Analisis Pengaruh Kepuasan Wisatawan Terhadap Kunjungan Kembali Wisatawan (Revisit Intention) di Kuil Shri Mariamman Medan Dengan Service Quality Sebagai Variabel Moderating)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk menguji Analisis Service Quality dan Kunjungan Kembali terhadap Kepuasan Wisatawan pada obyek wisata religi belum banyak dilakukan. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 95 responden dan sampel yang digunakan adalah seluruh wisatawan yang sedang mengunjungi Kuil Shri Mariaman Medan. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh simultan, parsial dan moderasi dimensi Service Quality, dimensi Kunjungan Kembali terhadap Kepuasan Wisatawan dan Kepuasan yang memoderasi hubungan antara Service Quality terhadap Kunjungan Kembali Wisatawan. Metode analisis data dilakukan dengan metode Regresi linear berganda. Uji F menghasilkan nilai Fhitung 186,058 sedangkan Ftabel sebesar 2,70 yang artinya Service Quality dan Kepuasan Wisatawan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Kunjungan Kembali Wisatawan. Thitung menghasilkan 5,125 > 1,661 Ttabel, yang artinya, Service Quality berpengaruh signifikan secara parsial mempengaruhi Kunjungan Kembali Wisatawan, dan Thitung 3,952 >1,661 Ttabel yang artinya, Kepuasan berpengaruh signifikan secara parsial mempengaruhi Kunjungan Kembali Wisatawan dan hasil uji moderasi senilai 0,553 > 0,05 yang artinya kepuasan Wisatawan merupakan variabel yang tidak cukup kuat memoderasi hubungan antara Service Quality dan Kunjungan Kembali Wisatawan.
Kata Kunci: Service quality, Kunjungan Kembali, Kepuasan Wisatawan.
Downloads
References
Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management, Edisi Kedua, Yogyakarta : Penerbit: Andi Yogyakarta. Zeithaml, V., Bitner, M. & Gremier, D. (2009). Service Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm: 5th Edition. Singapore: Mcgraw Hill. Zeithaml, V., Bitner, M. & Gremier, D. (2013). Service Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm: 6th Edition. Singapore: Mcgraw Hill.
Jurnal:
Aryani, D., & Rosinta, F. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Bisnis & Birokrasi Journal, 17(2). Aspan, H., I. M. Sipayung, A. P. Muharrami, and H. M. Ritonga. (2017). “The Effect of Halal Label, Halal Awarness, Product Price, and Brand Image to the Purchasing Decision on Cosmetic Products (Case Study on Consumers of Sari Ayu Martha Tilaar in Binjai City)”. International Journal of Global Sustainability, ISSN 1937-7924, Vol. 1, No. 1, pp. 55-66. Aspan, H., F. Milanie, and M. Khaddafi. (2015). “SWOT Analysis of the Regional Development Strategy City Field Services for Clean Water Needs”. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol. 5, No. 12, pp. 385-397. Aspan, H. (2017). Aspek Hukum Dalam Bisnis: Tinjauan Atas Masalah Perlindungan Hukum Pemegang Saham Minoritas dan Masalah Penggabungan Perusahaan (Merger). ISBN 9786022692362, Halaman Moeka, Jakarta. Aspan, H., F. Milanie, A.K. Sari. (2016). “The Effect of Public Participation, Transparency, and Accountability on the Efficiency of the Distribution of the School Operational Support Funds (BOS) in Tebing Tinggi City (Case Study of Taman Siswa College)”. Prosiding International Conference on Education for Economics, Business, and Finance (ICEEBF) 2016 Universitas Negeri Malang, ISSN (Print) 2540-8372 ISSN (Online) 2540-7481, pp. 248-259. Aspan, H., M. Khaddafi, I. Lestari. (2016). “The Effect of Local Taxes, Local Levies, General Allocation Funds (DAU), and Special Allocation Funds (DAK) to the Government Capital Expenditures of Banda Aceh City”. Prosiding International Conference on Economics, Education Business and Accounting (ICEEBA) 2016 Universitas Negeri Semarang, pp. 513526.
Aspan, H. (2013). Ekonomi dan Bisnis Internasional: Kajian Kebijakan Perdagangan Luar Negeri Indonesia Dalam Menghadapi Pemberlakuan AFTA, ISBN 9786028892087, Pustaka Bangsa Press, Jakarta. Aspan, H. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia: Cara Jitu Memilih Perusahaan, ISBN 9786028892088, Pustaka Bangsa Press, Jakarta.
Basiya, R., &Rozak, H. A. (2012).Kualitas Daya Tarik Wisata, Kepuasan Dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara Di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan, 11(2). Cole, S. T., & Chancellor, H. C. (2009). Examining the festival attributes that impact visitor experience, satisfaction and revisit intention. Journal of Vacation Marketing, 15(4), 323- 333. Dwiputra, R. (2013). Preferensi Wisatawan Terhadap Sarana Wisata Di Kawasan Wisata Alam Erupsi Merapi Journal Of Regional And City Planning, 24(1), 35-48. Denis., F. R. (2016). Analisis Pengaruh Motivasi, Pengalaman, Daya Tarik, Dan Reputasi Terhadap Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Pada Obyek Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran (Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional" Veteran" Yogyakarta). El Fikri, M. (2018).Dampak Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Kepuasan Wisatawan Kebumi Perkemahan Sibolangit.Jumant, 8(2), 58-67. Fahlevi, A. R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Revisit Intention Dan Recommendation Intention (Studi Pada Wisatawan Mancanegara Yang Berkunjung Ke Batam. Journal Of Accounting & Management Research, 13(2), 112-123. Harahap, K. A. E. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Museum Ronggowarsito Semarang,”.Fakultasekonomi&Bisnis. Humaira, A., &Wibowo, L. A. (2017).Analisis Faktor Elektronik Word Of Mouth (Ewom) Dalam Mempengaruhi Keputusan Berkunjung wisatawan.Tourism & Hospitality Essentials (The) Journal, 6(2), 1049-1060.
Kaihatu, T. S. (2008). Analisa Kesenjangan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Pengunjung Plaza Tunjungan Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 10(1), 66-83. Kalebos, F. (2016).Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daerah Wisata Kepulauan.Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3). Khasani, M. A., &Arianti, F. (2014).Analisisfaktor-Faktor Yang Mempengaruh Ikunjungan Wisatawan Di Pantai Cahaya, Weleri, Kabupaten Kendal (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis). Konsumen Dan Perilaku Pembelian Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitasudayana, 2. Nusantini, N. L. A. (2016). Atribut Destinasi Yang Mempengaruhi Loyalitas Wisatawan Berkunjung Ke Kawasan Sanur. Jurnal Master Pariwisata (Jumpa). Naidoo, P., Ramseook-Munhurrun, P., & Seegoolam, P. (2011). An Assessment of Visitor Satisfaction with Nature-Based Tourism Attractions. Panjaitan, I. (2016). Pengaruh Pelayanan Dan Harga Pada Go-Jek Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Minat Sebagai Variabel Moderating (Study Kasus Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta). Media Studi Ekonomi, 19(2). Prayag, G. (2009). “Tourists’ Evaluation Of Destination Image, Satisfaction And Future Behavioral Intentions—The Case Of Mauritius.”Journal Of Travel & Tourism Marketing, 26 (8): 836-53. Putra, I. G. N., Sudiarta, I. N., &Mananda, I. G. S.(2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Nia Tberkunjung Kembali Wisatawan Mancanegara Kedayatarik Wisata Alas Pala Sangeh. Jurnalipta, 4(2), 1-6. Putro, S. W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-9. Sejahtera, N. H., &Amp; Sutopo, S. (2011). Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Setiawina, N. D., & Yuliarmi, N. N. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Pada Daya Tarik Wisata Di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7, 279-308. Setiyawati, A. (2009). Studi Kepuasan Pelanggan Untuk Mencapai Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Konsumen Took Bangunan Bangun Rejeki Semarang) (Doctoral Dissertation, Universitasdiponegoro). Simpala, M., &Damanik, D.(2012).Analisa Pengaruh Kepuasan Pengunjung Terhadap Keinginan Untuk Berkunjung Kembali Pada Taman Wisata Permandian Air Panas tirtasanita.).
Suparni, S. (2018).Hubungan keterampilan Dan Komunikasi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan terpadu Satu pintu (Dpmptsp) Kabupaten Purworejo (Doctoral Dissertation, Faculty Of Social And Political Sciences). Ulus, A. A. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Pada Pt. Astra Internasional Manado.Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan akuntansi, 1(4). Widjoyo, I. O. (2013).Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Padalayanan Drive Thru Mcdonald’sbasukirahmat Di Surabaya.Jurnal Strategi Pemasaran, 1(1). Widyaningtyas, R. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruh Iloyalitas Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Kereta Api Harina (Studipada Pt. Keretaapi Indonesia Daop Iv Semarang) (Doctoral Dissertation, Universitasdiponegoro). Yunantias, W., & Kusumawardhani, A. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Kunjung Pada Obyek Wisata Pantai Widuri Di Pemalang (Doctoral Dissertation, Fakultasekonomikadanbisnis). Zamora, R. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Pembayaran Rekening Listrik B’right Pt. Pln Batam Pada Unit Pelayanan Batam Centre. Bening, 4(1).
URL: https://www.google.com/search?client=firefox-b&q=pengertian+pariwisata+menurut+para+ahli https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/03/pengertian-pemasaran-menurut-para-ahli- lengkap.html https://www.wartaekonomi.co.id/read10828/inilah-fakta-pertumbuhan-rumah-ibadah- diindonesia.html https://id.wikipedia.org/wiki/Obyek_wisata https://sukmaningtiyasputri77.wordpress.com/objek-wisata-di-indonesia/definisi-objek-wisata