ANALISIS GAYA HIDUP, PERSEPSI KONSUMEN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LUWAK WHITE KOFFIE (Studi Kasus Kantin Universitas Pembangunan Panca Budi)
Abstract
ABSTRAK
Universitas Pembangunan Panca Budi adalah salah satu Universitas yang ada di kota Medan. Yaitu suatu yayasan yang dimiliki oleh Prof. Dr. H. Kadirun Yahya yang berdiri sejak tahun 1956 sampai dengan sekarang.Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Gaya Hidup, Persepsi Konsumen, Kepercayaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Luwak White Koffie (Studi Kasus Kantin Universitas Pembangunan Panca Budi). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui apakah ada pengaruh Gaya Hidup, Persepsi Konsumen, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Luwak White Koffie (Studi Kasus Kantin Universitas Pembangunan Panca Budi). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden sebanyak 138 orang tersebut.Model yang digunakan yaitu regresi linier berganda, yang diolah dengan program SPSS versi 21. Gaya Hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Luwak White Koffie (Studi Kasus Kantin Universitas Pembangunan Panca Budi). Persepsi Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Luwak White Koffie (Studi Kasus Kantin Universitas Pembangunan Panca Budi). Kepercayaan tidak berpengaruh dan secara statistik tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian Luwak White Koffie (Studi Kasus Kantin Universitas Pembangunan Panca Budi). Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara variabel Gaya Hidup (X1), Persepsi Konsumen (X2), dan Kepercayaan (X3) terhadap Keputusan Pembelian Luwak White Koffie (Studi Kasus Kantin Universitas Pembangunan Panca Budi Medan). Hasil determinasi yang diperoleh dari Gaya Hidup (X1), Persepsi Konsumen (X2), dan Kepercayaan (X3) yaitu nilai Adjusted R Square adalah sebesar 0,409 (40,9%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 40,9% variasi variabel bebas: Gaya Hidup (X1), Persepsi Konsumen (X2) dan Kepercayaan (X3) pada model regresi memiliki kontribusi untuk variabel Keputusan Pembelian Luwak White Koffie (Studi Kasus Kantin Universitas Pembangunan Panca Budi) (Y) sedangkan sisanya 59.1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Misalnya: varian produk, harga, iklan dan lain-lain.
Kata Kunci: Gaya Hidup, Persepsi Konsumen, Kepercayaan, dan Keputusan Pembelian.
Downloads
References
Kholik, K. (2018, October). Effect of Self-Eficacy and Locus of Control on Small and Medium Entertainment Small Scale. In International Conference of ASEAN Prespective and Policy (ICAP) (Vol. 1, No. 1, pp. 214-225). Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Princeples Of Marketing Edisi 13 England: Pearson. Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga. Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga. Kuncoro, M. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi 4. Jakarta: Erlangga. Hidayat, R. (2018). KEMAMPUAN PANEL AUTO REGRESSIV DISTRIBUTED LAG DALAM MEMPREDIKSI FLUKTUASI SAHAM PROPERTY AND REAL ESTATE INDONESIA. JEpa, 3(2), 133-149. Manullang, M., & Pakpahan, M. (2014). Metodologi Penelitian Proses Penelitian Praktis. Bandung: Citapustaka Media. Nur, L. (2016). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pada PT. Telkomsel di Kota Kediri. Ilmu Ekonomi & Manajemen , 3 (2), 61-74. Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset. Setiadi. (2010). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.. Soewito, Y. (2013). Kualitas Produk, Merek, dan Desain Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio. Ekonomi , 1 (3). 20-45. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian Cetakan Ketujuh. Bandung: CV. Alfabeta. Suprapto, R. (2016). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Kepercayaan Terhadap Sikap Loyalitas Peserta BPJS Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Ilmu Ekonomi & Manajemen , 2 (1), 44-53.
93
94 94
Suryani, T. (2012). Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Walgito, B. (2010). Pengantar Psikolog Umum. Yogyakarta: CV Andi Offset. Wong, D. (2017). Pengaruh Ability, Benevolence dan Integrity Terhadap Trust, Serta Implikasinya terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce: Studi Kasus pada Pelanggan E-Commerce di UBM. Riset Manajemen dan Bisnis , 2 (2), 155-168.