Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Coffee Day Cafe Binjai
Abstract
ABSTRAK Analisis penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah faktor psikologis, situasional dan sosial secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Coffee Day Cafe Binjai. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode asosiatif dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 responden. Pengambilan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Coffee Day Cafe Binjai. Faktor situasional secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Coffee Day Cafe Binjai. Faktor sosial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Coffee Day Cafe Binjai. Faktor psikologis, situasional dan sosial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Coffee Day Cafe Binjai. Adjusted R Square 0,710 atau determinasi 71% sisanya 29% adalah faktor lain diluar model.
Kata Kunci : Faktor Psikologis, Situasional, Sosial dan Keputusan Pembelian
Downloads
References
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59.
Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Andika, R. (2018). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada Pt Artha Gita Sejahtera Medan. Jumant, 9(1), 95-103
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Bahari, A. F., & Ashoer, M. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Ekowisata. Manajemen Ide Inspirasi, Vol. 5, No.1.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Fadhilah, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Pada McDonald's (Studi Kasus: Konsumen McDonald's Jatiasih Bekasi). Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-65.
Ferrinadewi, Erna & Didit Darmaan. (2004). Perilaku Konsumen : Analisis Model Keputusan. Yogyakarta: Penerbitan Universitas Atma Jaya.
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Indrawati, & dkk. (2017). Perilaku Konsumen Individu Dalam Mengadopsi Layanan Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi. Bandung: Refika Aditama.
Kotler, P. (2011). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2013). Manajemen Pemasaran Perspkektif Asia. Buku Dua. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Salemba Empat.
Laksana, F. (2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lucas, D. B., & S. H. (2014). Measuring Advertising Effectiveness. New York: McGraw-Hill.
Lupiyoadi, R., & A. H. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Mowen, Jhon C. & Minor (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Puspitarini, D. (2013). Pengaruh Faktor Kebudayaan, Sosial, Pribadi, dan Psikologi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk pizza (Studi Pada Pizza Hut Cabang Jalan Jendral Sudirman No. 53 Yogyakarta). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 6168.
Puspitorini, D. A. (2017). Pengaruh Faktor Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Cafe D'Srupat-Sruput di Kota Wates). Artikel .
Rachmawati, P. I., & J. S. (2017). Pengaruh Faktor Sosial Dan Faktor Pribadi Terhadap Keputuisan Pembelian Makanan dan Minuman Di Kafe Bingsoo Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis E-ISSN : 2407-5523 ISSN : 2407-3741.
Rusiadi, & dkk. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos dan Lisrel. Cetakan Pertama. Medan: USU Press.
Sabatini, C., & Japarianto. (2014). Pengaruh Marketing Mix, Psychological Factors, Social Factors dan Situational Factors terhadap Cara Pandang dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Rotiboy di Tunjungan Plaza dan City of Tomorrow Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 2, No.1, 1-9.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Pendekatan Praktis, Disertai : Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sunarto. (2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: UST Press.
Suryani, T. (2015). Perilaku Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.