Pengaruh Emotional Branding, Experiental Marketing Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada PT. Alfa Scorpii Binjai)
Abstract
Abstrak
Kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi pada saat ini sangatlah penting. Pilihan penggunaan sarana transportasi sangat beragam jenisnya, misalnya sarana angkutan darat dengan menggunakan bus, sarana angkutan laut dengan menggunakan kapal laut dan sarana angkutan udara dengan menggunakan pesawat udara. Salah satu pilihan sarana angkutan darat untuk mempermudan dan mempercepat jarak tempuh adalah dengan menggunakan sepeda motor.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh emotional branding, experiental marketing dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Alfa Scorpii Binjai. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif dengan menggunakan program SPSS versi 25.0. penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel pada penelitian ini sebanyak 92 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa emotional branding, experiental marketing dan Kepercayaan secara silmutan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Alfa Scorpii Binjai, dimana bahwa Fhitung sebesar 983,015 dan Ftabel sebesar 2,31 dan signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji R² menunjukan bahwa Adjusted R Square 0,985 artinya loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel emotional branding, experiental marketing dan kepercayaan.
Kata Kunci : Emotional Branding, Experiental Marketing, Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan.
Downloads
References
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-65.
Christy Angelina Warokka, J. L. (2015). Pengaruh Experiental Marketing dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Mobil Suzuki Ertiga PT. Sinar Galesong Prima Manado. EMBA, 11.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Febrina, M. A. (2016). Hubungan Antara Emotional Branding dengan Loyalitas Merek Pada Konsumen Kartu Seluler XL. Jurnal Psikologi Integratif, 10.
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Ika Puspita Sari, T. H. (2010). Hubungan Antara Emotional Bonding Dan Citra Kualitas Produk Dengan Minat Membeli Ulang. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 7.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Keller, K. P. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kenny Febrina Salim dan Catherine, D. F. (t.thn.). Pengaruh Customer Experience Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Di TX Travel Klampis. 19.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Nainggolan, N. P. (2018). Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Great Seasons Tours And Travel Di Koata Batam. JIM UPB, 14.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).
Pakpahan, M. (2016). Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global. Medan Sunggal: Cipta Rencana Media Pakpahan.
Pakpahan, M. M. (2014). Metodologi Penelitian, Proses Penelitian Praktis. Bandung: Cipta Pustaka Media.
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Rendyana Putra, R. A. (t.thn.). Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Dan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Manajemen, 13.
Ria Devina, F. A. (2017). Analisa Pengembangan Strategi Emotional Branding Dalam Membangun Loyalitas Konsumen Garuda Indonesia Airlines. 16.
Rifda Nabila, S. W. (2015). Analisis Pengaruh Experiental MarketingTerhadap Word Of Mouth Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Tahun 2014). Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 12.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 6168.
Sopiah, S. d. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: CV Andi OFFSET.
Sudaryono. (2018). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: CV. Andi OFFSET.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.