Pengaruh fasilitas belajar, kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas x SMA Swasta Santamaria Kabanjahe
Abstract
ABSTRAK Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang didapatkan oleh seorang peserta didik setelah mengikuti kegiatan belajar. Hasil belajar ditengarahi sebagai barometer pengukur keberhasilan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Hasil belajar Matematika siswa Kelas X SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe yang masih belum memenuhi KKM mendorong diadakannya penelitian guna mencari penyebabnya. Dari hasil observasi, dijumpai bahwa fasilitas belajar, kompetensi guru, dan motivasi belajar merupakan penyebab utama dari fenomena tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif melalui proses editing, coding, scoring, dan tabulasi data. Pengumpulan data primer dan sekunder dilakukan dengan metode library research, observasi, wawancara, dan distribusi kuesioner, yang kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS for Windows Versi 20. Pengolahan data menghasilkan persamaan regresi Y = 4,902 + 0,011 X1 + 0,404 X2 + 0,250 X3, yang mengindikasikan pengaruh positif dari ketiga variabel independen. Hasil Uji Korelasi Pearson mengungkapkan korelasi yang erat dengan nilai X1=0,779, X2=0,926, dan X3=0,819. Hasil Uji t dengan nilai t tabel 1,699 dan α=5%, menunjukkan nilai t hitung X1=0,160, X2=6,019, dan X3=2,455 dengan Sig. < 0,05 kecuali nilai Sig. X1. Hasil Uji F dengan nilai F tabel 2,93 menunjukkan nilai F hitung sebesar 57,143 dan Sig. 0,000. Dan Koefisien Determinasi menghasilkan nilai R2 sebesar 0,884. Penelitian ini menyimpulkan bahwa fasilitas belajar, kompetensi guru, dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas X SMA Santa Maria Kabanjahe. Maka disarankan agar fasilitas pembelajaran difokuskan pada pengembangan metode pembelajaran yang menyenangkan, kompetensi guru harus berorientasi motivator, dan motivasi belajar ditingkatkan melalui pendekatan personal sehingga guru dapat lebih mengenal karakter dan kepribadian siswa. Kata kunci: Fasilitas Belajar, Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Downloads
References
A. Buku
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Teknik.
Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media
Arsyad, Azhar. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
B. Uno, Hamzah. (2007). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang
Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.
Bahri, Syaiful D. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya:
Usaha Nasional.
Bahri, Syaiful D. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan. (2010). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. ( 2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan
Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka
Cipta
Hamalik, Oemar. (2002). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi.
Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algensindo.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Mudhoffir. ( 1992). Teknologi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwantoro, Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
109
Purwantoro, Ngalim.(2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Rastodio. (2009). Kompetensi guru. Diambil dari: http://rastodio.
com/pendidikan/pengertian-kompetensi-guru.html, pada tanggal 18 Mei
2019.
Rusiadi, Nur Subiantoro dan Rahmat Hidayat. 2014. Metode Penelitian:
Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan. Medan: USU Press.
Sarimaya, Farida. ( 2009). Sertifikasi Guru: Apa dan Bagaimana? Bandung: CV.
Yrama Widya.
Sardiman, A. M. . (2010) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rajawali.
Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sopiatin, Popi. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor:
Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Syaiful, Sagala. (2004). Kemampuan Professional Guru dan Tenaga
Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
110
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Kamus Besar Bahasa
Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Umar, Husein.(2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta:
RajaGrafindo Persada.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan
Dosen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Uzer, Musman. (2005). Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
A. E-Journal
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the
Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration
Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap
Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot
Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Asih, S. (2018). Pengaruh Kontribusi Pajak Daerah, Pendapatan Asli Daerah, Retribusi
Daerah Dan Bagi Hasil Pajak Terhadap Belanja Daerah Dengan Pertumbuhan
Ekonomi Sebagai Variabel Moderating Pemerintah Kabupaten Dan Kota. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 177-191.
Harahap, R. (2018). Pengaruh Kualitas produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran
Cepat saji Kfc Cabang Asia Mega Mas Medan. JUMANT, 7(1), 77-84.
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A Business Model
Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North Sumatra, Indonesia. Bus.
Manag. Strateg, 7(2), 102-120.
Indrawan, M. I., & SE, M. (2015). Pengaruh Promosi Jabatan dan Mutasi terhadap Prestasi
Kerja Pegawai PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Ahmad Yani Medan. Jurnal
ilmiah INTEGRITAS, 1(3).
Indrawan, M. I. (2019). PENGARUH ETIKA KERJA, PENGALAMAN KERJA DAN
BUDAYA KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI KECAMATAN
BINJAI SELATAN. Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1851-1857.
Indrawan, M. I., & Widjanarko, B. (2020). STRATEGI MENINGKATKAN
KOMPETENSI
111
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... &
Tarigan, A.
S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based
on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference
Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Irawan, I., & Pramono, C. (2017). Determinan Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan
Keuangan Di Bursa Efek Indonesia.
Mesra, B. (2018). Factors That Influencing Households Income And Its Contribution On
Family Income In Hamparan Perak Sub-District, Deli Serdang Regency, North. Int.
J. Civ. Eng. Technol, 9(10), 461-469.
Pane, D. N. (2018). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BOTOL SOSRO (STUDI
KASUS KONSUMEN ALFAMART CABANG AYAHANDA). JUMANT, 9(1),
13-25.
Lestario, F. (2018). DAMPAK PERTUMBUHAN BISNIS FRANCHISE WARALABA
MINIMARKET TERHADAP PERKEMBANGAN KEDAI TRADISIONAL DI
KOTA BINJAI. JUMANT, 7(1), 29-36.
Pramono, C. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR HARGA OBLIGASI
PERUSAHAAN KEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Akuntansi
Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Rossanty, Y., & PUTRA NASUTION, M. D. T. (2018). INFORMATION SEARCH AND
INTENTIONS TO PURCHASE: THE ROLE OF COUNTRY OF ORIGIN
IMAGE, PRODUCT KNOWLEDGE, AND PRODUCT
INVOLVEMENT. Journal of Theoretical & Applied Information
Technology, 96(10).
Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam penguasaan
keterampilan berbicara (speaking) bahasa Inggris. JUMANT, 9(1), 41-52.
Setiawan, A., Hasibuan, H. A., Siahaan, A. P. U., Indrawan, M. I., Rusiadi, I. F.,
Wakhyuni,E.,... & Rahayu, S. (2018). Dimensions of Cultural Intelligence and
Technology Skills on Employee Performance. Int. J. Civ. Eng. Technology, 9(10),
50-60.
Setiawan, A. (2018). PENGARUH PROMOSI JABATAN DAN LINGKUNGAN KERJA
TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN. Jurnal Akuntansi
Bisnis dan Publik, 8(2), 191-203.
Waruwu, A. A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Stres Kerja dan Konflik Kerja Terhadap
Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Kepada Kinerja Pegawai Sekretariat DPRD
Provinsi Sumatera Utara. JUMANT, 10(2), 1-14.
Wakhyuni, E. (2018). KEMAMPUAN MASYARAKAT DAN BUDAYA ASING