis menggunakan model kuadrat terkecil biasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket/kuesioner. Berdasarkan hasil pengolahan, diketahui pengaruh product display, label halal dan promotion memiliki pengaruh simultan yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial product display, label halal dan promotion pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil Uji Determinasi bahwa besarnya R square sebesar hal ini berarti 93,1% variasi keputusan pembelian yangt bisa dijelaskan dengan variabel independen product display, label halal dan promotion sedangkan sisanya (6,9%) dijelaskan dengan variabel independen lainnya
Kata Kunci: Product Display, Label Halal, Promotion dan Keputusan Pembelian
Downloads
References
Achidah dkk. 2016. Pengaruh Promosi, Harga, dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor MIO GT. Jurnal of Management. Vol. 2 Nomor 2.
Andriani Lilik 2017. Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Bandar Lampung. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung Bandar Lampung. Hal 29. Asih, S. (2018). PENGARUH KONTRIBUSI PAJAK DAERAH, PENDAPATAN ASLI DAERAH, RETRIBUSI DAERAH DAN BAGI HASIL PAJAK TERHADAP BELANJA DAERAH DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PEMERINTAH KABUPATEN DAN KOTA. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 177-191. Aspan, H., I. M. Sipayung, A. P. Muharrami, and H. M. Ritonga. (2017). “The Effect of Halal Label, Halal Awarness, Product Price, and Brand Image to the Purchasing Decision on Cosmetic Products (Case Study on Consumers of Sari Ayu Martha Tilaar in Binjai City)”. International Journal of Global Sustainability, ISSN 1937-7924, Vol. 1, No. 1, pp. 55-66. Aspan, H., F. Milanie, and M. Khaddafi. (2015). “SWOT Analysis of the Regional Development Strategy City Field Services for Clean Water Needs”. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol. 5, No. 12, pp. 385-397. Aspan, H. (2017). Aspek Hukum Dalam Bisnis: Tinjauan Atas Masalah Perlindungan Hukum Pemegang Saham Minoritas dan Masalah Penggabungan Perusahaan (Merger). ISBN 9786022692362, Halaman Moeka, Jakarta. Aspan, H., F. Milanie, A.K. Sari. (2016). “The Effect of Public Participation, Transparency, and Accountability on the Efficiency of the Distribution of the School Operational Support Funds (BOS) in Tebing Tinggi City (Case Study of Taman Siswa College)”. Prosiding International Conference on Education for Economics, Business, and Finance (ICEEBF) 2016 Universitas Negeri Malang, ISSN (Print) 2540-8372 ISSN (Online) 2540-7481, pp. 248-259. Aspan, H., M. Khaddafi, I. Lestari. (2016). “The Effect of Local Taxes, Local Levies, General Allocation Funds (DAU), and Special Allocation Funds (DAK) to the Government Capital Expenditures of Banda Aceh City”. Prosiding International Conference on Economics, Education Business and Accounting (ICEEBA) 2016 Universitas Negeri Semarang, pp. 513526. Aspan, H. (2013). Ekonomi dan Bisnis Internasional: Kajian Kebijakan Perdagangan Luar Negeri Indonesia Dalam Menghadapi Pemberlakuan AFTA, ISBN 9786028892087, Pustaka Bangsa Press, Jakarta.
2 Bernadette, Jilly. 2013. Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA. Vol. 1 Nomor 4. ISSN 2303-1174.
Dewangga Aurelius 2010. Pengaruh Display, Promosi, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Hal 19. Dewi Ratna 2017. Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Citra Merek, Kesadaran Halal dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Luwak White Koffi (Studi Kasus Konsumen Wilayah Stabat). Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Hal 21. Dwi, Allan dkk. 2013. Analisis Pengaruh Display Produk, Promosi Below the line, dan Emosi Positif Terhadap Keputusan Pembelian Implusif Pada Sri Ratu Departement Store. Journal Management. Vol. 2 Nomor ISSN (Online) : 2337-3792 Evelina, Nela, dkk. 2012. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomselflexi. Jurnal of social and Politic. Hal. 1- 11 Hidayah Rahmawati 2016. Analisis Pengaruh Kemasan dan Label Halal terhadap keunggulan bersaing Toko Mawar bakery dan Cake Shop Medan. Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Hal 18 Lindungbulan, Putri. 2016. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Sosis Di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol. 5 Nomor 1. Manik, Eka Febri Triyanti 2018. Pengaruh Produk Display terhadap minat beli setudi pada
3 Transmart Plaza Medan Fair. Skripsi Universitas Sumatra Utara. Hal 41 Masitoh Kharina 2017. Pengaruh Promosi Dan Citra Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wafer Recheese Nabati (Studi Kasus Konsumen Di Smarco Store). Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Hal 26. Monica Jessica. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan harga terhadap Brand Switching dalam pembelian Kartu Sim pada Pengguna Smartphone Android. Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pembangunan Panca budi Medan. 2017 Nomor 11 Putri, Tengku dkk. 2017. Pengaruh Label Halal dan Bonus dalam Kemasan terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kinder Joy pada Masyarakat Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol. 6 Nomor 2. Rahayu, S. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Kerja Karyawan di PT. Langkat Nusantara Kepong Kabupaten Langkat. JUMANT, 9(1), 115-132. Weenas,Jackson R.S. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA. Vol. 1 Nomor 4. ISSN 2303-1174. Yogiantoro,Very, dkk. 2014. Pengaruh dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif di Jember Roxy Square Kab. Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa. Hal. 1 (I) : 1-7