Strategi Pemungutan Penerimaan Pajak Reklame Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Medan
Abstract
ABSTRAK
Kota Medan sebagai kota lintas yang potensial dan strategis dalam memaksimalkan pendapatan asli daerah melalui sektor pajak daerah, misalnya pajak reklame. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan serta kontribusi pajak reklame terhadap pajak daerah dengan mengukur efektifitas pajak reklame, dan menentukan strategi pemungutan pajak reklame guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis pertumbuhan dan kontribusi, analisis rasio efektivitas serta analisis perumusan strategi pemungutan penerimaan pajak. Hasil penelitian analisis rasio pertumbuhan dan kontribusi menunjukkan bahwa kinerja pemungutan penerimaan pajak reklame tidak berhasil, hasil analisis rasio efektifitas menunjukkan bahwa pemungutan pajak reklame tidak berjalan dengan efektif. Disarankan Pemerintah Kota Medan untuk meningkatkan pengawasan, dan penertiban petunjuk teknis pemungutan pajak reklame serta peningkatan sumber daya manusia
Kata Kunci : Pajak Reklame, Pertumbuhan dan Kontriusi, Efektifitas, Strategi, Kota Medan.
Downloads
References
BUKU :
Abdul Halim. 2007. Akuntansi Sektor Publik. Akuntansi Keuangan Daerah Jakarta: Salemba Empat.
Arisma. 2016. Analisis Pemungutan Pajak Reklame Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru.
Godfrey, Jayne, Allan Hodgson, Ann Tarca, Jane Hamilton, and Scott
Holmes. Accounting Theory, 7thEd. John Wiley & Sons. 2010.
Halim A. 2004. Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta (ID): UPP AMP YKPN.
Mahmudi. 2010. Manajamen Keuangan Daerah. Jakarta (ID): Erlangga. Mardiasmo. 2011. Perpajakan: Edisi Revisi Tahun 2011. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Resmi, Siti, 2013. Perpajakan Teori dan kasus. Jakarta: Salemba.
Shara, May. (2018). Analisis Anggaran sebagai Alat Pengawasan Pajak Reklame pada Dinas Pendapatan Asli Daerah Kota Medan.
Siagian, Sondang P. (2013). Perpajakan Indonesia. Edisi Ketiga, Salemba Empat, Jakarta.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Soemitro, Rochmat. (2012). Ensiklopedia Perpajakan, Salemba Empat, Jakarta.
JURNAL :
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189206.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119132.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-65.
Handoko, Sri. 2013. Analisis Tingkat Efektifitas Pajak Daerah sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah Pontianak. Jurnal Ekonomi Daerah. Volume I, No. 1 2013
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Khairunnisa. Pajak Hotel dan Pajak Restoran sebagi Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) (Studi Kasus: Kota Bandung). Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. Vol. 22 No. 3. (Desember 2011).
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Ridwan. Kontribusi Pajak Reklame dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Numukan. Jurnal Administrasi Negara. Vol 1. No 02. (2013).
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.
PERUNDANG-UNDANGAN :
Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2012 tentang Pajak Reklame.
UU No. 18 Tahun 1997. Tentang Pajak Daerah dan Kontribusi Daerah.
UU No. 22 Tahun 1999. Tentang Otonomi Daerah.
UU No. 25 Tahun 1999. Tentang Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat Dan Pemerintah Daerah.
UU No. 28 Tahun 2009. Tentang Pajak Daerah dan Kontribusi Daerah.
UU No. 32 Tahun 2004. Tentang Otonomi Daerah.
UU No. 33 Tahun 2004 Pasal 1. Tentang Perimbangan Keuangan Antar Pusat dan Daerah.
UU No. 34 Tahun 2000. Tentang Pajak Daerah.
UU No. 65 Tahun 2011. Tentang Pajak Daerah.