Analisis Keamanan, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Belanja Online Shopee Pada Mahasiswa Pancabudi

  • Eka Bina Ersada Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

ABSTRAK

Perubahan gaya hidup dan cara berbelanja manusia berubah seiring dengan semakin mudahnya berbelanja melalui gadget dengan memanfaatkan e-commerce salah satunya yaitu Shopee yang melayani jual beli interaktif antara penjual dan pembeli secara online dalam bentuk aplikasi mobile. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keamanan, kemudahan, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi belanja online shopee pada mahasiswa UNPAB. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan program SPSS versi 25.0. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Keamanan, Kemudahan, dan Kepercayaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui aplikasi belanja online Shopee pada mahasisswa UNPAB Medan, dimana bahwa Fhitung sebesar 153,865 sedangkan Ftabel sebesar 2,44 dan signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji R2 menujukkan bahwa Adjusted R Square 0,764 artinya keputusan pembelian dapat diperoleh dan dijelskan oleh variabel keamanan, kemudahan, dan kepercayaan.
Kata Kunci :Keamanan, Kemudahan, Kepercayaan dan Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA


Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59

Alwafi, F., & Magnai, R. H. (2016). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan, Kepercayaan Terhadap Toko dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.com. Diponogoro Journal Of Managemant, 1-15.

Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110

Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132.

Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.

Amijaya, G. R. (2010). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko, dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking.

APJII. (2018). Idonesia Internet Users. Buletin APJII Kuartal 1 2018.

Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.

Dewi, F. E. (2018). Analisis Faktor Keamanan, Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Pangan.

Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi ilmu, 12(1), 55-65.

Ferdinand, P. A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Groover, M. P. (2010). Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Process, and System. London: Jhon Wiley Sons, Inc.

Hidayah, R. R. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan KeamananTerhadap Keputusan pembelian Pada Situs E-Marketplace.




Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149

Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.

Iswara, D. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pengguna Media Sosial Instagram Di Kota Yogyakarta). Jurnal manajemen.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.

Maulana, M. A. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2)

Nurmadina. (2016). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Konsumen fahsion online di Kota Makasar).

Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.

Praptiwi, S. (2019). Pengaruh Kepercayaan,Kemudahan (Iswara, 2016)dan Sosial Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Mahasiswa Di Yogyakarta (Melalui Media Sosial Instagram).

Pudjihardjo, C., & Wijaya, H. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Tampilan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Pemasaran Di Media Sosial (Studi Pada Pengguna Media Sosial Di Shapeharve).

Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.

Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 6168.

Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.

Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.
















84
85




Putra, I. M., Dantes, G. R., & Candiasa, I. M. (2017). Model Pengukuran Tingkat Kepercayaan Pelanggan (Online Trust) Terhadap E-Commerce (Studi Kasus Pada Pelanggan E-Commerce di Provinsi Bali. Raman, A., & Viswanathan , A. (2011). Web Services and e-Shopping Decisions: A Study on Malaysian e-Consumer. IJCA Special Issue on “Wireless Information Networks & Business Information System”. WINBIS. Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2015). Perilaku Konsumen . Jakarta: PT. Indeks Gramedia. Setyaningrum, A. (2015). Prinsip-prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi. Siagian, H., & Cahyono, E. (2014). Perilaku konsumen. Jakarta: Kencana. Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.com. Agora, Vol. 5, No. 1. Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen Di Era Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu. Swastha, B. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty. Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi. Verina, E., Yulianto, E., & Latief, W. A. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Di Jejaring Sosial F. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 10 No. 1.
Published
2021-06-22