Analisis Pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap keputusan mahasiswa memilih sekolah tinggi perikanan sibolga

  • Rustini Sibuea Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

ABSTRAK Strategi bauran pemasaran merupakan hal yang penting untuk mengelola Sekolah Tinggi Perikanan Sibolga, dimana strategi bauran pemasaran ini merupakan faktor utama dalam mempengaruhi keputusan memilih mahasiswa dan mengharuskan Sekolah Tinggi Perikanan Sibolga bertindak profesional dalam setiap aktivitasnya. Pendidikan merupakan faktor pendukung yang memegang peranan di segala sektor. Keputusan memilih oleh mahasiswa dipengaruhi oleh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari; produk, harga, promosi, tempat, proses, orang, dan pelayanan. Pendekatan dalam penelitian ini deskriptif kuantitatif yang didukung survey, bersifat eksplanatory, dimana seluruh variable diukur dengan skalalikert. Metode pengumpulan data dengan daftar pertanyaan dan wawancara kepada 51 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koefisien determinasi (R2 ) adalah 89.5%, artinya bahwa produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan pelayanan mampu menjelaskan 89.5% terhadap keputusan mahasiswa memilih Sekolah Tinggi Perikanan Sibolga. Secara parsial produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Sekolah Tinggi Perikanan Sibolga. Secara simultan produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Sekolah Tinggi Perikanan Sibolga. Pelayanan memiliki pengaruh positif (7,916) dan dominan terhadap keputusan mahasiswa memilih Sekolah Tinggi Perikanan Sibolga. Kata Kunci : Strategi Bauran Pemasaran, Keputusan Memilih

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
BUKU
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi
Revisi. Cetakan Kedelapan. Rineka Cipta : Jakarta.
Churchill, Gilbert A. Jr., 2002, Dasar-Dasar Riset Pemasaran, Penerbit Erlangga:
Jakarta.
Djarwanto, 1996, Mengenal Beberapa Uji Statistik Dalam Penelitian, Penerbit
Liberty: Yogyakarta.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2003.Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional. Jakarta: Medya Duta.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.
Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Jakarta.
Jewel, L.N dan Siegall, March. 1998. Psikologi Industri Organisasi Modern.
Diterjemahkan oleh : A. Hadyana Pudjaatmaka dan Meitasari, Edisi Kedua.
Jakarta: Penerbit Arcan.
Kotler, Philip. 2000. Marketing. Penerjemah: Herujati Purwoko, Jilid 1, Cetakan
Ketiga. Jakarta: Erlanggas
, 2003. Principles of Marketing, Eight Edition. New York:
Prenhalindo.
Kotler, Philip., dan Gary, Armstrong. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran.
Ditermahkan oleh: Alexander Sindoro, Jilid 1 Edisi Kesembilan. Jakarta: PT.
Indeks.
Lamb, Charles W. Jr., Joseph F. Hair, Jr. dan Carl McDaniel. 2002. Marketing, 6th
Edition. South Western: Thompson Learning.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek, Edisi
Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Payne, Andrian. 2001. The Essence Of Service Marketing. Diterjemahkan oleh:
Fandy Tjiptono, Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Purnama, Lingga. 2001. Strategic Marketing Plan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama.
Prastito, Arif. 2004. Cara Mudah Mengatasi Masalah Statistik dan Rancangan
Percobaan dengan SPSS 12. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Santoso, Singgih. 2002. Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: Elex
Media Komputindo.
Setiadi, Nugroho J. 2003. Prilaku Konsumen: Konsep dan Implikasinya
untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
81
Sastradipoera, Komaruddin. 2003. Manajemen Marketing: Suatu Pendekata81n
Ramuan Marketing. Bandung: Penerbit Kappa-Sigma.
Simamora, Bilson. 2001. Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan
Profitable. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sunarto. 2004. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit AMUS
dan UST Press.
Schiffman, Leon G., dan Lesslie, Lazar Kanuk.1994. Consumer Behaviour. New
Jersey: Prentice-Hall Inc.
Sekaran. 1992. Research Methods For Business : Askill-Building Aproach, Second
Edition. New York: John Wiley & Sonc Inc.
Suliyanto. 2005. Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran.Bogor: Ghalia
Indonesia.
Stanton, William. J. 1996. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa Alexander Sindoro.
Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Yazid. 2003. Pemasaran Jasa : Konsep dan Implementasi, Edisi Kedua.
Yogyakarta: Penerbit Ekonisia Fakultas Ekonomi UII.
Zeithaml, Valarie A., and Mary Jo, Bitner. 2001. Service Marketing: Integrating
Customer Focus Across The Firm, Third Edition. North America.
A. E-Journal
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the
Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration
Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap
Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot
Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Asih, S. (2018). Pengaruh Kontribusi Pajak Daerah, Pendapatan Asli Daerah, Retribusi
Daerah Dan Bagi Hasil Pajak Terhadap Belanja Daerah Dengan Pertumbuhan
Ekonomi Sebagai Variabel Moderating Pemerintah Kabupaten Dan Kota. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 177-191.
Harahap, R. (2018). Pengaruh Kualitas produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran
Cepat saji Kfc Cabang Asia Mega Mas Medan. JUMANT, 7(1), 77-84.
Harahap, Novita. 2004. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan
mahasiswa Dalam Menempuh Pendidikan Pada Politeknik LP3I Medan. Tesis
Pascasarjana Universitas Sumatera Utara Medan (tidak dipublikasikan).
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A Business Model
Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North Sumatra, Indonesia. Bus. Manag.
Strateg, 7(2), 102-120.
82
82
Indrawan, M. I., & SE, M. (2015). Pengaruh Promosi Jabatan dan Mutasi terhadap Prestasi
Kerja Pegawai PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Ahmad Yani Medan. Jurnal
ilmiah INTEGRITAS, 1(3).
Indrawan, M. I. (2019). PENGARUH ETIKA KERJA, PENGALAMAN KERJA DAN
BUDAYA KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI KECAMATAN
BINJAI SELATAN. Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1851-1857.
Indrawan, M. I., & Widjanarko, B. (2020). STRATEGI MENINGKATKAN KOMPETENSI
LULUSAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN. JEpa,
5(2),148-155.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., &Tarigan,A.
S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on
Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series
(Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Irawan, I., & Pramono, C. (2017). Determinan Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan
Keuangan Di Bursa Efek Indonesia.
Mesra, B. (2018). Factors That Influencing Households Income And Its Contribution On
Family Income In Hamparan Perak Sub-District, Deli Serdang Regency, North. Int.
J. Civ. Eng. Technol, 9(10), 461-469.
Pane, D. N. (2018). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BOTOL SOSRO (STUDI KASUS
KONSUMEN ALFAMART CABANG AYAHANDA). JUMANT, 9(1), 13-25.
Lestario, F. (2018). DAMPAK PERTUMBUHAN BISNIS FRANCHISE WARALABA
MINIMARKET TERHADAP PERKEMBANGAN KEDAI TRADISIONAL DI
KOTA BINJAI. JUMANT, 7(1), 29-36.
Pramono, C. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR HARGA OBLIGASI
PERUSAHAAN KEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Akuntansi
Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Rossanty, Y., & PUTRA NASUTION, M. D. T. (2018). INFORMATION SEARCH AND
INTENTIONS TO PURCHASE: THE ROLE OF COUNTRY OF ORIGIN IMAGE,
PRODUCT KNOWLEDGE, AND PRODUCT INVOLVEMENT. Journal of
Theoretical & Applied Information Technology, 96(10).
Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam penguasaan
keterampilan berbicara (speaking) bahasa Inggris. JUMANT, 9(1), 41-52.
Setiawan, A., Hasibuan, H. A., Siahaan, A. P. U., Indrawan, M. I., Rusiadi, I. F.,
Wakhyuni,E.,... & Rahayu, S. (2018). Dimensions of Cultural Intelligence and
Technology Skills on Employee Performance. Int. J. Civ. Eng. Technology, 9(10),
50-60.
83
83
Setiawan, A. (2018). PENGARUH PROMOSI JABATAN DAN LINGKUNGAN KERJA
TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN. Jurnal Akuntansi
Bisnis dan Publik, 8(2), 191-203.
Waruwu, A. A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Stres Kerja dan Konflik Kerja Terhadap
Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Kepada Kinerja Pegawai Sekretariat DPRD
Provinsi Sumatera Utara. JUMANT, 10(2), 1-14.
Wakhyuni, E. (2018). KEMAMPUAN MASYARAKAT DAN BUDAYA ASING
DALAM MEMPERTAHANKAN BUDAYA LOKAL DI KECAMATAN
DATUK BANDAR. Jurnal Abdi Ilmu, 11(1), 25-31.
Published
2021-06-23