Analisis kinerja keuangan Pemerintah daerah Provinsi Sumatera Utara berdasarkan rasio likuiditas rasio kemandirian keuangan daerah, modal kerja dan surplus/defisit

  • Nia Amelija Sm

Abstract

ABSTRAK Otonomi daerah dapat memberikan sebuah aksi bagi pemerintah daerah dimana aksi tersebut merupakan sebuah peluang maupun tantangan. Peluang dapat diartikan bagi pemerintah daerah yang memiliki tingginya potensi Sumber Daya Alam yang memadai untuk dapat dikelola sendiri, sedangkan bagi pemerintah daerah yang memiliki rendahnya potensi Sumber Daya Alam merupakan menjadi sebuah tantangan. Akibatnya masalah yang selalu muncul pada pemerintah daerah dalam melaksanakan otonomi daerah adalah kemampuan untuk pendanaan dalam rangka melaksanakan fungsinya sebagai penyelenggara pembangunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tahun 2015 hingga 2019 dan tingkat kestabilan dalam mengelola sumber dayanya. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah laporan keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tahun 2015 hingga 2019. Data akan dianalisis dengan menggunakan empat rasio keuangan yaitu : A. Rasio Likuiditas, B. Rasio Kemandirian Keuangan Daerah, C. Modal Kerja, D. Surplus/Defisit. Hasil analisis data menyebutkan bahwa kinerja keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara jika dilihat dari: A. Rasio Likuiditas sangat besar untuk tiga tahun anggaran, namun terjadi ketidakstabilan pada 2 tahun anggaran B. Rasio Kemandirian Keuangan Daerah untuk Pemerintah Provinsi Sumatera Utara masih sangat rendah, C. Modal Kerja pada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga mengalami ketidakstabilan yang disebabkan oleh menurun atau meningkatnya nilai modal kerja setiap periode D. Surplus/Defisit hasil analisa pada lima tahun anggaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menunjukkan bahwa 2 tahun anggaran terjadi selisih kurang (defisit). Kata Kunci : Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah, Rasio Likuiditas, Rasio Kemandirian Keuangan Daerah, Modal Kerja, Surplus/Defisit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Arief, Ihsan. (2015). Pengaruh Pendapatan Asli Kabupaten/Kota, Dana Alokasi
Umum, Dana Otonomi Khusus, dan Dana Bagi Hasil terhadap Kinerja
Keuangan Kabupaten/Kota Pemekaran di Provinsi Aceh. Jurnal Telaah
dan Riset Akuntansi, Vol. 8, No. 2, Juli 2015.
Aspan, H., Milanie, F., & Sari, A. K. The Effect of Public Participation,
Transparency, and Accountability on the Efficiency of the Distribution of the
School Operational Support Funds (BOS) in Tebing Tinggi City (Case Study
of Taman Siswa College).
Aspan, H. (2020). “The Role of Legal History in the Creation of Aspirational
Legislation in Indonesia”. International Journal of Research and Review
(IJRR), Volume 7 Issue 6, pp 40-47.
Aspan, H., E.S. Wahyuni, S. Effendy, S. Bahri, M.F. Rambe, dan F.B. Saksono.
(2019). “The Moderating Effect of Personality on Organizational Citizenship
Behavior: The Case of University Lecturers”. International Journal of Recent
Technology and Engineering (IJRTE), Volume 8 No. 2S, pp. 412-416.
Coriyati, (2019). Analisis Rasio Untuk Mengukur Kinerja Pengelolaan Keuangan
Daerah di Kabupaten Sarolangun Tahun 2011 – 2013, Jurnal Manajemen
Terapan dan Keuangan, Vol. 8, No. 01, April 2019.
El Fikri, M., & Dewi Nurmasari Pane, R. A. (2020). Factors Affecting Readers’
Satisfaction in" Waspada" Newspapers: Insight from Indonesia. Indexing and
Abstracting.
Fadly, Y. (2019). PERFORMA MAHASISWA AKUNTANSI DALAM
IMPLEMENTASI ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSE (ESP)
DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI (UNPAB)
MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 190-201.
Fidelius, (2013). Analisis Rasio untuk Mengukur Kinerja Keuangan Daerah,
Jurnal EMBA, ISSN : 2303 – 1174, Vol. 1 No. 4 Desember 2013, Hal
2088 – 2096, Universitas Sam Ratulangi : Manado.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ...
& Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and
Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In
Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP
Publishing.
Malikhah, I. (2019). PENGARUH MUTU PELAYANAN, PEMAHAMAN
SISTEM OPERASIONAL PROSEDUR DAN SARANA PENDUKUNG
TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS
PEMBANGUNAN PANCA BUDI. JUMANT, 11(1), 67-80.
Nasution, A. P., & Malikhah, I. (2021). IDENTIFIKASI STRATEGI
KEBERHASILAN LAYANAN E-GOVERMENT DI KOTA MEDAN.
Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 11(2), 38-45.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment
in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile
Matching. International Journal of Business and Management
Invention, 6(1), 73079.
RITONGA, H. M., PANE, D. N., & RAHMAH, C. A. A. (2020). PENGARUH
KUALITAS PELAYANAN DAN EMOSIONAL TERHADAP
KEPUASAN PELANGGAN PADA HONDA IDK 2 MEDAN. JUMANT,
12(2), 30-44.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T.,
... & Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And
Swot Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In
North Sumatera. International Journal of Civil Engineering and
Technology, 9(9).
Pramono,Joko.(2014). Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan
Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Pemerintah Kota Surakarta).
Among Makarti, Vol. 7 No.13.
Saragih, Hanida Ari Patria. (2017). Analisis Rasio Kemandirian Keuangan
Daerah, Rasio Efisiensi Keuangan Daerah, Rasio Keserasian, dan Rasio
Pertumbuhan, Untuk Menilai Kinerja Keuangan Daerah Provinsi
Sumatera Utara Tahun 2012 – 2014. Skripsi Universitas Sumatera Utara.
Zelmiyanti, Riri.(2016). Pendekatan Teori Keagenan Pada Kinerja Keuangan
Daerah dan Belanja Modal (Studi Pada Provinsi Di Indonesia). JRAK.
Vol. 7 No.1 Hal 11-21.
Zuhri, Muhammad & Ahmad Soleh. (2016). Analisis Kinerja keuangan
Pemerintah Daerah Kabupaten KAUR. Jurnal Ekombis Review. Fakultas
Ekonomi Universitas Dehasen Bengkulu.
Halim Abdul, et.al. 2012. Teori, Konsep, dan Aplikasi Akuntansi
Sektor Publik, Salemba Empat, Jakarta.
Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah
Provinsi Sumatera Utara. Jl. P. Diponegoro No.30 . Medan.
Peraturan Pemerintah No. 24 tahun 2005 tentang STANDAR AKUNTANSI
PEMERINTAHAN
Peraturan Pemerintah No. 71 tahun 2010 tentang STANDAR AKUNTANSI
PEMERINTAHAN
Undang – Undang Nomor 1 Tahun 2004 Tentang Perbendaharaan
Negara.
Undang – Undang Nomor 6 Tahun 1975 terdiri atas Anggaran
Rutin dan Anggaran Pembangunan.
Undang – Undang Nomor 15 Tahun 2004 Tentang Pemeriksaan
Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Daerah.
Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Pemerintah
Daerah.
Undang – Undang Nomor. 32 Tahun 2004 Tentang Otonomi
Daerah.
Undang – Undang Nomor 33 Tahun 2004 Tentang Perimbangan
Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.
Undang – Undang Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan
Negara.
Undang – Undang Nomor 17 Tahun 2000 Tentang Pinjaman
Daerah.
71
Pasal 64 ayat (2) UU No.5 Tahun 1974 Tentang Pokok – Pokok
Pemerintah di Daerah.
Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2002 bentuk
APBD terbaru. Pasal 81 ayat (1) serta lampiran XXIX butir (11).
Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 690.900.327 Tahun 1996
Tingkat Kemandirian dan Kemampuan Keuangan Daerah.
Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 Tentang Pengelolaan
Keuangan Daerah.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 Tentang
Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.
https://www.google.com/maps/place/Sumatera+Utara,2020. Diakses pada hari
Senin 01 Juni 2020, Pukul 22.21 WIB.
https://id.wikipedia.org/wiki/Sumatra_Utara. Diakses pada hari Selasa 19 Mei
2020, Pukul 13.00 WIB.
Published
2021-06-22