Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Kosmetik Garnier (Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Sosial Sains UNPAB)
Abstract
ABSTRAK
Analisis penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh citra merek terhadap kepuasan pelanggan pengguna Kosmetik Garnier pada mahasiswi fakultas Sosial Sains UNPAB. Bagaimana pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan pengguna Kosmetik Garnier pada mahasiswi fakultas Sosial Sains UNPAB. Bagaimana pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pengguna Kosmetik Garnier pada mahasiswi fakultas Sosial Sains UNPAB. Bagaimana pengaruh citra merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pengguna Kosmetik Garnier pada mahasiswi fakultas Sosial Sains UNPAB. Bagaimana pengaruh citra merek terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan pengguna Kosmetik Garnier pada mahasiswi fakultas Sosial Sains UNPAB. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan analisis jalur. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 responden. Pengambilan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pengguna Kosmetik Garnier pada mahasiswi fakultas Sosial Sains UNPAB. Citra merek berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pengguna Kosmetik Garnier pada mahasiswi fakultas Sosial Sains UNPAB. Kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pengguna Kosmetik Garnier pada mahasiswi fakultas Sosial Sains UNPAB. Citra merek dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pengguna Kosmetik Garnier pada mahasiswi fakultas Sosial Sains UNPAB. Citra merek berpengaruh terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan pengguna Kosmetik Garnier pada mahasiswi fakultas Sosial Sains UNPAB.
Kata Kunci : Citra Merek, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan
Downloads
References
B uku:
Gitosudarmo, Indriyo. 2015. Manajemen Pemasaran Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE.
Hurriyati. Rati. 2010. Bauran Pemasaran Jasa dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Kotler, Philip. (2013). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Buku Dua. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta. Salemba Empat.
Laksana, Fajar. (2010). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. et al. 2011. pemasaran Buku I. Jakarta : Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori Dan Praktik. Jakarta:Salemba Empat
Peter, J. Paul. 2011. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Sistaningrum. (2012). Manajemen Penjualan Produk. Yokyakarta : Penerbit Kanisius.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sunarto. 2010. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: UST Press.
Tjiptono, Fandy. 2012. Perspektif Manajemen & Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: ANDI.
Jurnal dan Skrips i:
Aaker, D. A. 2014 : Leveraging the Corporate Brand. California Management Review Vol. 46, No. 3 Spring 2004, 6-18.
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Anggraini, Fitri. (2015). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Koran Harian Riau Pos. Jurnal JOM FISIP Vol. 3 No.1 – Februari 2015.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Damayanti, Cintya. (2015). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap loyalitas pelanggan (Studi Pada Konsumen Produk “Supermi” di Kecamatan Genuk Semarang). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-65.
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Kurniawan, Ruth Angelita Jaya. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran KFC Di Surabaya. Skripsi Program Manajemen Perhotelan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).
Palevi, Reza. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Toko Oleh-Oleh Malang Strudel. Jurnal IPTA p-ISSN : 2338-8633 Vol. 6 No. 1, 2018
Pradipta, Dyah Ayu Anisha. (2012). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas PT Pertamina (Persero) Enduro 4T Di Makassar. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar.
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Prasetio, Candra. (2012). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Apple iPhone). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Putra, Alfian Surya. (2018). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada Konsumen Smartphone Lenovo di DIY). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 6168.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.
Sudaryono, (2013). Aplikasi Analisis ( Path Analysis) Berdasarkan Urutan Penempatan Variabel Dalam Penelitian. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 17, Nomor 4, Juli 2011.
Syoalehat, Qauman Nur. (2016). Pengaruh citra merek (brand image) terhadap loyalitas konsumen bakso bakar Pak Man Kota Malang. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan 26 (3): 20 - 26 ISSN : 0852-3681
Tangguh, Ghalih Galang. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Ride (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2016/2017 dan 2017/2018). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 61 No. 2 Agustus 2018
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.
Zuhdi, Saefudin. (2012). Analisis Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Kopi Torabika. Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan, Indonesia, Bogor