ANALISIS HARGA, KUALITAS PELAYANAN ELEKTRONIK, PROMOSI SERTA LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN CUSTOMER MENGGUNAKAN JASA OJEK ONLINE (STUDI KASUS PADA CUSTOMER GO-JEK WILAYAH MEDAN AMPLAS)
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui serta menganalisis variabel Harga (X1), Kualitas Pelayanan Elektronik (X2), Promosi (X3) serta Lokasi (X4) dapat berpengaruh signifikan terhadap keputusan customer menggunakan jasa ojek Online (Y) (Studi Kasus Pada Customer Go-Jek Wilayah Medan Amplas). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan dilaksanakan di wilayah Medan Amplas, populasi yang dipeoleh adalah 320 customer Go-jek, dan sampel di peroleh adalah 76 customer dengan menggunakan rumus slovin dan teknik Purposive Sampling. Untuk mengetahui Data-data berdistribusi normal di gunakan uji normalitas, multikolinieritas dan heterokedastisitas. Dan teknik regresi linier berganda adalah teknik analisis yang digunakan dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil olah data dengan menggunakan SPSS 21 yaitu hasil uji F menunjukkan bahwa H0 ditolak, yang artinya variabel Harga (X1), Kualitas Pelayanan Elektronik (X2), Promosi (X3) serta Lokasi (X4) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan customer menggunakan jasa ojek Online (Y) (Studi Kasus Pada Customer Go-Jek Wilayah Medan Amplas). Sedangkan hasil uji t menunjukan bahwa variabel Harga (X1), variabel Kualitas Pelayan Elektronik (X2), variabel Promosi (X3) dan variabel Lokasi (X4) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan customer menggunakan jasa ojek Online (Y). Lalu nilai hasil uji koefesien determinasi variabel Harga (X1), Kualitas Pelayanan Elektronik (X2), dan Promosi (X3) dan Lokasi (X4) mampu menjelaskan sebesar 47,4% terkait dengan variabel keputusan customer menggunakan jasa ojek Online (Y) dan sisanya sebesar 52,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.
Kata kunci : Harga, Kualitas Pelayanan Elektronik, Promosi, Lokasi, Keputusan Customer Menggunakan Jasa Ojek Online.
Downloads
References
BUKU :
Alcacer, J. (2008). Location choices across the value chain: how activity and capabality infuence agglomeration an competition effects. New York: Stern School of Business New York University.
Anggelia, C. (2014). Analisis Pelayanan Jasa Pengiriman Paket Pada Pt. Pos Indonesia (Persero) Pekanbaru. Pekanbaru: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, A. (2015). Manajemen Pemasaran h. 214. Jakarta: PT raja Grafindo Persada.
Ferdinand, A. T. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Gitosudarmo, I. (2012). Manajemen Pemasaran. Cet. ke-dua. Yogyakarta: BPFE. Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariyati, R. (2005). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Edisi Alfabeta.
Kotler, P., & Amtrong, G. (2001). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P. (2003). Marketing Management. Engelwood Cliffs: Prentice Hall International Inc. A Division of Simoon and Scuster.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kesembilan, Jilid 1, Alexander Sindoro, Jakarta: Indeks.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. (Vol. 1). Jilid. Kotler,
P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ketiga belas. Jakarta: Penerbit Erlangga.
P., & Keller, K. L (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 2 (13th ed.). Jakarta: PT. Indeks.
P., & Keller, K. L (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Terjemahan. Jakarta: Penerbit Indeks.
P., & Keller, K. L (2013). “Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. PT. Macana Jaya Cemerlang.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Manulang, M., & Pakpahan, M. (2014). Metodologi Penelitian, Proses Penelitian Praktis, Medan: Penerbit Cita Pustaka Media.
Nurochim., & Purwanto, I. (2010). Manajemen Bisnis. h. 11. Jakarta: Lembaga Penelituan UIN Syarif hidayatullah.
Peter, P. J., & Olson, J. C. (2009). Costumer Behavior. Jilid 2, Edisi Kelima (alih bahasa Damos Sihombing). Jakarta: Erlangga.
Peter, P. J., & Olson, J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Diterjemahnkan oleh Dian Tantri Dwiandani. ed. 9 jd. 1. Jakarta: Salemba.
Riduwan. (2005). Metode dan Teknik Menyusun Skripsi, tesis Cetakan Ketiga. Bandung: Alfabeta.
Rusiadi. (2014). Metode Penelitian. Medan: Indonesia.
Sangadji, E., Mamang., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Edisi pertama. Yogyakarta: Andi Offset.
Sanusi, A. (2015). Manajemen StrategiPemasaran. Bandung: Pustaka Setia Schiffman., & Kanuk. (2004). Consumer Behavior. New York: Prentice Hall International, Inc.
Sanusi, A. (2004). Perilaku Konsumen. Edisi ketujuh. Jakarta: Prentice Hall.
Sigit, S. (2002). Pemasaran Praktis (Practical Marketing). Cet. Ke-dua. Yogyakarta: BPFE.
Situmorang, S.H. (2008). Statistical Product and Service solution. Semarang: Penerbit FE UNDIP.
Stanton, W. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid kedua, edisi ketujuh. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RD. Bandung: CV. Alfabeta.
Suharyadi., & Purwanto. (2008). Statistika Untuk Ekonomi Dan Keuangan Modern Edisi 2 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Center for Academic Publishing Service.
Swastha, B., & Handoko, H. (2011). Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2009). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI Offset.
Tjiptono, F. (2009). Service Marketing: Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Marknesis.
Tjiptono, F (2014). Pemasaran Jasa Prinsip Penerapan dan Penelitian. Edisi pertama. Yogyakarta: Andi Offset.
Tobagus, A. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Pada Pengguna Di Situs Tokopedia. Surabaya: Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2009). Service Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm, 5th edition. New York: McGraw-Hill.
JURNAL :
Achidah, N. (2016). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio Gt (Study Empiris Pada Produk Yamaha Mio Gt Di Weleri-Kendal). Semarang: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pandanaran.
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59
Aliyah, K. A. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Viral Marketing Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Sfa Steak & Resto Karanganyar). Surakarta: Fakultas Ekonomi Bisnis dan Islam, IAIN.
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189206.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119132.
Armeliani. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Dange Di Desa Benteng Kecamatan Mandalle Kabupaten Pangkep. Makassar: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Dianti, S. (2017). Pengaruh Harga, Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Angkutan Gojek Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu pengetahuan Sosial Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-65.
Fure, H. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualias Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA, Vol.1 No.3.
Harahap, D. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pajak USU (Pajus) Medan. Medan: Fakultas Ekonomi, UISU.
Herawan, N. B. (2018). Pengaruh Keunggulan Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kunjungan Wisata (Studi Pada Wisatawan Nasional Indonesia Yang Berwisata Ke Luar Negeri). Malang: Fakultas Ilmu Administrasi, Univеrsitas Brawijaya.
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Hutagalung, M. C. E. (2017). Pengaruh Proses Rekrutmen Dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Medan II. Medan: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, IBMI.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Mongi, L. (2013). Kualitas Produk, Strategi Promosi Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel Di Kota Manado. Manado: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi.
Muninggar, T. J. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Cuci Mobil Hidrolik Jitas Thoro Purbalingga). Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).
Panget, B. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada CV. LION di Ternate. Manado: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi.
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Pratama, R. A. (2018). Pengaruh Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Eatboss Café Cabang Lengkong (Survey Pengunjung Eatboss Café Cabang Lengkong). Bandung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pasundan.
Ristania, N., & Justianto, J. S. (2014). Analisis Pengaruh Harga, Promosi dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada “Online Shop” S-Nexian Melalui Facebook. Jurnal of Business Strategy and Execution, 2, 131-161.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.
Walukow, A. L. P. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Bentenan Center Sonder Minahasa. Manado: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi.
Weenas, J. R. S. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Manado: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.
Zurrahman. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan Produk AC Mitsubishi Pada Toko Artech Electronics Medan Cambridge City Square, jalan. Letnan S.Parman, No. 1-5, Medan Petisah, Kota Medan. Medan: Fakultas Sosial Sains, UNPAB.