Analisis Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Brand Contenpo (PT. Citra Busana Jaya Pratiwi) Sun Plaza Medan

  • Muhammad Anwar Lubis

Abstract

ABSTRAK PT. Citra Busana Jaya Pertiwi/Contempo Sun Plaza Medan masih mengalami beberapa kendala diantaranya yaitu promosi penjualan belum efektif dan pelayanan terhadap konsumen masih kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, kualitas pelayanan, dan harga terhadap keputusan pembelian baik secara bersama-sama (simultan) maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah 93 pelanggan Contempo Sun Plaza Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling, yaitu pelanggan contempo Sun Plaza Medan yang secara acak membeli produk Cotempo di Sun Plaza Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitiannya studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi, kualitas pelayanan, dan harga secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan variabel-variabel tersebut secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada brand Contempo Sun Plaza Medan. Kata kunci : Promosi, Kualitas Pelayanan, Harga dan Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Buku :
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ke 12.
Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jilid ke satu. Jakarta :
PT. Gelora Aksara Pratama.
Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran . Edisi ke 13.
Jilid 2. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Pakpahan, M. (2016). Manajemen Pemasaran, Dalam Kompetensi Global. Proses
Penelitian Praktis. Citapustaka Media : Bandung
Manullang, M. Dan Pakpahan, M (2014). Metodologi Penelitian, Proses
Penelitian Praktis. Bandung : Cipta Pustaka Media.
Tjiptono (2020). Strategi Pemasaran Edisi ke tiga. Yogyakarta CV. Andi.
Jogiyanto 2010. Metode Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta. CV
Andi Offset.
Karya Ilmiah Jurnal :
Monintja, Mandey, Soegoto (2015). Analisis Merek, Promosi, dan Harga
Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian di Galael Swalayan,
Manado.
Achidah, Warso dan Hasiolan (2016). Pengaruh Promosi, Harga dan
DesainTerhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT.
Aspan, H. (2017). “Good Corporate Governance Principles in the Management of
Limited Liability Company. International Journal of Law Reconstruction,
Volume 1 No. 1, pp. 87-100.
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A
Business Model Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North
Sumatra, Indonesia. Bus. Manag. Strateg, 7(2), 102-120.
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to
Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the
Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2),
49-59.
Sanny, A., & Yanti, E. D. Du Pont Analysis Integrative Approach to Ratio Analysis
at PT. Federal International Finance.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational
Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee
Universitas Pembangunan Panca Budi.
Wakhyuni, E. (2018). Kemampuan masyarakat dan budaya asing dalam
mempertahankan budaya lokal di kecamatan datuk bandar. Jurnal Abdi
Ilmu, 11(1), 25-31.
Lestario, F. (2018). Dampak pertumbuhan bisnis franchise waralaba minimarket
terhadap perkembangan kedai tradisional di kota binjai. jumant, 7(1), 29-
36.
Citra, G., & Pramono, C. Analysis of Factors Affecting Earning Management in
Banking Companies Listed on BEI.
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment
(performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG
Int. J. Econ. andManagement Stud, 3(6).
Medan, a., & lubis, h. p. analisis pengaruh tarif dan jenis produk asuransi terhadap
pencapaian target premi di pt asuransi bringin sejahtera.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T., ...
& Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And
Swot Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In
North Sumatera. International Journal of Civil Engineering and
Technology, 9(9).
Sari, I. (2019). Kesulitan Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jumant,
11(1), 81-98.
Irawan, I., & Pramono, C. (2017). Determinan Faktor-Faktor Harga Obligasi
Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia.
Mesra, B. (2018). Factors That Influencing Households Income And Its
Contribution On Family Income In Hamparan Perak Sub-District, Deli
Serdang Regency, North. Int. J. Civ. Eng. Technol, 9(10), 461-469.
Nasution, M. D. T. P., Rossanty, Y., Achmad Daengs, G. S., Sahat, S., Rosmawati,
R., Kurniasih, N., ... & Rahim, R. (2018). Decision support rating system
with Analytical Hierarchy Process method. Int. J. Eng. Technol, 7(2.3),
105-108.Anik Nurhanifah (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan,
Promosi dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Maharani Tri
Utama Mandiri, Semarang.
Akbar Rakhman (2017). Pengaruh Kualitas Produk, promosi dan Harga Terhadap
Keputusan Pembelian Variasi Audio Mobil, Purwokerto.
Internet :
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jrmbp/article/view/5376
Published
2021-06-23