Analisis market value added dan price earning ratio terhadap return saham pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di bursa efek Indonesia dengan economic value added sebagai variabel pemoderasi
Abstract
ABSTRAK Pasar modal merupakan instrument keuangan penting dalam suatu perekonomian yang berfungsi memobilisasi dana dari masyarakat ke sektor produktif. Kehadiran pasar modal memperbanyak altenatif pilihan perusahaan untuk mendapatkan sumber daya (khususnya dana jangka panjang). Return saham merupakan hasil yang diperoleh dari suatu investasi. Return saham merupakan suatu faktor yang mempengaruhi minat investor untuk melakukan investasi, dengan tingginya tingkat pengembalian yang diberikan perusahaan kepada investor, maka menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memiliki kinerja perusahaan yang baik, sehingga investor yakin bahwa perusahaan tersebut akan memberikan efek yang positif terhadap saham yang telah ditanamkan investor pada pasar modal. Beberapa yang mempengaruhi return saham yaitu Market Value Added, Price Earning Ratiodan Economic Value Added. Market Value Added adalah perbedaan antara nilai pasar ekuitas suatu perusahaan dengan nilai buku. Price Earning Ratio adalah Rasio pasar yang berhubungan dengan laba per saham, sedangkan Economic Value Added adalah Pengukuran kinerja yang didasarkan pada keuntungan ekonomis yang menyatakan bahwa kekayaan hanya diciptakan ketika sebuah perusahaan meliputi biaya operasi dan biaya modal. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah market value added dan price earning ratio secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap return saham pada perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, serta apakah Economic Value Added mampu memoderasi hubungan antara market value added dan price earning ratio terhadap return saham pada perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan adalah laporan tahunan dari masing-masing perusahaan, yang dipublikasikan melalui website www.idx.go.id. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desain kasual, dengan pengujian asumsi klasik, serta analisis statistik. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah puposive sampling dengan total sampel sebanyak 10 perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan data dari tahun 2014 – 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa market value added dan price earning ratio secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap return saham pada perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Economic Value Added mampu memoderasi hubungan antara market value added dan price earning ratio terhadap return saham pada perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kata Kunci : Market Value Added, Price Earning Ratio, Return Saham Dan Economic Value Added
Downloads
References
Aletheari, Ida Ayu Made. (2016). Pengaruh Earning Per Share, Price Earning
Ratio, Dan Book Value Per Share Pada Harga Saham.
Berakon, Izra, 2012. “Analisis Pengaruh Economic Value Added, dan Return On
Investment terhadap Return Saham pada Perusahaan yang Terdaftar di
Jakarta Islamic Index”, Skripsi, Fakultas Syariah dan Hukum Universitas
Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston, 2010. Dasar-dasar Manajemen
Keuangan, Buku 1 Edisi 11, Salemba Empat, Jakarta.
Erlina, 2010. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen,USU
Press, Medan.
Fadly, Y. (2019). PERFORMA MAHASISWA AKUNTANSI DALAM
IMPLEMENTASI ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSE (ESP)
DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI (UNPAB)
MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 190-201.
Fadly, Y. (2011). An Analysis Of Main Character Conflicts In M.J. Hyland’s Carry Me
Down.
Furda, Yani Prihatini Eka, Muhammad Arfan, dan Jalaluddin, 2012. “Pengaruh
Earning Per Share, Economic Value Added, dan Risiko Sistematik Terhadap
Return Saham”, Jurnal Akuntansi, Vol. 2, N0. 1, Hal. 116-126.
Ghozali, Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multavariat dengan Program SPSS. Edisi
Keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Horne, Van James C dan Jhon M. Wachowicz, 2012, Prinsip-Prinsip Manajemen
Keuangan, Buku 2 Edisi Kedua Belas, Salemba Empat, Jakarta.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... &
Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and
Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In
Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP
Publishing.
Jogiyanto, H. M, 2013. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi Ketiga,
BPFE, Yogyakarta.
Kaplan, R. S. dan Anthony A. Atkinson, 2010. Advance Management Accounting.
Third Edition, Upper Saddle River, Prentice Hall.
Nirayanti, Luh Putu Ratih dan Ni Luh Sari Widhiyani. 2014. “Pengaruh
Kebijakan Dividen, Debt To Equity Ratio, dan Price Earning Ratio pada
Return Saham”, Jurnal Akuntansi Hal 803-815
Pasaribu, Josua Torang, 2012. Pengaruh Analisis Price Earning Ratio, Price Book
Value, dan Economic Value Added, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas
Sumatera Utara.
Puspitadewi, Cokorda Istri Indah. (2016). Pengaruh Der, Roa, Per Dan Eva
Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Food And Beverage Di BEI.
Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia
Pane, D. N. (2018). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BOTOL SOSRO (STUDI
KASUS KONSUMEN ALFAMART CABANG
AYAHANDA). JUMANT, 9(1), 13-25.
Pane, D. N., El Fikri, M., & Siregar, N. (2020). UPAYA PENINGKATAN
REPURCHASE INTENTION MELALUI SOSIAL MEDIA DAN WORD
OF MOUTH TERHADAP HOTEL PARBABA BEACH DI DAERAH
PARIWISATA KABUPATEN SAMOSIR. JUMANT, 12(1), 12-20.
Rahayu, Elok Puji. (2017). Pengaruh EPS, RI, EVA, MVA, PER Terhadap Return
Saham Pada Perusahaan Manufaktur. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment
in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile
Matching. International Journal of Business and Management
Invention, 6(1), 73079.
RITONGA, H. M., PANE, D. N., & RAHMAH, C. A. A. (2020). PENGARUH
KUALITAS PELAYANAN DAN EMOSIONAL TERHADAP
KEPUASAN PELANGGAN PADA HONDA IDK 2 MEDAN. JUMANT,
12(2), 30-44.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T.,
... & Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And
Swot Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In
North Sumatera. International Journal of Civil Engineering and
Technology, 9(9).
Setiawan, N., Nasution, M. D. T. P., Rossanty, Y., Tambunan, A. R. S., Girsang,
M., Agus, R. T. A., ... & Nisa, K. (2018). Simple additive weighting as
decision support system for determining employees salary. Int. J. Eng.
Technol, 7(2.14), 309-313.
Setiawan, N., Wakhyuni, E., & Siregar, N. A. (2020). Recruitment Analysis on
Employee Performance With Variable Control As Moderating On
Manufacturing Company. Ilomata International Journal of Management,
1(3), 102-111.
Setiawan, N. (2018). PERANAN PERSAINGAN DALAM MENINGKATKAN
KUALITAS PELAYANAN (Resistensi Terhadap Transformasi
Organisasional). JUMANT, 6(1), 57-63.
Sofis, Kidzip De. (2015). Pengaruh Price Earning Rato, Economic Value Added,
Market Value Added Dan Net Profit Margin Terhadap Return Saham Pada
Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)
Periode 2009 – 2012. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
Tanjungpinang.
Stice, Earl K., James D. Stice dan K. Fred Skousen, 2010. Akuntansi Intermediate,
Edisi Keenam Belas, Buku 1, Salemba Empat, Jakarta.
Young, S. David dan Stepehen F. O’byrne, 2011. EVA dan Management
Berdasarkan Nilai, Salemba Empat, Jakarta.
Zubir, Zalmi, 2011. Manajemen Portofolio: Penerapannya dalam Investasi
Saham, Salemba Empat, Jakarta.
www.idx.co.id
www.sahamok.com