Analisis Pengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Minat Masuk Mahasiswa Baru Pada Universitas Potensi Utama Medan. ( Studi Kasus Pada Fakultas Seni Dan Desain )
Abstract
ABSTRAK
Universitas Potensi Utama sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang menjalankan penyelenggaraan pendidikan tinggi di Kota Medan yang sedang menghadapi persaingan yang sangat ketat. Oleh sebab itu, Universitas Potensi Utama dituntut untuk dapat memberikan penyelenggaraan pendidikan tinggi yang berkualitas agar minat mahasiswa untuk kuliah di Universitas Potensi Utama menjadi tinggi. Hanya dengan minat mahasiswa yang tinggi untuk kuliah di Universitas Potensi Utama yang dapat menjadikan Universitas Potensi Utama tetap bertahan dan mampu menghadapi setiap persaingan yang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa Promosi, Persepsi Harga dan Lokasi berpengaruh terhadap Minat Masuk Mahasiswa Baru di Fakultas Seni dan Desain Universitas Potensi Utama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang terdaftar di Fakultas Seni dan Desain Universitas Potensi Utama Medan. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 310 orang. Banyak sampel pada penelitian ini sebanyak 76 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data kuesioner akan diuji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Selanjutnya dilakukan analisa data dengan menggunakan regresi linear berganda dan koefisien determinasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap minat masuk mahasiswa baru di Fakultas Seni dan Desain Universitas Potensi Utama. Harga berpengaruh signifikan terhadap minat masuk mahasiswa baru di Fakultas Seni dan Desain Universitas Potensi Utama. Lokasi berpengaruh signifikan terhadap minat masuk mahasiswa baru di Fakultas Seni dan Desain Universitas Potensi Utama. Promosi, Persepsi Harga dan Lokasi berpengaruh signifikan terhadap minat masuk mahasiswa baru di Fakultas Seni dan Desain Universitas Potensi Utama. Kemampuan Promosi, Harga dan Lokasi menjelaskan minat masuk mahasiswa baru di Fakultas Seni dan Desain Universitas Potensi Utama adalah sebesar 50,70% sedangkan sisanya sebesar 49.30% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak masuk ke dalam model penelitian ini.
Kata Kunci : Promosi, Persepsi Harga, Lokasi, Minat Masuk PT
Downloads
References
BUKU:
Buchari, Alma. (2013), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesepuluh, Penerbit Alfabeta, Bandung
Heizer, Jay dan Render, Barry. (2015), Manajemen Operasi, Edisi II, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Kotler, Philip. (2010), Manajemen Pemasaran, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta
Kotler, Philips. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi Keempatbelas, Penerbit Erlangga, Jakarta
Kotler, Philips dan Armstrong, Gary. (2010). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Penerbit Erlangga, Jakarta
Kotler, Philip dan Keller, Kevin L., (2009), Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi 13, Penerbit Erlangga, Jakarta
Lupiyoadi Rambat (2013), Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 13, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Peter J. Paul dan Olson, Jerry C., (2010), Consumer Behaviour and Marketing Strategy 9th, New York, USA: McGraw Hill
Porter, Michael E., (2014), Strategi Bersaing: Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing, Edisi Revisi, Penerbit Liberty, Yogyakarta
Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie Lazar (2015), Perilaku Konsumen, Penerbit Indeks, Jakarta
Sukirno, Sadono. (2011), Makro Ekonomi: Teori Pengantar Edisi Ketiga, Penerbit Rajawali Pers, Jakarta.
Swastha, Basu dan Handoko, T. Hani. (2011). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Penerbit BPFE, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Penerbit Andy Offset. Yogyakarta
Ujang Suwarman (2011), Perilaku Konsumen, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogors
JURNAL:
Abdul Rahman Zahari, Puteri Fadzline Muhammad Tamyez dan Noor Azlinna Azizan (2018), “The Enablers of Student Spin – Offs Intention: A Study in Malaysian Higher Educational Institutions”, Global Business and Management Research: An International Journal, Vol. 10, No. 8., pp 9961010
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Amy Peng dan Ling Yang, (2010), “Dividing Time Between Work and Study:Are Tuition Fee a Factor?”, Canadian Journal of Higher Education, Vol. 40 No. 1 pp 13 – 29
Bayan Yousef Farhan (2017), “Examining Competition in Ontario’s Higher Education Market”, Interchange, Vol. 48, pp. 71–95
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Emmanuel Megaji, (2014), “Marketing Strategis of United Kingdom Universities during Clearing and Adjustment”, International Journal of Educational Management, Vol 30., No. 4 pp 493 – 504
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1)
Helmi Wafa. (2016), “Pengaruh Citra Sekolah, Biaya Pendidikan dan Promosi Terhadap Minat Siswa Masuk SMK di Kecamatan Mranggen Demak”, Tesis, Universitas Negeri Semarang, Semarang
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Karyati dan Sukirno. (2016), “Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Biaya Pendidikan Terhadap Minat Melanjutkan Studi”, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Hal. 243–249
Mahendra Fakhri, Alini Gilang dan Nining Ratnayu, (2017), “Analisis Faktor Pembentuk Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Universitas Telkom (Studi Pada Mahasiswa Prodi S1 Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom Angkatan 2016)”, Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, Vol. 11 No. 1, Hal. 1–12
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Margarita Isoraite (2013), “Research Advertising Exposure in Colleges”, Socialinviy Moksly Studijos, Vol. 5 No. 1, pp 165 – 176
Menhard (2018), “Brand Image dan Lokasi Mempengaruhi Terhadap Minat Mahasiswa Masuk ke Perguruan Tinggi dan Status Ekonomi (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Manajemen STIE Mahaputra Riau)”, AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, Vol. 03, No. 02, Hal. 116–122
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.
Shinta Putri, Dina Amaluis dan Rika Verawati. (2017), “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP, Hal. 1-12
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2),
Yani Iriani, (2010), “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Studi Mahasiswa Dalam Menempuh Pendidikan di Universitas Widyatama”, Proceeding Seminar Nasional IV Manajemen & Rekayasa Kualitas, Universitas Widyatama, Bandung
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.