Analisis Atribut Produk, Gaya Hidup Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mobil Nissan Di PT. Wahana Trans Lestari Medan
Abstract
ABSTRAK
PT. Wahana Trans Lestari Medan adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penjualan Mobil Nissan khususnya di Medan. Mobil telah menjadi kebutuhan yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Tingginya kebutuhan akan transportasi membuat industry mobil berkembang cukup pesat, sampai saat ini terdapat banyak perusahaan industry mobil bersaing untuk menguasai pasar dalam negeri. Berikut adalah komposisi pasar industry mobil yang bersaing di pasar dalam negeri..Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Atribut Produk, Gaya Hidup Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mobil Nissan Di PT. Wahana Trans Lestari Medan baik secara parsial dan simultan. Metode penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 23. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 87 orang. Hasil penelitian Atribut produk, gaya hidup dan sikap konsumen secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.Atribut produk sercara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.Gaya hidup sercara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.Sikap konsumen sercara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci :Atribut Produk, Gaya Hidup, Sikap Konsumen, Keputusan Pembelian
Downloads
References
Buku:
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, Jill. (2005). Costumer Loyalty. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2014). Principles of Marketing: 15th edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Kotler, Philip dan Keller K Lane. (2012). Marketing Management, 14th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Kotler. (2012). Manajemen Pemasaran. Alih bahasa Benyamin Molan. Edisi Kedua Belas. Jilid 2. PT. Indeks.
Manullang M. danManuntun Pakpahan. (2013). Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global. Medan: Pakpahan Press
Minor dan Mowen. (2008). Manajemen Pemasaran. Semarang: Abadi Pustaka.
Mondey. (2009). Gaya Hidup Konsumen. Jakarta: PT. Nusantara Pustaka.
Pakpahan, Manuntun. (2013).Metodologi Penelitian. Medan: Pakpahan Press
Pride, William M dan O.C. Ferrel. (2008). Marketing 2012 edition. USA: South-Western College Pub.
Robbins. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Pustaka.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta : ANDI
Schiffman, l.G. dan Kanuk, Leslie L. (2013). Consumer Behavior. 8th edition. NewJersey: Prentice Hall.
Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.
Sekaran, Uma. (2006). Research Method For Business. 4th. Ed. Jakarta: Salemba Empat.
Setiadi, N. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Simamora, B. (2006). Paduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Singarimbun. (2008). Metode Penelitian Survai. Jakarta : LP3ES.
Sinulingga, Sukaria. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Medan: USU Press
Stanton, William J. (2013). Prinsip Pemasaran. Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang, (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Buku Seru.
Sunyoto, Danang, (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi : Alat Statistik dan Analisis Output Komputer. Yogyakarta: CAPS.
Suryani, Tatik. (2011). Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Graha Ilmu
Tjiptono, Fandy(2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset
Tjiptono, Fandy(2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset
Umar, Husen. (2008). Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
JURNAL :
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 5565.
Fitriani, D., Ramayani, C., & Areva, D. (2013). Pengaruh Gaya Hidup dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Pond's Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat.Skripsi: STKIP PGRI Sumatera Barat.
Girsang, Prima Viany Lestari. (2017). Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek dan Sikap Konsumen dalam Melakukan Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Ekstensi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara, Medan
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).
Ong, Ian Antonius dan Sugiono Sugiharto. (2013). Analisis Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pelanggan Di Cincau Station Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1 No. 2. Hal: 67-78
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Rossanty, Yossie dan M. Dharma Tuah Putra Nasution. (2016).Pengaruh Atribut Produk Dan Label Halal Sebagai Variabel Moderating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kemasan Di Kota Medan. Jurnal Manajemen Tools Vol. 6 No 1. Juni 2016 ISSN : 2088-3145. Hal: 34-44
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.
Simanjuntak, Aprita. 2012. Pengaruh Gaya Hidup dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Pada Mahasiswa Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi USU.Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara, Medan.