Analisis kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah dengan karakteristik individu sebagai variabel moderating pada PT. Prudential Life Assurance Agency Pru Priority Medan
Abstract
ABSTRAK PT. Prudential Life Assurance Agency Pru Prioritymerupakan perusahaan yang bergerak di bidang asuransi jiwa cabang Medan. Masalah yang dihadapi adalah menurunnya jumlah nasabah setiap tahun pada akhir-akhir ini. Tujuan penelitian ini untukmengetahui apakah kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. Prudential Life Assurance Agency Pru Priority Medan, serta untuk mengetahui apakah karakteristikindividu mampu memoderasi pengaruh kepuasan nasabahterhadap loyalitas nasabah pada PT. Prudential Life Assurance Agency Pru Priority Medan. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif secara kausalyaitu pengaruh sebab dan akibat dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan Analisis Moderating. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 88 responden. Pengambilan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Prudential Life Assurance Agency Pru Priority Medan.Karakteristikindividu mampu memoderasi pengaruh kepuasan nasabahterhadap loyalitas nasabah pada PT. Prudential Life Assurance Agency Pru Priority Medan. Kata Kunci: Karakteristik Individu, Kepuasan Nasabahdan Loyalitas Nasabah
Downloads
References
Alma. B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:
Alfabeta.
Arnould, E. (2013). Consumers. New York:McGraw-Hill Companies, Inc
Barata, A. D. (2014). Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Cravens, D. W. (2016). Pemasaran Strategis. Alih bahasa: Lina Salim. Jakarta:
Erlangga
Citra, G., & Pramono, C. Analysis of Factors Affecting Earning Management in
Banking Companies Listed on BEI.
Dharmayanti, D. (2013). Analisa pengaruh experiential marketing terhadap
loyalitas konsumen melalui kepuasan sebagai intervening variabel di
Tator Cafe Surabaya Town SquareVol 1 No. 2 hal 1-9. Surabaya:
Universitas Kristen Petra.
Doublert, B. (2014). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Penerbit
Gramedia Pustaka.
Engel, J. F. R. (2014). Consumer Behavior. Eight Edition. Orlando: The Dryden
Press.
Gaspersz, V. (2013). Manajemen Bisnis Total - Total Quality Management.
Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
Holmes, M. (2014). Marketing Mix: Product, Price, Distribution and Promotion.
America: Prentice Hall Jersey University Press.
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung:
Alfabeta.
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment
(performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG
Int. J. Econ. And Management Stud, 3(6).
Irawan, I., & Pramono, C. (2017). Determinan Faktor-Faktor Harga Obligasi
Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia.
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A
Business Model Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North
Sumatra, Indonesia. Bus. Manag. Strateg, 7(2), 102-120.
Juliandi, A. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Bisnis.
MedanM2000.
Kertajaya, H. (2014). CONNECT-Surfing New Wave Marketing. Jakarta: PT.
Gramedia Pustaka Utama.
2
Kotler, P dan Keller, K. L. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 2, Edisi
Keduabelas, Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kuncoro, M. (2013). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi 3. Jakarta:
Erlangga.
Lorenzo, P. (2016). Managing of Customer Behavior. New York: Published by
McGraw Hill Book Company.
Lupiyoadi, R dan Hamdani, A. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori Dan
Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Lestario, F. (2018). Dampak pertumbuhan bisnis franchise waralaba minimarket
terhadap perkembangan kedai tradisional di kota binjai. Jumant, 7(1), 29-
36.
Manullang, M dan Pakpahan, M. (2014). Metodologi Penelitian, Proses
Penelitian Praktis. Bandung: Citapustaka Media.
Muller, H. (2013). Customer Behavior in Research of Marketing. New Jersey:
Prentice Hall Inc.
Medan, A., & Lubis, H. P. Analisis pengaruh tarif dan jenis produk asuransi
terhadap pencapaian target premi di pt asuransi bringin sejahtera.
Nurafni. (2015). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada
Swalayan Smart Pasir Pengaraian. Universitas Pasir Pengaraian.
Pakpahan, M. (2016). Manajemen Pemasaran, Dalam Kompetensi Global. Proses
Penelitian Praktis. Bandung: Citapustaka Media.
Peter, J. P. (2013). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi
Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Rachmawati, R. (2014). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan
(Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Makanan). Semarang: Universitas Negeri
Semarang.
Rangkuti, F. (2013). The Power of Brand: Tehnik Mengelola Brand Equity dan
Strategi Pengembangan Citra. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka.
Rusiadi, dan Hidayat, R. (2014), Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi dan
Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos
dan Lisrel. Cetakan Pertama. Medan: USU Press.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T., ...
& Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And
Swot Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In
North Sumatera. International Journal of Civil Engineering and
Technology, 9(9).
3
Sembiring, B. K. (2013). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen Dan Lingkungan
Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grapari Kios Telkomsel
Komplek Setia Budi Medan. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi
dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Situmorang, S.H dan Muslich L. (2014). Analisis Data untuk Riset Manajemen
dan Bisnis. Medan: USU Press.
Stephen, S. (2015). The Stratified of Consumer In The Service Marketing. 10th
Edition. Ohio: Prentice Hall, Ohio University Press.
Sunarto. (2015). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: UST Press.
Suryani, T. (2012). Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam
penguasaan keterampilan berbicara (speaking) bahasa Inggris. Jumant, 9(1),
41-52.
Sanny, A., & Yanti, E. D. Du Pont Analysis Integrative Approach to Ratio Analysis
at PT. Federal International Finance.
Tirtomulyo, A. (2015). Peningkatan Kepuasan Pelanggan dalam Tinjauan
Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Rajawali Press.
Tjiptono, F. (2015). Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Jawa Timur: Bayumedia
Publishing.
Wakhyuni, E. (2018). Kemampuan masyarakat dan budaya asing dalam
mempertahankan budaya lokal di kecamatan datuk bandar. Jurnal Abdi
Ilmu, 11(1), 25-31.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational
Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee
Universitas Pembangunan Panca Budi.