PENGARUH PEMBELAJARAN KLASIKAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM BIDANG STUDI IPS SISWA KELAS IX DI SMPN 2 AIR JOMAN
Abstract
PENGARUH PEMBELAJARAN KLASIKAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM BIDANG STUDI IPS SISWA KELAS IX DI SMPN 2 AIR JOMAN ABSTRAK Pembangunan sumber daya manusia harus dilakukan sejak dini, oleh sebab itu Pemerintah Republik Indonesia berusaha untuk melaksanakan pendidikan di negara ini sejak dini. Di Indonesia dikenal tingkat jenjang pendidikan formal dan informal. Pada pendidikan formal yang diselenggarakan oeh pemerintah melalui kementerian pendidikan diketahui terdapat berbagai jenjang pendidikan. Salah satu jenjang pendidikan tersebut adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP). SMP merupakan jenjang pendidikan awal pada pendidikan menengah yang ditempuh selama 3 tahun yang terdiri dari 6 semester. Setiap peserta didik yang menginginkan pendidikan tinggi, terlebih dahulu harus melalui proses pendidikan di tingkatan sekolah menengah pertama ini. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi di SMP Negeri 2 Air Joman Kabupaten Asahan kelas IX yang berjumlah 365 orang, dengan menggunakan teknik sampling jenuh, maka banyak sampel pada penelitian ini sebanyak 78 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Data yang terkumpul harus dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah lolos pengujian kualitas data, maka selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda yang telah memenuhi asumsi yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial model pembelajaran klasikal berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. secara parsial motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Secara simultan model pembelajaran klasikal dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Model pembelajaran klasikal dan Motivasi belajar siswa mampu menjelaskan prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Air Joman adalah sebesar 78.10% sisanya 21.9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian ini Kata Kunci : Model Pembelajaran Klasikal, Motivasi Belajar Siswa, Prestasi Belajar Siswa, SMP Negeri 2 Air Joman
Downloads
References
A. Buku
Argyrous, George. 2016. Statistics for Research: With a Guide to SPSS, Edisi
Keempat, Singapore: SAGE Publocations,
Arif Jati Atmaja., (2015)., “Studi Minat dan Hasil Belajar Antara Metode Klasikal
Poweroint Dengan Metode Berbantu Media Flash Pada Siswa Kelas VIII
SMPN 2 Boja”., Karya Ilmiah tidak Dipublikasikan., Universitas Negeri
Semarang
Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek,
Edisi Revisi V, Jakarta: Rineka Cipta
Chatib, Munif dan Irma Nurul Fatimah (2014), Kelasnya Manusia, Bandung:
Penerbit Kaifa
Dimyati dan Mudjiono., (2015), Belajar dan Pembelajaran., Jakarta: PT Rineka
Cipta
Djamarah., Sayiful Bahri., (2011), Psikologi Belajar., Jakarta: Rineka Cipta
El-Khuluqo, Ihsana., (2015). Manajemen PAUD., Yogyakarta: Penerbit Pustaka
Pelahar Falah
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM
SPSS 23, Edisi Kedelapan, Cetakan ke VIII, Semarang: Penerbit Badan
Penerbit Universitas Diponegoro
Hamalik, Oemar., (2013)., Kurikulum dan Pembelajaran., Jakarta: Bumi Aksara
Kadek Yudi Saputra, (2015), “Pengaruh Proses Pembelajaran dan Motivasi
Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Maulana Pegayaman”,
Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 5., No. 1., Hal. 1 – 10
Kamaluddin., Muhammad., (2017)., “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap
Prestasi Belajar Matematika dan Strategi Untuk Meningkatkannya”.,
Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY
Kasmadi., Sunariah, Nia S. (2014). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif, Cetakan
Kedua, Bandung: Penerbit Alfabeta,
Lina., (2017), “Pelaksanan Model Pembelajaran Klasikal di TK Kecamatan Danau
Kerinci”., Karya Ilmiah, Universitas Jambi., Jambi
Malikah Hr. Bq (2018), “Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya
(Peer Teaching) Dengan Klasikal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”,
Jurnal Sangkareang Mataram, Vol. 4 No. 3., Hal. 32 – 35
Moeliono., Anton., (2016)., Kamus Besar Bahasa Indonesia., Jakarta: Penerbit
Balai Pustaka
Mulyasa, (2012), Manajemen PAUD., Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya
Muhibbin Syah., (2017)., Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru.,
Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya
Nana, Sudjana., (2014), Dasar – dasar Belajar Mengajar., Bandung: Penerbit Sinar
Baru Algesindo
Pangastuti, Ratna., (2014)., Edutaiment PAUD., Bandung: Penerbit Pustaka
Pelajar
Purwa Atmaja Prawira., (2012) Psikologis Pendidikan Dalam Prespektif Baru.,
Jogjakarta: Penerbit Ar-Russ Media
Ruwaida., (2017)., “Pengaruh Inovasi Metode Pembelajaran dan Motivasi
Intrinsik Guru Terhadap Penilaian Hasil Belajar Siswa SD Dalam Kompetensi
Guru”., Tesis., Tidak dipublikasikan, Universitas Lampung, Bandar Lampung
Sadirman., A. M., (2010)., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar., Jakarta:
Penerbit Rajawali Pers.
Samara, Daud., H. Juraid., Patampang., Samuel Sanda., (2016), “Pengaruh
Penerapan Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri Model Terpadu
Madani Palu”., eJurnal Katalogis, Vol. 4 No. 7., Hal. 205 – 214
Schunk., Dale H., H. Dale., (2012)., Motivasi Dalam Pendidikan: Teori, Penelitian
dan Aplikasi., Jakarta: Penerbit PT. Indeks
Sugiyono., (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung:
Penerbit PT Alfabet
Triyanto., (2014)., Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif., Jakarta:
Penerbit Kencana Perdana Media Group
Uno., Hamzah., B., (2012), Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Penerbit
Bumi Aksara
Winastwan., Gora dan Sunarto., (2010)., Pakematik Strategi Pembelajaran
Inovatif Berbasis TIK., Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Zaenal, Arifin., (2012)., Evaluasi Pembelajaran., Bandung: Penerbit Remaja
Rosda Karya Offset
B. E-Journal
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the
Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration
Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap
Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot
Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Asih, S. (2018). Pengaruh Kontribusi Pajak Daerah, Pendapatan Asli Daerah, Retribusi
Daerah Dan Bagi Hasil Pajak Terhadap Belanja Daerah Dengan Pertumbuhan
Ekonomi Sebagai Variabel Moderating Pemerintah Kabupaten Dan Kota. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 177-191.
Harahap, R. (2018). Pengaruh Kualitas produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran
Cepat saji Kfc Cabang Asia Mega Mas Medan. JUMANT, 7(1), 77-84.
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A Business Model
Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North Sumatra, Indonesia. Bus.
Manag. Strateg, 7(2), 102-120.
Indrawan, M. I., & SE, M. (2015). Pengaruh Promosi Jabatan dan Mutasi terhadap Prestasi
Kerja Pegawai PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Ahmad Yani Medan. Jurnal
ilmiah INTEGRITAS, 1(3).
Indrawan, M. I. (2019). PENGARUH ETIKA KERJA, PENGALAMAN KERJA DAN
BUDAYA KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI KECAMATAN
BINJAI SELATAN. Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1851-1857.
Indrawan, M. I., & Widjanarko, B. (2020). STRATEGI MENINGKATKAN
KOMPETENSI LULUSAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI
MEDAN. JEpa, 5(2),148-155.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., &
Tarigan,A.S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance
Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics:
Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Irawan, I., & Pramono, C. (2017). Determinan Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan
Keuangan Di Bursa Efek Indonesia.
Mesra, B. (2018). Factors That Influencing Households Income And Its Contribution On
Family Income In Hamparan Perak Sub-District, Deli Serdang Regency, North. Int.
J. Civ. Eng. Technol, 9(10), 461-469.
Pane, D. N. (2018). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BOTOL SOSRO (STUDI
KASUS KONSUMEN ALFAMART CABANG AYAHANDA). JUMANT, 9(1),
Lestario, F. (2018). DAMPAK PERTUMBUHAN BISNIS FRANCHISE WARALABA
MINIMARKET TERHADAP PERKEMBANGAN KEDAI TRADISIONAL DI
KOTA BINJAI. JUMANT, 7(1), 29-36.
Pramono, C. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR HARGA OBLIGASI
PERUSAHAAN KEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Akuntansi
Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Rossanty, Y., & PUTRA NASUTION, M. D. T. (2018). INFORMATION SEARCH AND
INTENTIONS TO PURCHASE: THE ROLE OF COUNTRY OF ORIGIN
IMAGE, PRODUCT KNOWLEDGE, AND PRODUCT
INVOLVEMENT. Journal of Theoretical & Applied Information
Technology, 96(10).
Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam penguasaan
keterampilan berbicara (speaking) bahasa Inggris. JUMANT, 9(1), 41-52.
Setiawan, A., Hasibuan, H. A., Siahaan, A. P. U., Indrawan, M. I., Rusiadi, I. F.,
Wakhyuni,E.,... & Rahayu, S. (2018). Dimensions of Cultural Intelligence and
Technology Skills on Employee Performance. Int. J. Civ. Eng. Technology, 9(10),
50-60.
Setiawan, A. (2018). PENGARUH PROMOSI JABATAN DAN LINGKUNGAN KERJA
TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN. Jurnal Akuntansi
Bisnis dan Publik, 8(2), 191-203.
Waruwu, A. A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Stres Kerja dan Konflik Kerja Terhadap
Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Kepada Kinerja Pegawai Sekretariat DPRD
Provinsi Sumatera Utara. JUMANT, 10(2), 1-14.
Wakhyuni, E. (2018). KEMAMPUAN MASYARAKAT DAN BUDAYA ASING
DALAM MEMPERTAHANKAN BUDAYA LOKAL DI KECAMATAN
DATUK BANDAR. Jurnal Abdi Ilmu, 11(1), 25-31.